Luhut Bicara 5.000 TKA di Morowali: Mereka yang Paham Teknologi

spirit

Mod
aaf7f470-b3fc-4770-b00e-2aa1a2ee9f83_169.jpeg

Kebijakan pemerintah mendorong hilirisasi akan mendorong investasi ke dalam negeri. Investasi tersebut akan menciptakan lapangan kerja.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, memang investasi yang masuk juga mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA). Meski demikian, TKA itu akan berkurang dengan adanya politeknik.

Hal itu sebagaimana terjadi Morowali, di mana terdapat sekitar 5.000 TKA. Angka itu bakal berkurang karena di sana terdapat politeknik yang mendidik putra-putri Indonesia dan kemudian menggantikan pekerja asing itu.

"Saya dikoreksi Morowali sekarang 45 ribu orang, dengan TKA 5.000 jadi ya memang tidak bisa kita dihindari, kita harus pakai TKA dulu karena mereka yang paham teknologi ini. Karena teknologi yang ada pengamat bilang teknologi tahun 60, teknologi yang masih sangat tidak ramah lingkungan," ujarnya dalam webinar, Selasa (2/6/2020).

"Investasi di situ tanpa lithium baterai sampai tahun 2024 itu itu kira-kira US$ 31 miliar dan ekspor dari sana itu kira-kira dekat US$ 30 miliar, ekspor terbesar kita nanti," katanya.

Kemudian, Weda Bay juga menciptakan lapangan kerja yang besar di sana. Menurut Luhut, jika smelter jadi dibangun di sana akan menciptakan 30 ribu lapangan pekerjaan.

"Weda Bay di Halmahera setengah dari Morowali kalau jadi masuk smelter dari copper di sana angkanya bisa menjadi 30 ribu juga makanya kita ingin bangun politeknik juga di sana," ujarnya.

Kemudian, lapangan kerja yang diciptakan di Konawe sekitar 10 ribu hingga 11 ribu. Lanjut Luhut, jika ditotal maka ada sekitar 100 ribu lapangan kerja sampai tahun 2024.

"Jadi saya pikir sampai tahun 2024 angka kerja ini mungkin sampai ke 100 ribu lebih orang, kita belum bicara kepada multiplier effectnya," jelasnya.



 
Alasan Investasi China di RI Lebih Perkasa Dibanding Jepang

rrc.jpg


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia mengungkapkan sejumlah alasan mengapa investasi asal China menjadi yang paling besar saat ini dibanding investasi dari sejumlah negara lain.

Bahkan, Bahlil juga membandingkan mengapa investasi Jepang saat ini mengalami penurunan di Indonesia dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Padahal kita ketahui Jepang menjadi salah satu negara yang betah berinvestasi di Indonesia.

Menurut Bahlil, saat ini meningkatnya investasi langsung dari China disebabkan oleh beraninya investor dari negara panda putih itu menyasar sejumlah sektor yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia.

Investasi tersebut tercatat jarang diminati negara lain, salah satunya adalah sektor infrastruktur hilir. Investasi di sektor tersebut dinilai miliki risiko tinggi dan lama pengembalian untungnya.

Kemudian, beraninya investor China dibandingkan negara lain juga karena China tak perlu waktu lama melakukan Feasibility Study dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun kemudian mereka membangun pabrik.

"Nah ini, kalau kita lihat Jepang itu FS (Feasibility Study) bisa membutuhkan waktu sekitar tiga tahun, maka China cukup butuh waktu 1,5 tahun. Jadi Jepang lama, sehingga Jepang tergesar," ungkap Bahlil, dikutip Kamis 30 Januari 2020.

Data BKPM mencatat pada kuartal IV-2019, realisasi investasi China di Indonesia mencapai US$1,4 miliar, diikuti Hong Kong sebesar US$1,1 miliar, Singapura sebesar US$1,1 miliar, Jepang US$1,1 miliar dan Belanda US$500 juta.

Adapun realisasi investasi periode kuartal IV-2019 yakni sebesar Rp208,3 triliun, atau meningkat 12 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018.

Dengan capaian tersebut, total realisasi investasi sepanjang tahun 2019 yakni mencapai sebesar Rp809,6 triliun, atau 102,2 persen dari target realisasi investasi 2019 yang ditetapkan Bappenas yang hanya sebesar Rp792 triliun



 
Back
Top