Tips Membersihkan Sepatu dari Aroma Tak Sedap

hardlen

New member
Bau yang tak sedap pada sepatu dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dalam beraktivitas. Terlebih pada saat ingin masuk ke rumah teman atau kerabat, Anda harus merasa hati-hati untuk melepas sepatu karena aroma yang tak sedap dari sepatu akan menyebar. Bahkan kaki atau kaus kaki Anda dapat terkontaminasi olehnya.

Sepatu dengan aroma tak sedap acap kali disebabkan oleh iklim dengan temperatur panas yang menyebabkan anggota tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak, terutama pada bagian kaki. Kaki yang berkeringat tersebut akan meninggalkan kelembapan di dalam sepatu yang menimbulkan bau tak sedap.

Mengutip CNNIndonesia.com, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan aroma tak sedap di sepatu.

1. Mencuci sepatu dengan rutin

Sebelum Anda ingin mencuci sepatu, periksa terlebih dahulu apakah sepatu Anda dapat dicuci dengan cara biasa atau memiliki ketentuan khusus yang harus dilakukan.

Cucilah dengan lembut dan hindari menyikat terlalu keras. Usahakan untuk tidak direndam dan gunakan detergen yang lembut. Anda juga bisa mencucinya dengan sejumlah bahan pilihan seperti baking soda, kulit lemon, atau bersihkan dengan spiritus.

2. Jemur dengan benar

Mengeringkan sepatu tidak boleh sembarangan. Anda dianjurkan untuk meletakkan sepatu di bawah cahaya matahari langsung atau setidaknya dekat alat pemanas. Keluarkan tali sepatu terlebih dulu dan posisikan bagian dalam sepatu menghadap luar.

Dengan ini, pertumbuhan bakteri yang menyebabkan aroma tak sedap di dalam sepatu akan mudah dicegah.

3. Merawat kebersihan kaki

Sepatu yang bau juga bisa disebabkan oleh tidak bersihnya kaki pemilik. Anda harus rajin membersihkan kaki setiap harinya.

Selain dengan rutin mencuci maki, Anda juga dapat memakai berbagai produk obat kaki seperti bedak kaki, deodoran kaki, atau bahan lain seperti koran dan kopi.

4. Simpan sepatu dengan tepat

Simpan sepatu Anda di tempat yang kering dan dingin. Tempat dengan keadaan seperti ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa menimbulkan bau pada sepatu. Berikan silica gel atau kamper ke dalam tempat sepatu supaya tetap lembap.


Sumber: CNNIndonesia.com
 
ada satu tips (instan) lagi gan klo lagi kepepet, taburin bedak di dalem kaos kaki dan/atau di dalem sepatunya juga. dijamin freshh
 
Back
Top