Keunggulan Mobil Terbang PAL-V Liberty

spirit

Mod
532833_620.jpg

Pal-V akan meluncurkan produk barunya sebagai kendaraan massal yaitu Pal-V Liberty pada Genewa Motor Show bulan ini. Pal-V Liberty beroperasi sebagai kendaraan trike dengan dilengkapi baling-baling. Mobil ini menggunakan dua rotor untuk menggerakan saat di darat dan di udara.

Menurut Pal-V dalam situs resminya, mobil ini akan memecahkan masalah soal kemacetan yang selalu menghantui ketika memiliki agenda dengan rekanan ataupun siapa saja. Pal-V juga memecahkan masalah jika harus menghadapi jalur off road karena dia bisa langsung dipakai terbang.

Selanjutnya, Pal-V tidak akan tergantung dengan cuaca. Ketika awan cerah, mobil ini bisa menjadi helikopter, sedangkan saat angin kencang dan hujan maka lebih baik menggunakan diubah menjadi mobil untuk menjamin keselamatan. Untuk terbang, landasan yang diperlukan juga tak serepot pesawat terbang 330 meter saja. Dimensinya hanya panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,7 meter sehingga tak perlu garasi yang luas.

Di jalan, Liberty beroperasi sebagai trike. Mesinnya yang berkapasitas 100 tenaga kuda (75 kilowatt) memungkinkan kecepatan hingga 62 mil per jam atau 100 kilometer per jam yang ditempuh dalam waktu sekitar sembilan detik, menurut perusahaan tersebut. Efisiensi bahan bakar mencapai 7,6 liter per 100 kilometer. Daya jelajah mencapai 1.315 kilometer.

Liberty dapat terbang sejauh 248 mil atau 399 kilometer dengan bobot maksimal lepas landas dan memungkinkan setengah jam cadangan bahan bakar saat mendarat. Dengan satu orang di dalamnya, jangkauannya tumbuh hingga 310 mil (499 km). Kecepatan maksimumnya adalah 112 mph (180 kph) namun kecepatan jelajahnya antara 87 dan 100 mph (140 sampai 161 kph).

Mobil terbang Pal-V Liberty akan dijual dengan harga khusus saat peluncuran £ 420.000 atau sekitar Rp8 miliar. Sedangkan untuk pemesanan, konsumen bisa memberikan uang muka £ 2.000 atau Rp 38,2 juta. Mobil ini hanya dijual 90 unit dengan pengiriman baru dilakukan bulan depan.

Dalam pengujian pada 2009 dan 2012, PAL-V berkolaborasi dengan biro desain Italia. Robert Dingemanse, CEO PAL-V, mengatakan: "Setelah bertahun-tahun bekerja keras, menghadapi tantangan teknis dan regulasi, tim kami berhasil menciptakan mobil terbang inovatif yang sesuai dengan standar keselamatan yang ada yang ditentukan oleh badan pengawas di seluruh dunia."



sumber
 
Back
Top