Menjaga Kualitas Penyedia Jasa Pada Bisnis Pelayanan

jasanova

New member
Sebuah bisnis yang bergerak di bidang pelayanan, haruslah memiliki orientasi yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan. Pemilik bisnis layanan harus selalu melakukan improvement, sebab kebutuhan dan keinginan pelanggan akan selalu berbeda dan berubah seiring berjalannya waktu dan berubahnya pola hidup masyarakat. Nah, agar kualitas penyedia jasa yang berada di dalam bisnis pelayanan bisa terjaga, beberapa cara ini bisa coba dilakukan.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala
Demi sebuah kualitas yang selalu terjaga, pebisnis layanan harus rutin untuk melakukan evaluasi secara berkala. Selain agar bisa menemukan kekurangan selama dalam masa pelayanan, evaluasi juga bisa menjadi cara pebisnis untuk menyampaikan berbagai ide pelayanan yang lebih baru dan mutakhir.

Mengedukasi Vendor Tentang SOP Secara Detil
Agar tercipta sistem kerja yang harmonis antara vendor dan perusahaan, maka harus ada sesi dimana vendor mendapatkan edukasi mengenai cara bekerja yang sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP) yang berlaku. Vendor harus mendapatkan gambaran dan penjelasan mengenai SOP ini dengan detil, agar tidak terjadi kesalah pahaman yang bisa menyebabkan kekecewaan pelanggan karena kualitas pelayanan yang berbeda-beda dari tiap vendor.

Mengadakan Pelatihan yang Didampingi Ahli
Penting bagi setiap perusahaan layanan untuk mengadakan pelatihan bagi para penyedia jasa sebelum turun ke lapangan. Pelatihan ini akan membentuk cara kerja yang sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan. Pelatihan, khususnya yang didampingi oleh ahli juga dapat meningkatkan kualitas vendor dalam melakukan layanan terhadap para pelanggan.

Memberikan Pengawasan Pelayanan dari Awal Hingga Akhir
Selain bertanggung jawab dalam mempersiapkan keahlian vendor, perusahaan layanan juga harus melakukan pengawasan terhadap proses pelayanan yang dikerjakan oleh vendor mulai dari awal hingga akhir. Selain berguna untuk menjaga kualitas layanan dengan melihat cara vendor bekerja, pengawasan juga berguna untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan dalam menggunakan layanan.

Memberikan Garansi Jaminan Kepuasan Pelanggan
Meskipun cukup berisiko, tapi memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan adalah salah satu cara paling jitu untuk menjaga kualitas layanan. Saat pelanggan dijamin oleh garansi, maka penyedia jasa akan berusaha untuk bekerja dengan semaksimal mungkin, agar tak perlu beker dua kali karena pelanggan mengklaim garansi atas layanannya.
 

Attachments

  • WhatsApp Image 2020-04-08 at 08.35.23.jpeg
    WhatsApp Image 2020-04-08 at 08.35.23.jpeg
    17 KB · Views: 63
kompetitor yang tipis modal akan selalu kalah dalam persaingan bisnis. mereka yang punya modal besar akan segera melibas yang bermodal kecil. Pemodal besar berani membakar uang bertahun2 demi menguasai pasar. jadi mereka tidak mencari untung di tahun pertama hingga tahun ketiga justru mereka mencari rugi, sehingga eksistensi mereka akan mencengkram makin dalam.

seperti contoh di awal tahun 2000an, pernah muncul sepeda motor buatan china dgn harga murah berkisar 3jutaan. laris manis. lalu kelompok astra menyadari akan bahaya eksistensinya maka diluncurkanlah motor honda type legenda dengan harga yang sama dgn motor china semisal merk jialing. alhasil hanya dalam 20 bulan motor2 china itu ambruk, tidak laku. dan honda legenda pun tidak di produksi lagi seiring kepergian motor2 china itu, sebab secara bisnis, honda tidak untung menjual motor legenda seharga 3jutaan
 
Terimakasih gan infonya, saya menemukan ide baru untuk bisnis saya di bidang jasa sablon saya sudah menrapkan dari beberapa point di atas. sangat membantu :)

selalu semangat dan ulet. Kerja keraslah yang akan membuat usaha bertumbuh, kendati roda perekonomian saat ini tersendat akibat wabah

gunakan juga peluang, sekarang lagi besar permintaan masker maka tangkap peluang itu sebagai bisnis temporer tanpa meninggalkan bisnis utama
 
Back
Top