Transfer Uang Tapi Saldo Penerima Tidak Bertambah? Wah Ini Penyebabnya!

mobimoto

New member
Sudah transfer uang. Saldo sudah terpotong. Tapi rekening penerima belum terima uang. Wah panik ya pastinya. Apalagi kalau ternyata:

Penerima sedang butuh mendesak uang tersebut
Uang yang ditransfer jumlahnya cukup besar

Ternyata masalah ini ada beberapa penyebabnya. Apa saja penyebabnya? Yuk cek beberapa hal yang menjadi sumber penyebab masalah ini:

Salah Pencet Nomor Rekening

Kasus ini jarang terjadi karena ketika seseorang salah menekan 1-2 angka, biasanya nomor rekening tujuan tidaklah ada/tidak terdaftar. Namun risiko salah pencet nomor rekening ini tetap saja bisa terjadi. Apalagi pada orang yang tidak begitu memperhatikan nomor rekening dengan benar, dan tidak mengecek ulang nama penerima rekening.

Nomor Rekening yang Diberikan Keliru

Pemberi nomor rekening bisa saja salah kasih nomor rekening. Biasa terjadi ketika penerima uang memilikki banyak nomor rekening. Oleh sebab itu, jika terjadi kasus saldo penerima tidak bertambah setelah anda transfer, maka mintalah cek apakah dia mengecek rekening di nomor yang sesuai.

Salah Kartu ATM saat Cek Saldo di ATM

Masalah uang di rekening yang tidak bertambah juga terjadi ketika penerima saldo mengecek rekening di ATM menggunakan kartu ATM yang salah. Apalagi kebanyakan ATM tidak bisa melihat kartu atm yang sedang digunakan nomor rekeningnya berapa. Oleh sebab itu, anda sebaiknya minta orang yang seharusnya menerima saldo untuk cek menggunakan kartu ATM yang lain karena bisa saja dia salah pakai kartu ATM.

Masalah di Sistem Cek Saldo Penerima

Kalau sistem cek saldo bank penerima sedang bermasalah, maka uang yang tertransfer bisa terpending (tertunda). Atau bisa saja angkanya memang terlihat tidak bertambah, namun sebenarnya uangnya sudah masuk. Jika hal ini terjadi, solusinya bisa dengan bertanya pada CS bank tersebut melalui online atau telepon apakah sedang terjadi masalah di sistem.

Ada Jeda Uang Masuk Karena Transfer Beda Bank

Saat transfer uang antar bank, bisa jadi hanya dalam beberapa detik penerima akan mendapatkan penambahan saldo. Namun ada juga bank yang ketika mendapat transfer dari beda bank maka uang akan terterima beberapa jam, atau beberapa hari kemudian (misalnya pada wire transfer bank antar negara). Oleh sebab itu, disarankan untuk bersabar dan mencari info berapa lama waktu transfer dari bank anda ke bank penerima.

Transfer Sebenarnya Gagal

Karena buru-buru, anda mungkin tidak sadar kalau sebenarnya transfer tadi gagal dan anda tidak melihat adanya nofitikasi kalau transfer gagal. Anda mengira sudah melakukan transfer, padahal sebelumnya belum melakukan transfer. Ada beberapa penyebab transfer gagal, yaitu:

Saldo anda kurang
Rekening anda sedang terblokir
Rekening penerima sedang terblokir
Salah masukkan nomor rekening penerima
Tidak memasukkan kode bank saat transfer antar bank

Ya, banyak kasus dimana seseorang hendak transfer antar bank. Ketika diminta masukkan kode bank tujuan, malah memasukkan kode pin ataupun nominal uang. Ketika transfer gagal, tidak terlalu memperhatikan. Akhirnya pulang dari ATM sambil mengira sudah melakukan transfer.

Tapi ada juga orang yang hendak transfer antar bank lalu kerepotan dalam mencari kode bank penerima uang. Maka dari itu, sangat penting mencari tahu kode bank penerima transfer terlebih dahulu. Bagi anda yang butuh daftar kode tersebut, silahkan cek: Daftar Kode Bank

Hmmm, banyak juga ya penyebab transfer uang berhasil tapi saldo penerima tidak bertambah. Semoga bermanfaat dan membuat tidak panik lagi ya.
 
Back
Top