Partai Mahasiswa Indonesia

spirit

Mod
w1200

Ketum Partai Mahasiswa Indonesia Eko Pratama. [Ist]​

Mahasiswa Bikin Parpol, Partai Mahasiswa Indonesia, Pengamat: Duitnya Kira-kira Dari Mana Ya?

Suara.com - Kemunculan Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemekumham) menimbulkan tanda tanya besar. Lantaran selama ini untuk membuat partai politik dibutuhkan biaya yang besar.

Pengamat politik sekaligus Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedillah Badrun mencurigai adanya aktor lain di balik berdirinya PMI.

"Patut diduga ada kemungkinan ada aktor lain di belakang berdirinya partai mahasiswa," kata Ubedillah kepada suara.com, Minggu (24/4/2022).

Ia mengungkapkan, salah satu syarat mendirikan partai politik yakni mesti memiliki kantor di seluruh provinsi serta kabupaten dan kota. Sudah pasti biaya yang dibutuhkan cukup besar.

"Kaya sekali jika mahasiswa punya partai dan punya kantor di semua provinsi dan kabupaten?! Dari mana kira-kira biayanya ya?" tutur Ubedillah.

Di sisi lain, Ubedillah juga menilai munculnya Partai Mahasiswa Indonesia berpotensi memecah belah.

Sehingga, patut diduga pula jika partai politik baru tersebut memang sengaja didirikan untuk memecah belah mahasiswa yang belakangan ini kerap mengkritik kebijakan pemerintah.

"Pada titik ini, keberadaan partai mahasiswa berpotensi tinggi memecah belah mahasiswa. Artinya, bisa saja sengaja dibuat untuk memecah konsentrasi mahasiswa yang sedang melawan pemerintah," ungkapnya.

Nama Partai Mahasiswa Indonesia pertama kali diungkap oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat menerima audiensi dari perwakilan massa demonstrasi mahasiswa dan buruh, pada 21 April 2022.

Partai Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu dari 75 partai politik yang resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Partai tersebut tercantum di daftar nomor 69 dalam surat Penyampaian Data Partai Politik yang Telah Berbadan Hukum berkop Kemenkumham, Nomor M.HH-AH.11.04-19, tertanggal 17 Februari 2022.

Berdasar data, Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia tertera atas nama Eko Pratama. Sekertaris Jenderal, Mohammad Al Hafiz. Bendahara Umum, Muhammad Akmal Mauludin. Ketua Mahkamah, Tegus Stiawan. Anggota Mahkamah: Davistha A, Rican.

Kantor partai baru ini tercantum di Jalan Duren Tiga Raya Nomor 19D Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan dengan kode pos 12760.

Saat menerima audiensi perwakilan massa demonstrasi mahasiswa dan buruh, Dasco sempat menyampaikan selamat atas terbentuknya partai tersebut.

Dia bahkan meminta Partai Mahasiswa Indonesia ikut bersaing di Pemilu 2024 mendatang.

"Telah lahir partai baru, ada namanya Partai Buruh. Lalu kemudian ada juga Partai Mahasiswa Indonesia. Sudah sah di Departemen Hukum dan HAM," kata Dasco di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2022) lalu.

"Nah, kita ucapkan selamat datang. Mari kemudian berkompetisi, cari kursi di DPR yang bersama-sama bisa memperjuangkan hak kalian dengan kami," katanya.

Dasco mengklaim telah mengecek status daripada Partai Mahasiswa Indonesia di Kemenkumham. Dia memastikan partai tersebut telah resmi terdaftar.

"Saya sudah cek memang benar sudah lolos Kumham tinggal nanti verifikasi untuk Pemilu. dengan mahasiswa yang segini banyak harusnya bsia bersama-sama merebut kursi di DPR memperjuangkan aspirasi mahasisswa," tuturnya.

Belakangan sosok Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia, Eko Pratama menjadi sorotan. Dia diduga merupakan kubu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara yang sempat menemui Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jenderal TNI (Purn) Wiranto.

Pertemuan antara kubu BEM Nusantara, Eko Pratama dan Wiranto berlangsung di Kantor Wantimpres, Jakarta Pusat, pada Jumat (8/4) lalu atau tiga hari sebelum gelombang masaa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demonstrasi menolak penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Dalam aksi 11 April 2022 tersebut, kubu BEM Nusantara Eko Pratama diduga tak terlibat.

Kemunculan secara tiba-tiba Partai Mahasiswa Indonesia ini salah satunya menuai sorotan dari akun Instagram @bangsamaha×××××.

"Eits, pas kawan-kawan lain sibuk menolak gagasan perpanjangan masa jabatan, wacana 3 periode, dan kenaikan harga-harga. Eh ada yang buat partai dengan mencatut nama Mahasiswa Indonesia nih guys," tulis @bangsamaha××××× seperti dikutip Suara.com, Minggu (24/4/2022).

Selain sempat menemui Wiranto, @bangsamaha××××× juga menyoroti sikap dari Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia, Eko Pratama yang disebut pro terhadap Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti diketahui, TWK pegawai KPK menuai polemik lantaran dinilai sebagai upaya menyingkirkan pegawai KPK yang berintegritas seperti Novel Baswedan.

"Kalo yang belum tau siapa di balik partai ini, yuk kenalan sama @eko_prat××××× koordinator dari @bemnusoff××××× yang kemarin-kemarin ketemu sama Wiranto dan tahun lalu bilang TWKWKWKWKWK itu sah dan nuduh @sahabaticw pemecah belah dan menerima dana nich," ungkap akun @bangsamaha×××××.

.
 
46505-ilustrasi-partai-politik-gaungkan-penundaan-pemilu-2024-suaracomema-rohimah.jpg

Apa Itu Partai Mahasiswa Indonesia? Parpol yang Sudah Terdaftar Kemenkumham Ini Jadi Sorotan

Suara.com - Belakangan ini, Partai Mahasiswa Indonesia tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, Partai ini jadi salah satu yang berhak daftar ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) dari deretan partai politik (parpol) berbadan hukum. Lantas, apa itu Partai Mahasiswa Indonesia?

Diketahui, Partai Mahasiswa Indonesia adalah partai politik ke-69 yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham) sebagai partai politik yang berbadan hukum. Partai yang dipimpin Eko Pratama ini pun kini berhak turut daftar ke KPU. Untuk selengkapnya, berikut ini ulasanan mengenai apa itu Partai Mahasiswa Indonesia yang belakangan ini tengah menarik perhatian publik.

Apa Itu Partai Mahasiswa Indonesia?

Partai Mahasiswa Indonesia yang belakang ini jadi perbincang publik bermula saat Sufmi Dasco Ahmad selaku Wakil Ketua DPR RI menyampaikan perwakilan demonstran pada 21 April lalu.

"Telah lahir partai baru, ada namanya Partai Buruh. Lalu kemudian ada juga Partai Mahasiswa Indonesia. Sudah sah di Departemen Hukum dan HAM," tutur Dasco saat melakukan audiensi dengan menyampaikan perwakilan massa demonstrasi pada Kamis (21/4/2022) di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Diketahui juga bahwa loga partai Mahasiswa Indonesia ini memiliki dasar lambang berbentuk lingkaran berwarna merah. Adapun dalam lingkaran terdapat gambar berupa toga berwarna hitam.

Lalu, di tengah toga tersebut terdapat gambar sayap berwarna putih dengan bintang kuning pada bagian tengahnya. Selain itu, pada bagian bawah terdapat gambar toga hitam bertuliskan huruf putih kapital 'Partai Mahasiswa Indonesia'.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut adalah daftar pengurus tingkat pusat dari Partai Mahasiswa Indonesia:

• Eko Pratama sebagai Ketua Umum
• Mohammad Al Hafiz sebagai Sekretaris Jenderal
• Muhammad Akmal Mauludin sebagai Bendahara Umum
• Teguh Stiawan sebagai Ketua Mahkamah
• Davistha A, Rican sebagai Anggota Mahkamah

Lantas, siapa sebenarnya sosok Eko Pratama yang menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia? Jadi, Eko Pratama adalah mahasiswa dari UWKS (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). Dia juga merupakan Ketua BEM Nusantara. Adapun BEM Nusantara ini terbagi menjadi dua, yaitu kubu Eko serta kubu Dimas Prayoga.

.
 
[ame="https://www.youtube.com/watch?v=67MQtVIzv7I"]Salahi Kodrat Mahasiswa, BEM SI Tolak dengan Tegas Keberadaan Partai Mahasiswa! - YouTube[/ame]

Kemunculan partai mahasiswa mendapat kritikan dari sejumlah aktivis mahasiswa.
Partai Mahasiswa Indonesia sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.
Partai ini diketuai Eko Pratama yang juga merupakan Koordinator Pusat BEM Nusantara.
Eko juga merupakan pimpinan kubu BEM Nusantara yang menemui Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Wiranto beberapa waktu lalu.
Dalam dokumen Kemenkumham seperti yang dilansir oleh situs detik.com.
Disebutkan Ketua Umum Partai Mahasiswa ini adalah Eko Pratama sementara untuk Sekjen dijabat oleh Mohamad Al Hafis.
Partai ini juga sudah memiliki nomor keputusan Menkumham yang dikeluarkan pada 21 Januari 2021.
Keberadaan Partai Mahasiswa Indonesia mendapat kritikan dari sejumlah pimpinan organisasi mahasiswa.
Salah satunya adalah Sekretaris Pusat BEM Nusantara, Ridho Alamsyah.
Lewat akun instagramnya, BEM Nusantara mengecam kemunculan partai mahasiswa yang disebutnya sebagai partai siluman yang mengatasnamakan mahasiswa.
Anggota DPR RI Fraksi PPP, Achmad Baidowi menyebut, hadirnya partai mahasiswa sebagai partai baru merupakan hal biasa dalam demokrasi.
Namun Baidowi mengingatkan, mendapatkan simpati publik bukan hal yang mudah.
Menurut Baidowi, untuk menjadi peserta pemilu, partai politik harus lolos verifikasi.
Apalagi memenangkan pemilu, butuh perjalanan panjang untuk memenangkan suara publik.
 
Last edited:
nanti ada pula Partai Emak-Emak Indonesia(PE2I) ato Partai Bapak-Bapak Indonesia(PB2I)
 
Last edited:
Back
Top