Bagaimana Cara Distribusi Press Release

dianmarcia23

New member
press_release_promo_500x325.jpg

source logstor[dot]com
Bagaimana cara distribusi press release yang efektif untuk medobrak promosi suatu produk. Sebelum itu ada baiknya kita mengenal apa itu siaran press atau press release. Siaran pers adalah media yang digunakan untuk memberikan informasi, berita, atau event dalam bentuk siaran pers, media release, foto, video, atau pernyataan pers yang dikemas dalam bentuk berita. Press release sendiri saat ini sering digunakan oleh banyak pihak—salah satunya sebuah perusahaan sebagai sarana branding atau promosi. Agar pesan dalam press release bisa sampai ke audience yang sesuai dengan pangsa pasar yang ditargetkan, tentu dibutuhkan distribusi press release yang tepat.

Lantas distribusi seperti apa dan bagaimana caranya? Di era teknologi seperti sekarang jalur distribusi informasi bisa diringkas lebih cepat. Hanya dalam hitungan seperkian detik saja, si pembuat informasi bisa menyalurkannya untuk dibaca khalayak.

Bagaimana cara distribusi press release terjadi? Ada dua cara. Pertama distribusi konvensional di mana mengundang wartawan untuk menghadiri jumpa pers. Perusahaan harus menyiapkan tempat, bahan-bahan berisi data penunjang siaran pers seperti proposal, brosur dan sebagainya.

Nantinya para wartawan yang datang ke acara tersebut akan menuliskan siaran pers terkait produk perusahaan yang nantinya akan disiarkan melalui media mereka, seperti koran, surat kabar, majalah dan lainnya. Perusahaan pun harus sedia bila ada pertanyaan dari wartawan terkait isi siaran persnya. Untuk cara ini perusahaan haruslah memiliki budget yang besar dalam sekali mengadakan siaran pers. Sehingga rata-rata yang memakai cara ini perusahaan besar yang sudah mapan.

Sementara cara kedua adalah distribusi online. Press release yang berisi informasi yang dibuat dan disusun oleh Public Relations (PR) terkait pengembangan produk, perluasan bisnis dan sebagainya bisa diunggah atau rilis di website perusahaan. Mayoritas perusahaan kini sudah memiliki website resmi. Tentu akan sangat pas bila website perusahaan berisi informasi produk-produk perusahaan.

Kemudian agar siaran pers lebih jangkaunya lebih luas maka perlu menggandeng media massa berbasis online, surat kabar online, situs berita dan sebagainya. Pasalnya jangkaun media lebih luas lagi. Pastikan juga rilisan siaran pers perusahaan telah sesuai dengan formatnya, yakni simpel, jelas, dan padat. Sertakan pula gambar pendukung. Dengan begitu pihak media akan lebih cepat menangkap isi dari siaran pers perusahaan.

Selain itu perusahaan bisa memanfaatkan website khusus yang memuat berbagai rilis pers perusahaan bisnis dan lainnya. Website yang sengaja dibuat untuk pelaku bisnis agar dapat mengabarkan berita terkait perusahaan dan produknya. Kehadiran website seperti ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mengolah informasi terkait produk tertentu. Memakai cara daring pun diyakini dapat memangkat budget dan perusahaan dapat berhemat.

Siaran press juga sangat penting untuk meningkatkan brand awareness suatu layanan perusahaan. Sebagai contoh Halo Fix sebuah layanan jasa service AC panggilan lebih dikenal dan sering dipakai oleh masyarakat. Ini menunjukan bahwa cara ini mendongkrak penjualan satu produk.

Kemajuan teknologi telah membuat perusahaan lebih mudah untuk melakukan distribusi press release terkait perkembangan bisnisnya dan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi. Dan masyarakat pun dapat lebih cepat untuk mengenal suatu produk atau kemajaun bisnis tertentu di dunia khususnya di Indonesia.

Jadi sudah cukup paham mengenai bagaimana cara distribusi press release yang bisa dilakukan berbagai perusahaan di era sekarang? Pasanya kemajuan teknologi haruslah mempermudah mengatasi segala hal. Semoga artikel ini dapat membantu, kalian.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, di artikel yang pastinya tak kalah informatif dan bermanfaat.
 
Last edited:
Back
Top