Peluang Bisnis Import Menggunakan Jasa Import China Xing Lie Cargo

xingliecargo

New member
Dengan banyaknya barang China yang menjamur di marketplace Indonesia, anda dapat mencari peluang agar ikut menjual barang-barang yang sekiranya dibutuhkan oleh para konsumen atau calon pembeli.

Bagaimana jika anda belum memiliki modal dan tidak memiliki pengalaman berjualan sama sekali? Anda bisa saja untuk pertama kali, menjadi seorang dropshipper terlebih dahulu. Dengan menjadi seorang dropshipper, anda bisa berjualan tanpa perlu keluar uang untuk stock barang, untuk packing segala macam karena semuanya dilakukan oleh penjual anda sekalian anda mengamati trend. Barang-barang apa saja yang lebih cepat laku dan perputaran nya cepat.

Setelah anda sudah berpengalaman menjadi dropshipper, anda bisa meningkatkan bisnis anda dengan menjadi reseller. Anda bisa menyetok barang sendiri dan kemungkinan bisa mendapatkan harga lebih murah apabila anda membeli dalam jumlah yang banyak.

Dengan menjadi dropshipper atau reseller, anda mampu mengamati trend sebuah produk, menganalisa kira-kira jenis barang apa yang akan laku dan belum banyak di jual di pasaran sehingga anda bisa memperoleh laba yang cukup tinggi dibandingkan dengan menjual barang yang sudah banyak di pasaran, maka kemungkinan laba yang anda dapatkan juga sedikit.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih besar apabila barang yang anda dapatkan melalui tangan pertama. Salah satu cara nya yaitu mencari barang tersebut dengan memproduksi sendiri atau pun import langsung. Apabila biaya untuk memproduksi suatu barang cukup besar, anda dapat mempertimbangkan untuk import barang nya langsung dari China.

Untuk import barang dari China, cara nya sangat mudah. Anda bisa mencari supplier di marketplace China seperti Alibaba, Aliexpress, 1688, Taobao. Disini anda dapat menemukan supplier yang memang memiliki pabrik dan memproduksi barangnya sendiri.

Tips lainnya dalam bertransaksi ke seller China atau Alibaba/Aliexpress adalah anda bisa menggunakan jasa perantara seperti Jasa Transfer RMB melalui Xing Lie Cargo dimana anda tidak perlu kesulitan dalam mengirim uang ke seller. Tidak perlu pusing apabila anda tidak memiliki kartu kredit, tidak ada Paypall dan lain sebagainya karena dengan menggunakan jasa transfer RMB, anda hanya perlu mentransfer uang menggunakan rupiah saja ke jasa perantara transfer RMB Xing Lie Cargo. Uang yang telah masuk, akan di proses dan dalam tempo 1 x 24 jam, pihak Jasa Transfer RMB Xing Lie Cargo akan memberikan bukti transfer. Apabila sudah ada bukti transfer, maka transaksi berhasil dan uang telah masuk ke rekening supplier anda.


Apabila anda telah menemukan supplier yang dapat dipercaya, Langkah selanjutnya adalah anda melakukan pengiriman barang dari China ke Indonesia. Jika anda masih ragu, apakah supplier anda bisa dipercaya atau tidak, anda bisa melakukan pembelian dalam jumlah sedikit dulu atau membeli sample. Setelah anda cek kualitasnya ok, baru anda melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Cara import barang dari China bagi pemula sebenarnya tidak sulit. Anda cukup perlu tau alurnya saja, baru bisa praktek. Apabila anda memiliki budget berlebih, anda bisa mengikuti seminar import yang banyak sekali diadakan. Namun, sebenarnya anda juga bisa melakukan proses import barang sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya. Import barang dari China sangat lah mudah.

Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi dari China ke Indonesia atau jasa forwarder Borongan dalam melakukan pengiriman barang. Dengan menggunakan jasa ini, anda tidak perlu repot lagi dalam melakukan pengurusan pajak, izin-izin, dan lain sebagainya karena semuanya sudah diurusi dan sudah menjadi tanggung jawab pihak forwarder

Anda juga bisa melakukan pengiriman langsung dari China ke Indonesia seperti menggunakan jasa ekspress international (DHL, Fedex dan sejenisnya). Namun, harap diperhatikan dulu apabila anda ingin menggunakan cara ini. Cari tau terlebih dahulu, jenis barang yang mau anda import, cek HSCODe nya. Misalnya: anda ingin import mainan, maka apabila anda menggunakan pengiriman Fedex, setelah barang sampai di Indonesia, anda tidak akan menerima barangnya apabila anda tidak bisa menyertai dokumen izin import mainan, karena untuk mengimport barang mainan, selain anda butuh NPWP, SIUP, anda juga perlu dokumen SNI.

Contoh lainnya apabila anda ingin import barang kosmetik dari China ke Indonesia, anda tidak bisa sembarangan langsung kirim barang ke Indonesia karena anda harus memiliki dokumen surat izin BPOM dalam import kosmetik ini. Perhatikan terlebih dahulu Hscode nya sehingga anda bisa tau barang yang ingin anda import itu masuk ke kategori yang mana.

Jasa forwarder atau yang biasa disebut jasa import borongan atau jasa import door to door adalah solusi untuk anda yang tidak ingin repot dalam proses import barang dari China. Biaya forwarder dari China ke Indonesia ini ditentukan berdasarkan dari kategori jenis barang. Anda harus memberikan informasi terlebih dahulu kepada forwarder, jenis barang apa yang ingin anda import. Setiap barang memiliki kategori yang berbeda-beda.Setelah itu, tentukan pilihan anda mau dikirim via apa. Apakah menggunakan via laut atau via udara. Via udara cocok untuk pengiriman barang sample, barang kecil dan sedikit, dan untuk kiriman cepat. Namun, harap diperhatikan juga karena akibat Corona, jasa forwarder tidak bisa memberikan estimasi waktu normal seperti biasanya (7-10 hari). Sehubungan dengan corona, penerbangan dari China ke Indonesia jadwal nya menjadi sedikit. Proses loading jadi sedikit terhambat karena harus cek jadwal kapal terbang yang tersedia. Di masa seperti ini, kiriman barang via udara memakan waktu sekitar 2 mingguan. Perhitungannya dihitung per kg.


Pengiriman barang via laut melalui jasa forwarder, cocok untuk anda yang mengirim barang dalam jumlah banyak, besar, grosiran. Karena dihitung per kubikasi (meter kubik). Kiriman via laut ada 2 jenis yaitu FCL dan LCL. Untuk perbedaan FCL dan LCL nanti akan kami bahas lebih lanjut lagi di artikel berikutnya.

Apa yang membedakan apabila anda melakukan pengiriman dengan pengiriman international seperti DHL/Fedex dengan menggunakan jasa forwarder? Apabila anda melakukan pengiriman international, maka supplier anda akan melakukan pengiriman barang langsung ke Indonesia, mereka akan meminta alamat tujuan anda langsung yang di Indonesia. Namun, sebelum barang tiba di alamat tujuan anda, barang tersebut nanti nya akan di periksa terlebih dahulu oleh bea cukai. Jika barang anda bermasalah, anda harus mendatangi kantor bea cukai untuk proses pengeluaran barangnya.

Apabila anda melakukan pengiriman menggunakan jasa forwarder, maka alamat yang anda berikan ke supplier anda nanti nya adalah alamat Gudang atau agent forwarder anda yang di China. Kebanyakan lokasi nya ini di Guangzhou. Setelah barang tiba di tempat agent, pihak forwarder yang mengurusi barang anda sampai nanti barang tiba di Gudang forwarder di Jakarta. Segala permasalahan yang terjadi di lapangan sudah menjadi tanggung jawab pihak forwarder.

Secara garis besar, proses import barang dari China alurnya adalah seperti ini:
1. Anda mencari supplier yang terpercaya. (cari di Alibaba/ Aliexpress/ mengunjungi pabrik atau toko seller di China

2. Mencari agent pengiriman yang dapat mengurus barang anda dari China ke Indonesia. Gunakan jasa forwarder terpercaya dalam mengirim barang dari China demi keselamatan barang anda.

3. Konsultasi kepada pihak forwarder jenis barang apa yang ingin anda import, berapa banyak jumlahnya, berikan kepada pihak forwarder estimasi dimensi dus atau kilogram barang agar pihak forwarder bisa memberikan pilihan yang terbaik mana yang lebih ekonomis apakah barang tersebut mau dijalankan via udara apa via laut.

4. Setelah anda setuju dengan harga yang ditawarkan oleh forwarder, anda harus meminta alamat agent forwarder untuk menyuruh supplier kirim barangnya kesana.

5. Jangan lupa menginformasikan kepada seller untuk menulis kode marking disetiap dus. (Kode marking adalah hal penting dimana kode tersebut yang dapat mengidentifikasi barang tersebut adalah milik anda. Kode ini akan diberikan oleh pihak forwarder bersamaan dengan informasi alamat Gudang

6. Anda harus memberikan dokumen kepada pihak forwarder yaitu dokumen Invoice dan Packing List. Dokumen invoice berisikan nota pembelian anda yang tercantum informasi mengenai jenis barang, unit price, total price. Sedangkan packing list adalah dokumen yang berisikan informasi mengenai total berapa dus barang anda, total beratnya berapa, dimensi atau kubikasinya berapa.

7. Setelah barang dikirimkan oleh supplier, biasanya supplier akan memberikan nomor resi pengiriman. Nomor resi ini harus anda berikan kepada forwarder agar mereka bisa cek apakah barang tersebut sudah diterima atau belum

8. Barang yang diterima oleh forwarder akan diurus sampai selesai. Pihak forwarder akan menghubungi anda setelah barang tiba di Gudang mereka di Jakarta.

Berikut adalah cara import barang untuk pemula. Sangat mudah dipahami bukan.. Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda yang ingin scale up bisnis ke level yang lebih tinggi lagi. Gunakan Xing Lie Cargo demi mempermudah proses import anda...
 
Back
Top