Apakah Ekonomi Digital Masa Depan Perekonomian Kita?

Ekonomi Digital saat ini sangat berkembang dengan pesat di seluruh dunia. Baik itu pada negara barat maupun di Indonesia. Perkembangan ini membuat peningkatan dalam ekonomi pada berbagai negara. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari semakin majunya teknologi informasi. banyak pelaku bisnis yang menjadikan teknologi informasi menjadi kendaraan menuju kesuksesan dalam bisnis. Salah satu dari pada layanan yang memanfaatkan ekonomi digital di Indonesia adalah cleaning service dari Halo Jasa.

Tentang Perekonomian Digital
large-ekonomi-digital-92296d092ed1fdd01e45f691c00f9422.jpg

sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id

Jenis ekonomi ini dapat dikatakan dengan aspek ekonomi yang menegedepankan penggunaan teknologi dalam melakukan bisnis. Hal ini didukung banyaknya developer yang selalu melakukan pengembangan terhadap berbagai aplikasi mobile yang banyak digunakan oleh pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka.

Berdasarkan pelaporan yang dilakukan oleh Google, Temasek dan Bain yang memberikan data mengenai perekonmian dalam ranah digital, maka diketahui bahwa salah satu pemuncak pada jenis ekonomi ini adalah e-Commerce. Dari segi transaksi dalam regional Asia Tenggara, e-Commerce memiliki nilai transaksi sebanyak US$ 21 miliar. Data ini menunjukkan adanya peningkatan dari perputaran uang yang ada pada bisnis ini dari tahun ke tahun.

Masa Depan Perekonomian Indonesia


967b3a_ef52f0da2f684156a7db852ea628961e~mv2.jpg

sumber gambar: medium.com

Sesuai dengan laporan dari pemerintah, Indonesia saat ini berada dalam tahap pertumbuhan ekonomi yang dinilai paling lemah semenjak 2015. Namun di lain sisi, pertumbuhan jenis industri e-Commerce dan penyedia layanan jasa selalu meningkat. Hal ini disebabkan karena para pelanggan menjadi lebih mengerti bahwa ada cara yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan harian, yaitu dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Dengan kemajuan teknologi Anda menjadi tidak susah untuk mencari tempat utnuk melakukan servis AC. Pada masa lalu, kita akan mencoba mendatangi toko AC untuk menanyakan apakah menyediakan jasa service AC. Apabila toko tersebut memiliki jasa layanan, maka kita perlu mendaftar terlebih dahulu untuk meminta AC yang kita miliki di rumah untuk diperbaiki. Selanjutnya pihak toko akan memberikan jadwal untuk perbaikan. Biasanya waktu yang kita butuhkan untuk mencari tempat service, membuat janji dan perbaikan AC dilakukan selama 3 hari.

Akan tetapi dengan menggunakan layanan jasa yang disediakan dalam ranah ekonomi digital pada saat ini, kita akan merasa dimudahkan. Apabila kita ingin menggunakan jasa service AC, maka kita tinggal membuka aplikasi mobile pada smartphone yang kita miiki, selanjutnya kita bisa memesan layanan dan layanan tersebut akan datang ke rumah kita dalam waktu yang singkat. Proses pelayanan ini merupakan pilihan terbaik bagi masyarakat moderen yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa peningkatan mobilitas masyarakat akan terjadi secara terus menerus. Mobilitas yang tinggi akan membuat permintaan terhadap pelayanan jasa yang berbasis aplikasi mobile akan terus meningkat seperti sekarang ini. Hal ini merupakan fakta yang terjadi di sekitar kita, karena meskipun ekonomi sedang lesu, ekonomi jenis ini selalu mengalami peningkatan pada beberapa bisnis.

Teknologi Digital Sebagai Masa Depan Perekonomian Kita

ekonomi-asset-a-grid-id-digital-5d9e02de0d82304f2b5e40b2.jpg

sumber gambar: kompasiana.com

Dari berbagai penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekonomi jenis ini merupakan bisnis yang akan selalu mengalami peningkatan karena permintaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan melalui platform ini menjadi pilihan berbagai kalangan. Kedepannya tentunya akan menjadi fokus dalam pembangunan dan pengembangan negara. Ekonomi digital yang ada di Indonesia dapat dilihat dari berbagai Industri. Industri tersebut adalah penyediaan jasa layanan on-demand, penjualan dengan e-Commerce dan juga industri perbankan. Peningkatan pengguanan layanan internet di Indonesia juga berperan penting dalam berkembangnya perekonomian di Indonesia.
 
Last edited:
era digitalisasi, sudah mulai terlihat dampak positif dan negatifnya. sisi positifnya memudahkan manusia untuk saling terhubung satu sama lain tanpa harus bertemu fisik. Sisi negatifnya lapangan pekerjaan didominasi robot di sektor2 industri sehingga lapangan kerja untuk manusia makin berkurang
 
Back
Top