MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA PENGAPURAN SENDI

NIRMANA_HERBAL

New member
Untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, kita harus memperhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita, entah itu dengan menghindarinya atau dengan mengurangi jumlah penggunaannya. Bagi penderita OA ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan dikurangi dalam penggunaanya, seperti :
GULA
Karbohidrat yang kaya akan gula, seperti kue, cookies, produk bakeri, dapat merubah respon kekebalan tubuh anda terhadap penyakit. Reaksi ini dapat memperburuk peradangan dan membuat persendian menjadi lebih lemah. Ganti gula dengan bahan alami lain seperti sirup maple murni atau madu yang dapat memberikan rasa manis pada lidah anda tanpa memperburuk nyeri sendi pada penderita OA.
GARAM
Mengkonsumsi terlalu banyak sodium memnyebabkan sel-sel dalam tubuhmu menahan air. sehingga membuat sendi membengkak dan memperparah kerusakan sendi. Untuk mengurangi penggunakan garam, cobalah mengganti garam dengan bumbu lain seperti menambahkan lebih banyak bawang putih, paprika, lada, perasan jeruk nipis atau lemon pada masakan anda.
MAKANAN YANG DIGORENG
Yayasan penderita arthritis menunjukan bahwa makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti gorengan dan donat, dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan membuat nyeri sendi memburuk. Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan membuat reaksi kimia dalam tubuhmu dan dapat meningkatkan kadar kolestrol. Ketika kamu memerlukan minyak untuk memasak, gunakanlah dalam jumlah yang sedikit atau menggantinya dengan minyak zaitun atau minyak alpukat.
TEPUNG
Hilangkan produk olahan gandum seperti roti, karena merangsang peradangan pada tubuh anda. Itulah mengapa makan banyak pasta, sereal dan produ-produk olahan gandum dapat membuat nyeri OA anda muncul. Untuk menghindarinya, konsumsilah produk gandum utuh atau biji-bijian, bukan produk olahannya.
ASAM LEMAK OMEGA 6
Menurt Harvard Medical School, kamu harus membatasi asupan makanan yang mengandung asam lemak omega-6, seperti kuning telur dan daging merah. Lemak jenuh dapat meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh, dan membuat nyeri OA semakin memburuk.
Makan makanan yang kaya omega-3, seperti salmon, walnut, dan kedelai, akan memberikan kamu protein yang dibutuhkan tanpa memperburuk gejala OA.
SUSU
Beberapa percaya susu dapat menyebabkan peradangan dalam beberapa orang yang dapat menyebabkan nyeri radang sendi. Penelitian menemukan bahwa orang dengan arthritis yang menghindari susu hewani dan pemicu radang lainnya mengalami peningkatan yang signifikan dalam gejala mereka. Penelitian menyelidiki hubungan antara produk olahan susu dan peradangan adalah bertentangan. Tapi tidak akan berbahaya untuk mencoba mengganti produk olahan susu dengan alternatif lain seperti susu almond, atau susu rami untuk melihat bagaimana respon tubuhmu. Untuk mengatasi gejala pengapuran sendi kamu bisa menggunakan suplemen sendi zamoerat yang terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi.

SUMBER : ZAMOERAT
 
Back
Top