8 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

spirit

Mod
6fa39f9d-0f72-4fdb-9acb-8c0567c14e2e_169.jpg

Masih suka menyimpan obat-obatan atau sikat gigi di kamar mandi? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu.

Beberapa benda seharusnya tidak disimpan di dalam kamar mandi karena bisa rusak atau bahkan terpapar bakteri. Ini delapan benda yang tidak boleh ada lama-lama ada di kamar mandi, seperti dikutip dari Aol.

1. Obat-obatan

Cukup banyak adegan di film ataupun serial yang memperlihatkan seseorang mengambil obat di kabinet kamar mandi. Hal itu sebaiknya jangan ditiru. Kamar mandi bukanlah tempat ideal untuk menyimpan obat-obatan dan vitamin, karena seharusnya dijauhkan dari kelembapan.

Obat, suplemen maupun vitamin dalam bentuk apapun harus disimpan dalam suhu ruangan antara 20 atau 25 derajat Celsius. Menyimpannya di tempat lembap akan membuat mereka rusak lebih cepat dari tanggal kedaluwarsa.

2. Handuk

Permukaan handuk menjadi lembap karena setiap hari digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Karenanya, jangan tambah kelembapannya dengan menyimpan di tempat lembap juga seperti kamar mandi.

Di tambah lagi, kamar mandi penuh akan bakteri, jamur juga kuman yang menyukai tempat lembap. Jadi hindarilah menggantung handuk di pintu kamar mandi. Sebaiknya jemur handuk di bawah sinar matahari setelah digunakan untuk membantu membunuh kuman. Selain itu ganti handuk setiap satu minggu sekali.

3. Perhiasan

Ada alasannya kenapa perhiasan terbuat dari emas, perak, tembaga atau logam lainnya harus disimpan dalam kotak khusus di ruangan kering. Perhiasan yang dibiarkan terlalu lama berada di kamar mandi akan terpapar kelembapan dan lebih cepat bernoda, terutama yang terbuat dari perak.

4. Sikat Gigi

Kebiasaan ini paling banyak dilakukan orang, yakni menyimpan sikat gigi di kamar mandi. Ternyata sikat gigi yang berada di kamar mandi bisa terpapar bakteri dan kuman.

Penelitian yang dilakukan Manchester University, menemukan bahwa sikat gigi berpotensi menyimpan lebih dari 10 juta bakteri. Lebih mengejutkannya lagi, beberapa bakteri berasal dari feses yang tersebar ketika flush toilet dinyalakan.

Untuk menjaga agar sikat gigi terbebas dari bakteri, selalu bilas sampai bersih setiapkali digunakan dan angin-anginkan sampai kering. Menyimpan sikat gigi di luar kamar mandi akan lebih baik, tapi jika tetap ingin menaruhnya di tempat tersebut, jauhkan dari kloset.

5. Kosmetik

Menyimpan kosmetik seperti lipstik, bedak dan kuas di kamar mandi akan membuatnya terkena panas dan lembap. Bakteri dan jamur pun lebih mudah berkembang biak ke permukaan kosmetik. Sebaiknya simpan saja kosmetik di kamar tidur kamu.

6. Wewangian

Beberapa dari kamu mungkin ingin keluar dari kamar mandi dengan tubuh yang wangi, sehingga menyimpan parfum, cologne atau eau de toilette di situ. Tapi naik-turunnya temperatur di kamar mandi bisa merusak molekul di dalam parfum sehingga membuat aromanya lebih asam.

7. Cat Kuku

Rata-rata masa kedaluwarsa cat kuku adalah dua tahun. Tapi jika kamu menyimpannya di kamar mandi, cat kuku bisa lebih cepat rusak. Cat kuku yang disimpan di kamar mandi teksturnya akan jadi terlalu pekat, tidak mudah menempel pada kuku dan menggumpal karena terpapar kelembapan.

8. Pisau Cukur

Kelembapan bisa membuat silet pada pisau cukur jadi lebih cepat berkarat sehingga tidak bisa dipakai lagi. Jika tetap ingin menaruh pisau cukur di kamar mandi, langsung keringkan setelah digunakan.


~wolipop
 
Back
Top