Membuka Bisnis Jasa Online? Begini Cara Kamu Tentukan Layanan Harga Layanan

dianmarcia23

New member
photo-1552407936-d1c8eec308a6

Photo by grafis gosulsel on Unsplash​

Salah satu kunci kesuksesan bisnis jasa online adalah menentukan harga layanan dengan tepat. Menentukan harga layanan jasa dengan tepat dapat meningkatkan omzet penjualanmu. Sementara jika dilangkah pertamamu sudah salah menentukan harga layanan akan membuat masalah ke depan untuk bisnismu.

Kenapa menetukan harga layanan sangat penting bagi bisnismu. Karena jika harga layanan terlalu tinggi bakal sulit bersaing dengan kompetitor dan jika harga layanan terlalu rendah akan memangkas profit dan perusahaan berjalan kurang sehat.

Ada beberapa cara untuk menentukan harga jual layanan, salah satunya metode perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) atau lebih dikenal Cost of Revenue (COR). COR merupakan total biaya yang timbul dari proses manufaktur dan pengiriman suatu produk atau jasa. Informasi COR harus muncul di dalam laporan laba rugi perusaahaan.

Langkah pertama untuk menentukan harga layanan untuk bisnis jasa online adalah sebagai berikut:

Breakdown Komponen-komponen COR
  1. Komponen yang termasuk dalam COR
  • a. Biaya Bahan Baku
Perusahaan atau bisnis jasa biasanya tidak mengenal komponen ini. Akan tetapi berbeda dengan bisnis yang di dalamnya menjual produk.
  • b. Biaya Tenaga Kerja Langsung (BTKL)
Artinya jika kamu mempekerjakan buruh lepas dalam setiap proyeknnya. Maka gaji yang diterima buruh lepas tersebut harus masuk ke dalam BTKL.
  • c. Biaya Pengiriman
Menjalankan bisnis online tentunya bakal berhubungan dengan keperluaan kirim mengirim barang. Begitu juga yang bergerak di jasa panggilan, harus diperhitungkan biaya bensin atau transport yang bakal ditanggung si penyedia jasa.
  • d. Komisi Penjualan
Jangan lupa untuk memasukan komisi penjualan ke dalam komponen COR. Tujuan berbisnis adalah mendapatkan profit atau komisi.

  • Komponen yang tak termasuk dalam COR
  • a. Biaya Gaji Karyawan Tetap
Setiap bulannya kamu pasti harus menggaji karyawan tetap dengan nominal yang sama ketika pentandatangan kontrak kerja. Perusahaan harus tetap membayara gaji karyawan tetap meskipun tengah mengalami kerugian atau keuntungan.
  • b. Biaya Sewa
Sama hal dengan gaji karyawan tetap, biaya sewa akan dibebankan tiap bulan dengan nominal yang sama.
  • c. Biaya Utilitas
Merupakan biaya seperti bayar tagihan listrik, air, internet yang harus dibayarkan setiap bulan dengan nominal yang hampir sama setiap bulannya.

Cara Menghitung COR per Unit
Setelah mengategorikan biaya-biaya yang termasuk dalam komponen COR. Langkah selanjutnya berhitung harga layanan atau COR per unit. Misalnya, kamu menjalankan bisnis jasa cuci mobil, berikut rincian COR bisnis kamu:
  • a. BKTL
Untuk menjalan bisnis layanan jasa cuci mobil kamu memerlukan dua karyawan. Setiap karyawannya akan mendapatkan Rp.20.000 per satu mobil yang nyuci.
  • b. Biaya jasa
Setiap kali mencuci satu mobil, kamu membutuhkan air sejumlah 10 liter. Satu harga liter air harganya Rp. 5.000, maka setiap sekali cuci mobil biaya air yang dikeluarkan 10 liter x Rp. 5000 = Rp. 50.000
  • c. Komisi Penjualan
Kamu mepatok 20% dari nilai jual layanan.

- Harga awal layanan cuci mobil Rp. 20.000 (Estimasi pengerjaan 30 menit)
- BTKL = (Rp. 20.000 x 2 pekerja) / 30 menit = Rp. 1.333,33 per unit
- Biaya jasa = Rp. 50.000 / 30 menit = Rp. 1.666,67 per unit
- Komisi Penjualan = 20% x Rp. 20.000 = Rp. 4.000 / 30 menit = Rp. 133,33 per unit
- Total biaya COR per unit = Rp. 1.333,33 + 1.666,67 + Rp. 133,33 = Rp. 3.133,33 per unit
- Total Laba kotor = Rp. 20.000 – Rp. 3.133,33 = Rp. 16.866,67 per unit

Jadi sangat mudah bukan untuk menentukan harga layanan dalam bisnis jasa online? Pastikan kamu mengikuti tahapan-tahapannya dengan teliti dan benar. Meleset sedikit kamu bukannya untung malah merugi. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!
 
Last edited:
Back
Top