Air Rebusan Daun Pandan Campur Jahe, Khasiatnya Mujarab

spirit

Mod
Capture-66-700x476.jpg

FAJAR.CO.ID — Daun pandan tak bisa disepelekan, karena memiliki khasiat dahsyat untuk kesehatan tubuh. Sebab, daun pandan memiliki kandungan senyawa kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, saponin dan alkaloid.

Senyawa tersebut memiliki peran sebagai antibakteri. Inilah yang membuat daun pandan ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Cara mengonsumsinya sangat sederhana, pertama bersihkan daun pandan dan buat simpul 10-12 helai daun pandan. Rebus dalam panci selama 7-10 menit. Lalu didihkan selama 3 menit saja dalam air.

Untuk menambahkan khasiat kesehatan dan rasa, jahe bisa menjadi alternatif pilihan rasa dalam rebusan air daun pandan.

Berikut GenPI.co membeber khasiat air rebusan daun pandan campur jahe untuk kesehatan.

1. Mengatasi rasa nyeri
Manfaat daun pandan berikutnya yang juga penting adalah mengatasi rasa nyeri. BACA JUGA: Jangan Sepelekan, Khasiat Minum You C 1000 Sungguh Mencengangkan Daun pandan bisa mengatasi nyeri ketika Anda menderita sakit kepala, sakit telinga, atau radang persendian.

2. Meredakan Sakit Kepala
Masalah sakit kepala yang terlalu sering menyerang, bisa diatasi dengan daun pandan. Anda bisa mengonsumsi daun pandan atau menggunakannya sebagai aroma terapi alami untuk menenangkan pikiran dan meredakan sakit kepala.

3. Mengatur gula darah
Menurut sebuah penelitian di Thailand yang diterbitkan di Majalah Pharmacognosy pada 2015, meminum minuman ekstrak pandan membantu orang menurunkan kadar gula dalam darah. Telah terbukti bahwa glukosa plasma dari orang yang diteliti telah menurun secara signifikan selama periode penelitian.

4. Mengatasi Diabetes
Kadar gula darah yang tinggi dapat memicu risiko diabetes. Untuk menyeimbangkan insulin, penderita diabetes bisa mengonsumsi daun pandan secara rutin. Daun pandan bisa ditambahkan dalam makanan atau dicampur dalam minuman.

5. Mengatasi Rambut Kusut dan Kusam
Selain mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok, daun panda juga bermanfaat untuk mengatasi rambut kusut dan kusam. (genpi)

.
 
Back
Top