Sate Lokan Nan Kaya Gizi

spirit

Mod
100212183843_pencarilokan-iggoy-100212-1portal.jpg

Lokan (Polymesoda placans) adalah jenis kerang-kerangan yang banyak terdapat di lumpur pinggir laut. Seperti yang kita ketahui bahwa kerang merupakan sumber protein hewani yang lengkap, yaitu mengandung zat-zat gizi yang menyehatkan dan bisa membuat awet muda, serta mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Kerang juga kaya akan vitamin larut lemak (A, D, E, dan K), vitamin larut air (B1, B2, B6, B12, dan niasin), serta merupakan sumber utama mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti iodium (I), besi (Fe), seng (Zn), selenium (Se), kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), flour (F), dan lain-lain. Selain itu, kerang mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kadar lemak daging kerang tergolong rendah yaitu 1,1gram per 100gram daging. Adapun kandungan kandungan zat gizi per 100gram daging kerang sumber Direktorat
Gizi Depkes (1992) adalah sebagai berikut:

1_gizi-1.png

Keunggulan lain dari kerang yaitu memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, tetapi kadar asam lemak tak jenuh (omega-3) cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi omega-3 yang cukup, peredaran darah lebih mudah lancar sehingga mencegah terjadinya hipertensi.

Lokan dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan. Salah satunya di tempat penghasil lokan terkenal di Pesisir Selatan Sumatera Barat yaitu dibuat menjadi “Sate Lokan”. Disini, lokan ditusuk memakai lidi seperti sate kebayakan,. Cara penyajiannya juga sama seperti sate khas padang lainnya, yaitu disajikan dengan ketupat, lalu dilumurin dengan kuah kacang khas Sumatera Barat.


 
Back
Top