Keunggulan Dan Kelemahan CV

lordard

New member
Bagi para pemilik badan usaha yang ingin mendaftarkan atau membuat sebuah badan usaha baru mungkin harus terlebih dulu memahami keuntungan dan kelemahan jika ingin membuat sebuah badan usaha. Salah satu badan usaha yang cukup banyak dikembangkan pada masa yang modern ini adalah CV. CV merupakan salah satu jenis badan usaha yang cukup banyak diminati karena biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar, selain itu pendirian CV juga jauh lebih mudah dari pada pendirian badan usaha skala besar lainnya seperti PT. Selain itu pada masa yang makin maju ini banyak jasa pendirian CV yang akan memenuhi kebutuhan setiap masyarakat dan kebutuhan para pemilik badan usaha baru. Bagi para pemilik badan usaha yang baru ingin mendirikan CV ada baiknya untuk memahami dan mengerti terlebih dulu pada keunggulan dan kelemahan CV ini. Hal ini bertujuan untuk memberikan referensi bagi para calon pemilik badan usaha agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya.

4fa72-pt-vs-cv-mana-yang-layak-di-pilih-untuk-bisnis.jpg

Berikut adalah keunggulan dan kelemahan CV :

Keunggulan CV

1.Modal lebih ringan
Salah satu hal yang menjadi kelebihan CV ini adalah modal yang harus dimiliki cukup ringan. Berbeda dengan beberapa badan usaha lain seperti PT ataupun Firma yang memerlukan dana sangat besar, CV ini dapat dibangun hanya dengan dana yang terbatas. Hal ini pula yang membuat banyak orang lebih memilih memakai CV dari pada harus mematenkan PT. Selain itu pinjaman dana untuk CV jauh lebih mudah ketimbang pinjama dana untuk PT sebab prosedur yang dilakukan jauh lebih mudah daripada PT.

2.Manajemen lebih baik
Karena tergolong badan usaha yang dilakukan bersama-sama maka manajemen yang dilakukanpun juga akan dilakukan bersama. Karena hal ini lah sistem manajemen dari CV jauh lebih baik dari pada PT atau sejenisnya yang dikerjakan oleh staf. Hanya pendiri CV yang akan melakukan kegiatan manajemen sehingga manajemen menjadi lebih terkontrol karena seusai dengan keinginan pembuatnya.

3.Resiko di tanggung bersama
CV adalah badan usaha yang dirikan oleh dua orang atau lebih, sehingga saat terjadi kerugian maka kerugian tersebut akan dibagi sebanyak orang yang ikut membangun CV tersebut. Hal itu juga berlaku untuk pembagian keuntungan karena setiap orang yang mendirikan CV tersebut berhak untuk mendapatkan keuntungan yang sama.

Kelemahan CV

1.Keberlanjutan dari perusahaan ini tidak dapat ditentukan oleh siapapun sebab CV adalah penggabungan dari beberapa pihak yang saling bekerja sama. Sewaktu-waktu CV bisa saja bubar karena adanya penutupan dari salah satu pihak. Hal ini yang membuat CV cenderung tidak bertahan lebih lama

2.Sering terjadi konflik
Karena menggabungkan beberapa pikiran dalam satu perusahaan maka akan sering terjadi konflik. Konflik ini adalah perbedaan pendapat yang bisa terjadi kapanpun tanpa bisa diprediksi. Sering kali keputusan untuk mengambil solusi dari sebuah masalah harus berlarut-larut karena keputusan yang dibuat tidak sama sehingga menimbulkan konflik.

3.Modal yang ditanamkan lebih sulit di ambil
Hal ini merupakan salah satu kelemahan CV. Investor ataupun orang yang bekerja sama untuk membangun CV ini harus siap untuk tidak mendapatkan kembali modal yang dia berikan. Karena sistem yang digunakan adalah kelompok maka setiap keuntungan yang ada harus dibagi sama rata dengan anggota kelompok yang bersangkutan. Karena ini lah modal yang ditanamkan akan sedikit lebih sulit untuk diambil kembali.

Bagi anda yang mau memulai usaha dengan menggunakan CV, sekarang telah banyak jasa pembuatan cv murah yang bisa membantu anda.
 
Last edited:
Back
Top