Timnas Indonesia Hancurkan Singapura 4-2

spirit

Mod
5-fakta-menarik-timnas-indonesia-hancurkan-singapura-4-2-hingga-tembus-final-piala-aff-2020-nomor-1-pahlawan-tGm5jnB7Gd.jpg

Asnawi Mangkualam mengejek Faris Ramli usai gagal cetak gol dalam laga Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2020. (Foto/AFF)​

LIMA fakta menarik Timnas Indonesia menghancurkan Singapura 4-2 hingga berhasil tembus ke final Piala AFF 2020 akan dibahas dalam artikel ini. Skuda Garuda mengalahkan The Lions pada leg kedua Piala AF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021). Pasukan Merah Putih unggul lebih dulu melalui Ezra Walian (11’). Singapura asuhan Tatsuma Toshida berhasil menyamakan lewat sepakan Song Ui-young pada menit ke-45+4.

Singapura bermain dengan sembilan pemain setelah Safiwan Baharudin dan Irfan Fandi diusir wasit. Meski demikian The Lions justru berbalik unggul melalui tendangan bebas Shahdan Sulaiman (74’). Unggul jumlah pemain membuat Timnas Indonesia menggempur pertahanan Singapura. Hasilnya tiga gol tercipta melalui Pratama Arhan, gol bunuh diri Shawal Anwar, dan gol penutup dari Egy Maulana Vikri. Selain kartu merah dan gol, berikut lima fakta menarik antara Timnas Indonesia vs Sngapura pada laga kedua semifinal Piala AFF 2020:

5. Keputusan Kontroversial Wasit

Laga ini tak lepas dari keputusan kontroversial wasit asal Oman Qasim Matar Ali Al Hatmi yang memimpin laga ini. Setidaknya ada dua keputusan yang menuai tanda tanya. Pertama adalah gol kedua bagi Indonesia yang diciptakan Pratama Arhan. Sekilas nampak Arhan sudah melewati sedikit garis pertahanan terakhir Singapura yang dituding sebagai offside.

Kedua yakni hadiah penalti yang diberikan kepada Singapura. Sebelumnya Pratama Arhan dianggap pelanggaran, padahal sekilas terlihat Arhan menghalau bola lebih dulu sebelum menjatuhkan penyerang Singapura.

anrr70wnhpzv2g7b1e5p_13857.jpg

4. Penyerang Singapura Jadi Kiper

Di akhir saat skor di laga ini sudah menunjukkan 4-2, petaka bagi Singapura di penghujung paruh kedua 2x15 menit. Kiper mereka Hassan Sunny terkena kartu merah karena menjegal pemain Indonesia.

Laga menyisakan satu menit membuat Singapura rela menjadikan strikernya Ikhsan Fandi sebagai kiper. Hebatnya terdapat satu penyelamatan saat dia menangkap bola hasil tendangan kencang dari luar kotak penalti.

f3ki0usatlk1kj68z39u_20670.jpg

3. Elkan Baggot, Irfan Jaya, Egy Maulana Vikri Masuk, Indonesia Justru Kebobolan

Tiga nama di atas memulai pertandingan dari bangku cadangan. Mereka baru masuk bersamaan pada menit 65. Tapi tak disangka masuknya mereka justru berujung sial bagi Indonesia karena gol kedua Singapura terjadi setelahnya. Gol ini pun membuat Indonesia kocar-kacir karena hampir saja berakhir dengan kekalahan 2-1.

8e64ws5wdz6hzm21vbcd_18993.jpg

2. Diwarnai 3 Kartu Merah dan 1 Gol Bunuh Diri

Laga ini berlangsung dengan tensi panas. Sampai akhirnya wasit harus mengeluarkan kartu merah sampai tiga kali. Ada juga drama gol bunuh diri. Uniknya semua kejadian sial itu menimpa Singapura dan terjadi di setiap babak. Kartu merah pertama diterima Safuwan Baharudin pada menit 45+2 karena sudah dua kali kartu kuning.

cn94eyoqf5f6rac8hyox_22226.jpg

Selanjutnya, giliran bek Irfan Fandi di babak kedua pada menit 67 setelah menjegal lari dari Irfan Jaya. Kemudian gol bunuh diri pada paruh pertama 2x15 menit oleh Shawal Anuar, dan ditutup kartu merah dari sang kiper Hassan Sunny di menit 119.

1. Nadeo Pahlawan Penalti pun diberikan kepada Singapura saat laga sudah dengan skor 2-2 di penghujung babak. Indonesia hampir saja gigit jari jika saja tendangan ini masuk. Namun beruntung, tendangan yang dieksekusi Faris Ramli tidak masuk. Nadeo berhasil menjadi penyelamat dengan menebak arah bola yang kencang ke sisi kiri gawang. Skorr 2-2 bertahan hingga 90 menit.

hd5t22fay2ar3ydbfeyy_17297.JPG

 
w1200

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat diledek oleh para penggawa Singapura saat Skuad Garuda tertinggal 1-2.​


Diledek Pelatih dan Pemain Singapura saat Tertinggal 1-2, Shin Tae-yong Buka Suara

SINGAPURA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat diledek oleh para penggawa Singapura saat Skuad Garuda tertinggal 1-2 dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Tak sampai di situ, bahkan pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, ikut-ikutan meledek.

Singapura sebenarnya bermain dengan sembilan orang saat Shahdan Sulaiman mencetak gol kedua yang membuat The Lions unggul 2-1 atas Indonesia. Shahdan berhasil memanfaatkan tendangan bebas yang jaraknya tidak jauh dari gawang Nadeo Arga Winata.

Bola yang ditendang oleh Shahdan masuk dengan mulus ke pojok kanan atas gawang Nadeo. Usai gol tersebut, pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida terlihat langsung berteriak ke arah bench milik Timnas Indonesia.

w1200

Timnas Indonesia vs Singapura dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung Sabtu (25/12/2021) malam WIB di National Stadium, Singapura (Foto: PSSI)​

Tak hanya itu, sejumlah pemain Singapura termasuk sang pencetak gol pun terlihat berteriak ke arah yang sama. Hal ini diakui oleh Shin Tae-yong membuatnya geram karena tidak menunjukkan sikap fair play.

Kendati demikian, Indonesia mampu bangkit dan memaksa pertandingan yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB tersebut berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Skuad Garuda.

Usai pertandingan, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa situasi itu membuatnya kurang senang. Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan masalah itu sudah diselesaikan di luar lapangan lantaran Yoshida telah meminta maaf.

“Memang masalah besar (soal selebrasi ke bench Timnas Indonesia), tetapi karena ada selebrasi dari pemain Singapura kepada bench kami,” kata Shin dalam konferensi pers usai pertandingan, Sabtu (25/12/2021).

“Jadi, saya sedikit bicara kepada pelatih Singapura bahwa kami harus fair play, tapi setelah itu baik-baik saja karena pelatih Singapura sudah minta maaf,” tambahnya.

Untuk selanjutnya, Timnas Indonesia tinggal menunggu hasil pertandingan semifinal leg kedua antara Timnas Thailand vs Vietnam. Laga itu akan berlangsung pada Minggu (26/12/2021) mendatang.


~sportstars.id
 
INDONESIA 4 vs 2 SINGAPURA QUICK HIGHLIGHT SEMI FINAL LEG 2 AFF SUZUKI 2020


[ame="https://www.youtube.com/watch?v=OtkbNmg_e2M"]INDONESIA 4 vs 2 SINGAPURA QUICK HIGHLIGHT SEMI FINAL LEG 2 AFF SUZUKI 2020 - YouTube[/ame]
 
Back
Top