Lima Telur Komodo Perawan Menetas

gupy15

Mod
Lima Telur Komodo Perawan Menetas


MANCHESTER, KAMIS--Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, lima dari tujuh butir telur komodo perawan bernama Flora di kebun binatang Chester, Inggris akhirnya menetas. Anak komodo ini sangat unik karena berasal dari induk yang tidak pernah kawin dengan pejantan manapun.

Cangkang-cangkang telur di inkubator telah mulai retak sejak seminggu lalu setelah masa pengeraman selama delapan bulan dan menetas Selasa (23/1). Anak-anak komodo memiliki tubuh berwarna hitam bergaris kuning berukuran antara 40 centimeter hingga 45 centimeter dan berat hingga 125 gram. Kevin Buley, kurator di KB Chester, menyatakan naga-naga kecil tersebut dalam keadaan sehat dan kelihatan menikmati menu makanannya, jangkerik dan belalang.

"Kami belum memutuskan nama untuknya karena ingin memilih yang terbaik - mengingat seekor komodo bisa hidup lebih dari 40 tahun," ujar Buley. Lahirnya lima komodo di kebun binatang ini memberikan harapan baru bagi para ilmuwan untuk mencegah kepunahan hewan langka yang hanya tersisa sekitar 4.000 ekor di habitat aslinya, Pulau Komodo, Indonesia. Apalagi telah terbukti bahwa naga Komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia saat ini mampu berkembang biak tanpa kawin atau parthenogenesis.

Parthenogenesis pada Komodo baru dua kali diketahui. Selain Flora, sebelumnya seekor komodo betina bernama Sungai di KB London juga menjadi ?orangtua tunggal? bagi keturunannya yang lahir April 2006. Saat ini, KB Chester masih menanti nasib dua butir telur yang masih berada di inkubator.


Sumber: AP
Penulis: Wah
 
Back
Top