Pengertian PJOK yang belum kalian ketahui

volavoli

New member
volavoli - Penddidikan jasmani kesehatan dan olahraga (PJOK) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan nasional yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan peserta didik melalui aktivitas jasmani, sehingga pendidiakan jasmani harus kepada peserta didik pada semua jenjang pendidikan.

Dalam dunia pendidikan hususnya di sekolah ada pelajaran yang biasandi singkat PJOK, karena terlalu panjang jika kita membanya. untuk itu biasa atau agar lebih mudah maka pelajaran tersebut di singkat

Pendidikan, Jasani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) itulah kepanjangannya, lalau apa PJOK itu?

PJOK adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik , mental, serta emosional dan pada umumnya mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif dan psikomotor melalui aktivitas jasmani.

PJOK adalah Bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik dan neuromuskuler, intelektual dan emosional.

PJOK adalah proses pendidikan tentang dan melalui jasmani, permainan, dan atau olahraga yang dipilih

Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah

  1. Mengembangkan kesadaran tentang arti penting aktivitas fisik untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta gaya hidup aktif sepanjang hayat.
  2. mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani, mengelola kesehatan dan kesejahteraan dengan benar serta pola hidup sehat.
  3. Mengembangkan keterampilan gerak dasar, motorik, keterampilan, konsep/pengetahuan, prinsip, strategi dan taktik permainan dan olahraga serta konsep gerak.
  4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai percaya diri sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, bekerjasama, pengendalian diri, kepemimpinan dan demokratis dalam melakukan aktiviats fisik.
  5. Meletakkan dasar kompetitif diri (self competitive) yang sportif, percaya diri, disiplin dan jujur.
  6. Menciptakan iklim sekolah yang lebih posisitf.
  7. Mengembangkan muatan lokal yang berkembang di masyarakat.
  8. Menciptakan suasana yang rekreatif, berisi tantangan, ekspresi diri.
  9. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk hidup aktif dan sehat sepanjang hayat, serta meningkatkan kebugaran pribadi.

Manfaat Penddidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah

  1. Memenuhi kebutuhan anak akan gerak
  2. Mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi dirinya
  3. Menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna
  4. Menyalurkan energi yang berlebihan
  5. Merupakan proses pendidikan secara serempak baik fisik, meental maupun emosional
  6. Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai apa PJOK itu, jika ada pertanyaan silahkan komen si bawah yaa

Sumber: https://www.volavoli.com/2021/08/pjok-adalah.html
 
Back
Top