8 Langkah Sederhana agar Hidup Bahagia

spirit

Mod
007270500_1528086012-089683000_1519989160-iStock-696387442.jpg

Hidup bahagia itu tidak tergantung pada orang lain, tapi dimulai dari dalam diri sendiri. Cara berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah memiliki hidup lebih bahagia.

Nah, melansir dari laman Boldsky, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar hidup lebih bahagia.

1. Temukan kebahagiaan di orang lain

Membantu dan membuat orang lain tersenyum karena tindakan yang kita berikan kepada mereka tentu dapat membuat kita juga bahagia. Ini langkah pertama agar hidup dipenuhi dengan hal positif. Cukup membantu dengan melakukan hal sederhana saja seperti menyapa dan tersenyum pada orang lain akan menularkan kebahagiaan pada orang tersebut dan diri sendiri.

2. Mulailah mengapresiasi diri sendiri dan dunia

Kebahagiaan tidak hanya didapat dari orang lain tetapi juga diri sendiri. Dengan berpikir positif dan mengapresiasi diri serta dunia maka dunia akan terasa lebih indah dan menyenangkan. Selain itu, pikiran positif akan menekan hal negatif dari dalam diri dan membuat seseorang akan lebih menghargai dan bersyukur dengan apa yang ada di lingkungan juga dirinya.

3. Tentukan tujuan yang realistis

Buatlah target yang realistis. Ini demi mencegah munculnya rasa kecewa bila tujuan tak tercapai. Misalnya untuk mencapai tujuan yang besar atau kesuksesan dalam hidup, diperlukan beberapa hal kecil yang akan terus meningkatkan semangat. Selain itu, tujuan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan. Meskipun kemampuan akan terus meningkat dengan latihan, tetap saja saat akan mencapai hal besar pertama yang harus dilakukan sesuai dengan kemampuan.

4. Pelajari hal yang baru setiap hari

Seseorang sulit merasa positif karena otak seseorang yang tidak mau melihat sisi lain dari sesuatu. Oleh karena itu, agar hidup bahagia dan positif, diperlukan pembelajaran sesuatu hal yang baru dalam kehidupan dengan melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda. Hal itu karena saat kita mempelajari sesuatu yang baru maka otak akan menggetarkan getaran positif yang sudah lama mati dan pikiran akan menjadi aktif kembali.

5. Mencintai diri sendiri

Belajar mencintai dan menghargai diri sendiri adalah suatu hal yang penting. Dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan dalam diri akan membuat diri menjadi lebih sudah bisa mencintai dan membuat diri kita bahagia maka bersyukur dan membuat diri menjadi lebih positif. Saat kita kita dapat membuat orang lain menjadi bahagia.

6. Bangun hubungan yang kuat

Memiliki hubungan yang kuat dapat menjadi dasar kebahagiaan diri kita. Dengan memiliki keterikatan dan hubungan yang baik dengan keluarga, teman, pasangan, dan orang sekitar lainnya dapat membuat diri kita menjadi lebih bahagia. Hal itu karena kita dapat membangun kepedulian dan kepercayaan bersama orang tersebut dan kita pun akan mendapat dukungan dan energi positif pula dari orang di sekitar kita.

7. Belajar memaafkan dan melupakan

Saling memaafkan atas kesalahan yang dilakukan oleh orang lain terhadap diri kita akan membuat hidup lebih bahagia. Hal itu karena tidak ada dendam dan hal negatif lainnya yang ada dalam diri kita. Sehingga, kita tidak merasa sakit hati dan tidak membebani pikiran. Hal yang perlu dilakukan hanya anggap kesalahan dan kejadian yang tidak mengenakkan sebagai pelajaran, kemudian maafkan dan lupakan kejadian tersebut.

8. Jadilah bijaksana

Menjadi dan berperilaku bijaksana dalam keseharian akan membuat diri kita dipenuhi dengan energi positif dan bahagia. Hal itu karena bijaksana dapat menjadikan kita sebagai seseorang yang dapat memutuskan sesuatu hal dengan sadar dan tepat.



~liputan6.com
 
Back
Top