Pentingnya Memperhatikan Aspek Kepuasan Pelanggan Sebelum Memulai Bisnis

roxeanne

New member
reflexology-massage-jakarta

Photo Credit: Halo Jasa

Dalam menjalankan bisnis, customer satisfaction atau kepuasan pelanggan terhadap produk adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh pelaku bisnis. Dalam dunia marketing, customer satisfaction merupakan sebuah istilah untuk mengukur apakah sebuah produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan sudah memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen. Aspek ini begitu penting bagi pelaku bisnis atau perusahaan karena dapat membantu mereka untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang dijual.

Menurut survey, banyak pelaku bisnis (71% dari 200 orang) menganggap kepuasan pelanggan terhadap produk sangat berguna dalam mengatur dan memonitor kinerja dan kualitas bisnis mereka. Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis untuk memperhatikan customer satisfaction sebelum memulai bisnis mereka. Selain membantu mereka dalam memonitor kulitas produk/layanan, customer satisfaction juga memiliki peran lain dalam bisnis yang dijalankan.

Sebagai Indikator Loyalitas Konsumen
Customer satisfaction dapat dijadikan indikator atau penanda apakah konsumen akan kembali membeli/berlangganan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Agar dapat mengetahui kepuasan konsumen, Anda dapat menyediakan layanan untuk mengukur kepuasan mereka. Misalnya dengan menyediakan kolom review/rating pada website atau aplikasi. Konsumen akan dengan mudah memberikan nilai kepuasan mereka dengan cara memberikan rating atau berkomentar. Hal ini juga akan mempermudah Anda untuk mengetahui nilai produk atau layanan Anda di mata mereka.

Jika konsumen memberikan rating di atas 3, itu menandakan bahwa mereka cukup merasa puas dan berpotensi untuk repurchase/melakukan pembelian lagi ke depannya. Terlebih mereka yang memberikan rating 4 atau 5, mereka dapat berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap. Sebaliknya, konsumen yang memberikan rating di bawah 3 menandakan bahwa mereka tidak merasa puas dengan produk/layanan yang didapat dan berpotensi untuk tidak melakukan repurchase.

Membantu ‘Melawan’ Kompetitor
Saat Anda melakukan kesalahan atau memberikan service yang buruk pada konsumen, tentu mereka akan merasa tidak puas atau bahkan merasa sangat kecewa. Namun berbeda dengan kompetitor Anda. Saat Anda melakukan kesalahan, rival bisnis Anda bisa jadi sedang berbahagia atau bahkan menertawakan Anda. Kemungkinan yang lebih parah lainnya adalah, kompetitor Anda sedang menyusun strategi untuk merebut konsumen Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu mengutamakan kepuasan customer.

Menjaga Image dan Reputasi Perusahaan
Salah satu harapan saat akan memulai bisnis adalah agar bisnis yang kita bangun memiliki image atau reputasi yang baik sehingga dapat diterima oleh masyarakat dan mampu berkompetisi di pasaran. Untuk mewujudkan harapan itu, maka Anda dapat menjadikan rating kepuasan untuk membantu Anda dalam meningkatkan image perusahaan. Semakin banyak nilai kepuasan yang diperoleh, berarti semakin banyak pula konsumen yang merasa senang dengan produk/layanan Anda.

Konsumen yang senang dan merasa puas berpotensi untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Baik dengan menyebar konten bisnis Anda lewat sosial media atau dari mulut ke mulut. Mereka juga berpotensi untuk sering berinteraksi dan memberikan komentar yang menyenangkan pada konten atau postingan Anda di sosial media. Lambat laun, fenomena ini akan membantu Anda dalam membentuk citra yang baik bagi perusahan Anda.

Konsumen yang merasa puas adalah salah satu tanda dari keberhasilan suatu bisnis. Terutama bagi bisnis yang bergerak di layanan jasa. Service yang mereka berikan benar-benar menjadi penentu kepuasan pelanggan terhadap produk. Untuk itu, dalam melayani konsumen, pelaku bisnis tidak boleh asal-asalan dan harus selalu menomorsatukan kualitas layanan mereka. Salah satu layanan yang menomorsatukan kepuasan pelanggan adalah Halo Jasa. Contohnya saat customer memesan layanan Halo Fix untuk service AC, kemudian ada kerusakan lagi setelah service, maka Halo Jasa akan memberi bantuan pada customer tersebut hingga masalah selesai.
 
Last edited:
Back
Top