Faktor Keamanan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuka Bisnis Jasa

Membuka bisnis Jasa merupakan proses yang panjang bagi pebisnis pemula yang berminat untuk memulai bisnis pada sektor jasa. Ada berbagai aspek yang perlu dipersiapkan oleh pebisnis. Saat ini beragam jenis bisnis pada sektor jasa dapat ditemukan disekitar kita. Contohnya adalah penyedia jasa layanan servis AC, jasa kurir, jasa cleaning servis, jasa salon mobil. Kebanyakan pebisnis pada sektor ini mulai menggunakan aplikasi mobile dalam mencari pelanggan dan dalam melakukan transaksi dengan pelanggan.

buka-bisnis-jasa-pengetikan-sasar-mahasiswa-bermodal-rp6-jutaan-1QjYBbd6Vz.jpg

sumber gambar: okezone.com

Salah satunya adalah faktor keamanan. Faktor keamanan adalah jaminan yang diberikan oleh penyedia jasa atau produk kepada pelanggan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus, dan data dari pelanggan juga dapat dijaga dengan baik. Kalau dari sisi pengusaha, faktor keamanan memberikan jaminan bahwa semua data transaksi dan penjualan terjaga dari berbagai gangguan.

Faktor keamanan merupakan hal yang paling krusial. Karena bagi pemilik bisnis khususnya penyedia layanan jasa, keamanan data baik data pelanggan maupun data bisnis merupakan aset yang besar. Karena hal ini menyangkut kredibilitas dari suatu bisnis. Oleh sebab itulah banyak perusahaan yang melakukan investasi yang besar untuk meningkatkan keamanan dari sistem mereka.

Berikut adalah beberapa faktor keamanan yang perlu diperhatikan ketika membuka bisnis jasa adalah sebagai berikut:

Aspek Otentifikasi

Otentifikasi merupakan proses pengecekan yang dilakukan oleh sistem. Proses tersebut berupa memastikan pelanggan atau toko memiliki data yang benar dan valid. Bagi pelanggan, otentifikasi oleh penyedia layanan akan memunculkan kredibilitas sehingga pelanggan menjadi percaya untuk menggunakan produk atau jasa lanyanan yang disediakan.
2fa-scheme.png

sumber gambar: beritabebas.com

Aspek keamanan gadget

Gadget merupakan salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Karena gadget digunakan dalam menyimpan data dan menjalankan administrasi dari bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga keamanan dari gadget menjadi hal yang utama. Pebisnis dapat memulai menggunakan keamann pada gadget yang dimiliki dengan menggunakan sistem penyimpanan yang memiliki sistem keamanan yang bagus. Hal ini akan membuat semua data bisnis Anda menjadi tersimpan dengan aman tanpa gangguan.

Aspek keamanan data oleh karyawan

Melatih karyawan yang bekerja untuk Anda mengenai masalah keamanan merupakan suatu hal yang diperlukan. Hal ini disebabkan karena karyawan merupakan bagian dari tim yang menjalankan hal teknis dari bisnis. Agar keamanan pada data perusahaan terjamin, maka perlu dipastikan agar setiap data yang digunakan oleh karyawan disimpan dengan cara yang tepat dan menggunakan fitur keamanan yang dimiliki oleh perusahaan.

Keamanan web host

5-Cara-Mudah-Meningkatkan-Keamanan-Website-Anda-848x455.png

sumber gambar: daduweb.com

Secure Socket Layers atau biasa disingkat dengan SSL merupakan suatu lapisan dari keamanan yang melindungi transaksi pada website yang dimiliki oleh pemilik bisnis seperti penyedia jasa layanan jasa melalui teknologi enkripsi data yang canggih. Website yang telah memiliki SSL dapat dilihat dari tampilan padlock (gembok) yang ada pada address bar ketika melakukan pencarian pada mesin pencari.

SSL merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hampir seluruh bisnis yang menjalankan layanan berbasis teknologi. SSL memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa semua data yang mengalami transaksi pada website akan terjamin keamanannya dan terhindar dari penyalah gunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah data password dan data kartu kredit. Karena terkadang data kartu kredit dari pelanggan juga digunakan untuk pembayaran dari jasa yang ditawarkan.

Salah satu perusahaan layanan jasa yang sampai dengan saat ini telah dapat menjaga bisnis dan keamanan bisnis mereka adalah halo jasa. Selama menjaga bisnisnya memang halo jasa selalu memberikan solusi-solusi untuk menjaga agar bisnis terus berjalan dan meningkat, salah satunya adalah menghadirkan pelayanan dengan kualitas terbaik dan garansi pengerjaan selama kurang lebih 7 hari.

Pada segi keamanaan halo jasa telah memberikan keamaan bagi customernya juga, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya anda selaku pengguna layanan jasa service AC halo jasa terkena peretasan maka pengguna bisa langsung menghubungi customer support, agar nantinya dapat memblokir akun yang pengguna tersebut miliki, di samping itu juga syarat keamanan yang lainnya adalah diperlukan verifikasi serta bukti data data adanya kepemilikan akun supaya nantinya aktifasi kembali. Hal ini juga berlaku ketika anda kehilangan handphone.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor keamanan ketika membuka bisnis jasa maka pebisnis akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis ke depannya.
 
Last edited:
Back
Top