Tren Mode Gelap pada Aplikasi Jejaring Sosial

hardlen

New member
Keberadaan fitur mode gelap atau dark mode pada berbagai jejaring sosial saat ini tengah digandrungi sebagian warganet. Desain mode gelap yang dirancang khusus untuk ruangan bercahaya redup ini sangat bermanfaat bagi kenyamanan mata saat melihat layar desktop atau gadget mereka.

Selain mampu menjaga ketegangan mata, fitur ini juga mampu menghemat daya baterai pada perangkat berlayar OLED atau AMOLED. Tak hanya aplikasi jejaring sosial saja yang berlomba menyediakan dark mode, sistem operasi seperti iOS 13 dan Android 10 juga memberikan fitur ini.

Mengutip CNNIndonesia.com, berikut deretan aplikasi yang tengah mendukung mode gelap beserta cara mengaktifkannya.

1. Twitter

Twitter telah mendukung mode gelap di aplikasinya, baik versi mobile dan desktop, sejak Mei 2018 lalu. Saat ini, Twitter memiliki tiga opsi mode yang dinamakan default, dim, dan light outs. Light outs merupakan opsi paling terbaru yang dirilis Twitter.

Untuk mengaktifkan mode gelap pada laman Twitter untuk desktop, Anda dapat klik tombol tiga titik di bagian kiri beranda, pilih opsi Display, lalu Anda dapat pilih mode Default/Dim/Light Outs.

2. Instagram

Bagi pengguna ponsel dengan sistem operasi iOS 13 dan Android 10, aplikasi Instagram akan berubah tampilan menjadi mode gelap secara otomatis.

Mode gelap pada aplikasi Instagram di ponsel akan berubah mengikuti mode ponsel itu sendiri. Bila mode gelap ponsel sedang non aktif, maka tampilan aplikasi Instagram juga berubah menjadi biasa.

3. Youtube

Youtube juga menawarkan pilihan mode gelap di aplikasinya, baik versi mobile atau desktop. Pada versi desktop, pengguna dapat mengaktifkan dark mode dengan mengklik tombol hamburger, pilih Dark theme, lalu aktifkan.

Sedangkan untuk versi mobile, pengguna juga dapat mengaktifkannya hanya dengan pilih Profil, lanjut ke Settings, pilih General, lalu aktifkan Dark theme.

4. Facebook Messenger

Aplikasi pesan milik Facebook yang satu ini juga tengah menyediakan dark mode dalam aplikasinya. Untuk mengaktifkan mode tersebut, pengguna dapat klik foto profil di bagian kiri atas, lalu pilih Dark mode, dan aktifkan.
 
Back
Top