Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

spirit

Mod
Windows 10 menyediakan opsi Windows Update untuk pembaruan sistem operasi. Bedanya, cara untuk mematikan auto update tidak semudah di versi Windows sebelumnya.

Salah satu cara untuk mematikan auto update Windows 10 adalah dengan mengubah koneksi yang digunakan menjadi ‘metered’. Dengan catatan, Windows akan tetap melakukan update secara paksa untuk patch penting, terutama security. Teman-teman tidak perlu khawatir, masih banyak jalan menuju Roma. Kali ini saya akan membagikan tutorial untuk mematikan auto update Windows 10 secara paksa dengan menonaktifkan service windows update.

Aplikasi untuk Mematikan Auto Update Windows 10

Cara paling mudah untuk mematikan Windows Update adalah menggunakan aplikasi Win Update Stop dari novirusthanks yang bisa didownload secara gratis. Cara ini saya sarankan bagi teman-teman yang tidak ingin mengambil resiko saat mengubah registry dan setting Windows.

Disable-Win-10-Update-App.png

Aplikasi ini tersedia untuk Windows XP, Vista, 7, 8, 10 (32\64-bit) dengan ukuran hanya 2 MB. Untuk mematikan Windows update, Install aplikasinya lalu klik tombol Disable hingga status berubah menjadi Windows Updates are disabled. Jika teman-teman berubah pikiran dan ingin mengaktifkan kembali Windows Update, klik tombol Enable hingga statusnya menjadi Windows Update are enabled.

Selain menggunakan Aplikasi Win Update Stop, teman-teman bisa menonaktifkan service windows update secara manual.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

Demi kelancaran, matikan dulu koneksi internet.

1. Buka pengaturan Services melalui menu Start, lalu ketik ‘Services’ dan tekan Enter
2. Pilih Windows Update dari beberapa list yang muncul
3. Di window baru yang muncul, ubah opsi Startup type menjadi Disabled. Klik tombol OK atau Apply
4. Buka Regedit melalui menu Start, lalu ketik ‘regedit’ dan tekan Enter
5. Masuk ke:
HKEY_LOCAL_MACHINE
SYSTEM
CurrentControlSet
Services
wuauserv
6. Setelah masuk ke wuaserv, ubah data berikut:
(caranya dengan double click pada name, lalu ubah valuenya)

data210.jpg


Salah satu keuntungan jika mematikan windows update adalah menghemat data, khususnya bagi pengguna dengan koneksi terbatas ?. Bayangkan jika teman-teman baru saja membeli paket data dan kuota habis secara tiba-tiba karena Windows mendownload file berukuran besar untuk melakukan update. Namun, jika mempunyai koneksi unlimited dengan kecepatan dewa, alangkah baiknya jika windows update tetap di aktifkan untuk perbaikan bug dan pembaruan sistem keamanan versi terbaru.


~rifki.id
 
Back
Top