Angkot Sultan di Ciamis, Pakai Sofa dan Lantai Keramik

spirit

Mod
angkot-sultan-mewah-di-ciamis_169.jpeg


Ciamis - Di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada angkot yang memiliki interior mewah memiliki lantai keramik dan joknya menggunakan sofa. Keberadaan angkot tersebut kini viral di media sosial.

Angkutan kota (Angkot) merupakan sarana transportasi favorit masyarakat untuk bepergian. Namun era saat ini, angkot harus bisa bersaing dengan sarana transportasi lainnya terutama berbasis daring. Untuk itu, pemilik angkot harus berinovasi untuk menarik penumpang.

Salah satunya adalah angkot 07 dengan jurusan Terminal Ciamis-Darussalam-Dewasari. Sejumlah angkot jurusan ini memiliki interior seperti mobil mewah.

Lantainya memakai keramik bermotif, jok yang biasanya hitam menjadi sofa empuk dan elegan. Ada tisu dan full musik dilengkapi dengan lampu RGB mirip sebuah kafe. Bahkan sopir angkot menggunakan radio HT untuk berkomunikasi dengan sopir lainnya.

Keberadaan angkot ini menjadi viral di media sosial tiktok, setelah akun @Dewi Momoy mengunggah video angkot tersebut. Tak tanggung-tanggung, akun ini menyebutnya 'Angkot Sultan'.

Jumat (7/1/2022), detikcom mencoba menjajal angkot 07 tersebut. Memang suasananya berbeda dari angkot lainnya, terasa lebih nyaman dan betah. Ongkos angkot ini pun sama dengan yang lainnya hanya Rp 4.000.

Dadang (40) seorang sopir angkot mewah ini bercerita ini merupakan inisiatif dari pemilik angkot dan para supir. Mencari cara agar angkot kembali ramai dan bisa bersaing di zaman sekarang. Akhirnya memutuskan untuk mengubah interior angkot agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang.

"Ini angkot dibuat seperti ini sudah tiga bulan, tapi memang baru viral kemarin-kemarin. Untuk membuat interior seperti ini membutuhkan biaya sekitar Rp 10 juta. Kami pun masih terus meningkatkan lagi," ujar Dadan saat ditemui di sela aktivitasnya sebagai sopir angkot.

Meski harus mengeluarkan modal cukup besar namun sebanding dengan hasil yang didapat. Kini penumpang yang menggunakan angkot mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah ada perbedaan sebelum dirombak dan setelah dibikin seperti ini penumpang ada lumayan. Ada juga yang sudah langganan rela menunggu untuk naik angkot ini," ucapnya.

Dadan menyebut angkot dengan interior mewah ini tidak hanya 1 melainkan 6. Angkot tersebut milik perusahaan Annur.

Rika Amalia, seorang penumpang angkot 07, menilai sangat bagus dan bikin nyaman. Naik angkot tersebut serasa seperti bukan naik angkot. Ongkos atau tarifnya pun terjangkau sama seperti angkot lainnya.

"Semoga terus ditingkatkan dan memberikan kenyamanan bagi para penumpang," ucapnya.


 
Back
Top