MAKANAN YANG MENGANDUNG EFEK ANTI INFLAMASI

NIRMANA_HERBAL

New member
Anti-inflamasi adalah properti dari suatu zat yang dapat membantu meringankan peradangan dan pembengkakan pada sendi. Makanan atau obat-obatan yang memiliki efek anti-inflamasi dapat membantu mengobati atau meringankan masalah pada sendi. Anti-inflamasi bekerja dengan cara menghambat hormon pemicu peradangan. Dengan berkurangnya peradangan, rasa nyeri juga bisa berkurang. Anti-inflamasi juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan.

Berikut makanan yang mengandung efek anti-inflamasi :


1. Buah berry
Buah berry adalah buah yang berukuran kecil yang dikemas dengan serat, vitamin dan mineral. Jenis buah berry yang paling umum meliputi strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry. Buah berry mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi resiko berbagai penyakit, dan dapat meningkatkan sistem imun.

2. Beberapa jenis ikan
Lemak ikan merupakan sumber terbaik dari protein dan rantai panjang asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Meskipun hampir semua ikan memiliki lemak ini. Ikan yang disebutkan dibawah ini merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang memiliki efek anti-inflamasi.
- Salmon
- Sarden
- Haring
- Kembung
- dan ikan teri

3. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu makan super yang harus kamu tahu. Alpukat mengandung kalium, magnesium, serat dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Alpukat menawarkan berbagai senyawa bermanfaat yang dapat membantu tubuh terlindung dari peradangan dan dapat mengurangi resiko kanker.

4. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang amat sangat bergizi. Brokoli merupakan sayuran silangan dari kembang kol, kubis Brussel dan kale. Brokoli adalah salah satu sumber sulforaphane terbaik, yang memiliki antioksidan dengan efek anti-inflamasi yang sangat kuat.

5. Jamur
Beberapa jamur yang dapat dimakan memiliki senyawa yang dapat mengurangi peradangan. Ini karena jamur sangat rendah kalori dan kaya selenium, tembaga dan semua vitamin B. Jamur juga mendung fenol dan antioksidan lain yang memberikan perlindungan anti-inflamasi. Memakannya mentah atau dimasak ringan dapat membantu meningkatkan potensi anti-inflamasi secara penuh.

Efek anti-inflamasi tidak hanya dapat membantu meringankan nyeri pada persendian. Anti-inflamasi juga sangat membantu melawan dan mengurangi resiko dari beberapa penyakit.

Selain mengatasi masalah sendi dengan mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki efek anti-inflamasi, kamu juga mengatasinya dengan mengkonsumsi suplemen sendi. Suplemen sendi sangat baik dikonsumsi untuk menutrisi persendian.

SUMBER : ZAMOERAT
 
Oh, peradangan sendi toh... Kirain peradangan tenggorokan...

secara umum makna inflamasi itu adalah anti peradangan. entah itu sendi maupun tenggorokan.

Inflamasi merupakan reaksi sistem kekebalan alami yang dimiliki tubuh untuk melawan serangan penyakit. Proses ini merupakan respons biologis terhadap sinyal bahaya yang menghampiri tubuh. Tanpa adanya proses peradangan, maka kemungkinan bagi infeksi dan luka untuk sembuh menjadi sangat kecil.

Inflamasi terjadi ketika jaringan tubuh mengalami cedera, terinfeksi bakteri, terkena racun, atau panas. Sel-sel yang rusak melepaskan zat kimia yang disebut histamin, prostaglandin, dan bradikinin. Fungsinya yaitu agar pembuluh darah melebar, sehingga lebih banyak darah dan sel darah putih mengalir ke area tersebut. Hasilnya, area yang mengalami inflamasi nampak membengkak dan hangat. Proses ini juga bertujuan untuk mengisolasi zat asing agar tidak menginfeksi jaringan tubuh lain.
 
Back
Top