Menlu Retno Tegaskan RI Tak Bisa Dijadikan Pangkalan Militer Asing

spirit

Mod
w1200

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak bisa dijadikan lokasi pangkalan militer oleh negara mana pun. Peryataan ini sekaligus meluruskan pemberitaan miring mengenai Indonesia bakal dijadikan pangkalan militer China dan Amerika Serikat (AS).​

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak bisa dijadikan lokasi pangkalan militer oleh negara mana pun. Peryataan ini sekaligus meluruskan pemberitaan miring mengenai Indonesia bakal dijadikan pangkalan militer China dan Amerika Serikat (AS).

"Sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa dengan politik bebas aktif Indonesia, Indonesia tidak akan menyerahkan teritorinya untuk pangkalan asing negara manapun," kata dia dalam acara virtual di Jakarta, Minggu (1/11).

Menlu Retno menekankan, di tengah rivalitas antara China dan AS pemerintah Indonesia dengan segala upaya telah menjembatani perbedaan. Pada saat berbicara politik luar negeri, maka politik bebas aktif terus digencarkan pemerintah.

"Kenapa ini perlu ditekankan karena beberapa waktu belakangan ini ada berita-berita yang mengatakan Indonesia akan jadi pangkalan militer China. Indonesia akan jadi pangkalan militer AS," tandas dia.

Sebelumnya, Beredar sebuah narasi di media sosial yang menyebutkan China akan membangun pangkalan militer di Indonesia. Informasi diunggah akun Facebook Roni Abdul Fattah pada 5 September 2020.

Roni Abdul Fattah mengunggah beberapa tangkapan layar stasiun televisi tvOne yang berjudul "China Bangun Pangkalan Militer di RI? Indonesia Anut Politik Luar Negeri Bebas Aktif".



 
Back
Top