Benarkah Makan Telur dan Pisang Bersamaan Bisa Picu Kematian?

spirit

Mod
pisang-dan-telur_20180420_131002.jpg

Heboh beredar pesan di Whatsapp soal memakan pisang dan telur secara bersamaan bisa berisiko kematian. Sebuah postingan di Facebook beberapa tahun lalu juga menyebutkan hal yang sama, dan mulai beredar di negara Nigeria. Klaim ini pun semakin menyebar sebulan setelahnya, dan semakin banyak sumber-sumber yang ikut mengunggah pesan tersebut.
Meski begitu, pesan yang beredar tidak secara jelas menyebut penyebab yang membuat makan telur dan pisang secara bersamaan berisiko kematian.

Sempat beredar pula cerita seorang pemuda yang meninggal setelah memakan pisang dan telur secara berbarengan. Namun cerita tersebut belum diketahui kebenarannya. Entah apa yang menyebabkan seseorang meninggal karena mengonsumsi pisang dan telur secara bersamaan. Menurut cerita yang beredar, alergi juga bukan menjadi penyebabnya.

Mengutip Boldsky, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengonsumsi pisang dan telur secara bersamaan ternyata tidak akan memicu dampak kesehatan yang berarti bagi tubuh.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa mereka yang memiliki masalah kesuburan malah sangat disarankan untuk lebih sering mengonsumsi pisang dan telur, termasuk mengonsumsinya secara bersamaan. Karena kedua bahan makanan ini bisa membantu menjaga keseimbangan hormon.

Hal yang sama disampaikan, Ahli gizi Neng Milani Suhaeni, STr Gz, dari Rumah Sakit Firdaus, mengonsumsi telur dan pisang sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh.

"Apa nggak pernah makan bolu pisang? Itu kan isinya telur, tepung, dan pisang," jelasnya saat dihubungi detikcom, Selasa (4/2/2020).




 
INDOZONE.ID - Beberapa informasi di media sosial mengatakan bahwa makan pisang dan telur secara bersamaan, berisiko kematian. Tapi apa benar hal ini dapat terjadi?

Beberapa informasi di media sosial juga mengatakan seorang pemuda meninggal dunia setelah memakan pisang dan telur secara bersamaan. Tapi cerita ini belum diketahui kebenarannya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengonsumsi pisang dan telur secara bersamaan tidak memicu dampak kesehatan untuk tubuh. Jadi tidak ada alasan kalau makan pisang dan telur bersamaan tidak berisiko kematian.
 
Back
Top