Nasi Kucing, Satire Terbaik untuk Pemerintah Yogyakarta

spirit

Mod
w1200

Di internet, banyak bertaburan sejarah nasi kucing. Tugas kita adalah mengamini dengan segala versi yang berbeda. Pun di internet, pembahasan dengan kata kunci “filosofi nasi kucing” sudah banyak. Sama banyaknya dengan baliho Cak Imin 2024 di Jalan Imogiri Timur, Bantul. Penuh sesak makna perihal nasi kucing dengan segala landasan filosofinya, juga perlu kita amini bersama.

Namun, jika meneropong perubahan zaman, nasi kucing seperti punya arti terselubung. Eksistensinya yang identik dengan Yogyakarta (dan Jawa Tengah, tentu saja)—belakangan ini—lebih mirip seperti satire ketimbang sekadar makanan pengisi perut.

Mulai dari bentuknya yang mungil, lauknya yang minimalis, nasinya yang lebih mirip kepal tangan bayi, sampai rasanya yang gurih, lebih mirip olok-olok kepada Pemprov dan Pemda dengan cara yang manis dan rapi. Kenapa? Begini.

w1200

Dari bentuknya saja kita sadar, tak perlu kemasan mewah untuk membungkus nasi kucing. Cukup koran bekas (apa pun isi beritanya, tentang Bu Mega yang menyindir ibu-ibu juga bisa, atau pasir Alun-alun Utara yang dikeruk juga boleh) dan kertas minyak yang dipotong-potong. Hal tersebut bak menggambarkan hati dan perasaan masyarakat Jogja secara luas.

Apa maksudnya? Hati dan perasaan masyarakat Jogja itu amat sederhana dan tanpa pamrih. Apa saja kebijakan dari penguasa, mereka menerima. Apa pun keputusan yang diambil dalam menentukan agenda besar di Jogja—problem klitih, misalnya—mereka oke-oke saja. Aturannya yang itu-itu doang dari tahun ke tahun, mereka juga menerima.

Bahkan sampai upah yang disebut sejahtera saja belum, mereka nrimo. Seperti bungkus nasi kucing yang tidak perlu neko-neko. Tidak perlu label dari angkringan, pembungkus mewah yang dibeli di swalayan. Tak pernah ada penolakan, seperti masyarakat Jogja kebanyakan.

w1200

Lantas lauknya yang minimalis, yakni oseng tempe atau oseng ikan asin (kecuali kalau angkringan yang agak mewah, lain cerita, ya), merupakan satire terbaik abad ini. Nah, nasi kucing ini sekarang nasional, ada di mana-mana. Bahkan ketika saya di Jakarta, ia pun ada. Hal ini seakan memberitahu kepada khalayak ramai, “Warga Jogja diberi lauk minimalis saja doyan.”

Tentu saja, nasi ini enak sekali. Itu tidak bisa diganggu-gugat. Konteksnya di sini, dengan lauk yang minimalis tersebut, memberikan gambaran bahwa masyarakat Jogja itu bukan hanya sederhana, tapi juga harus (mau tidak mau) irit.

Mereka mampu beli makanan yang lebih mahal, tapi tentu saja mempertimbangkan keseimbangan neraca keuangan untuk sebulan. Ia adalah pahlawan, untuk hidup satu bulan, ya pekerja di Jogja memang pasnya membeli nasi kucing untuk menjaga neraca keuangan.

Ibarat pemain bola, bakul angkringan itu playmaker sakti mandraguna. Lha gimana tidak, mereka bisa menentukan lauk yang pas untuk orang-orang yang UMR-nya tidak lebih tinggi dari uang jajan para crazy rich Jogja dalam sehari.

Nasinya sebesar kepal tangan bayi juga punya makna menyindir. Lha kalau nasinya sebesar kepal tangan orang dewasa di Jogja, itu porsinya terlalu banyak. Kepal tangan orang dewasa di Jogja, contohnya adalah buruh tani di Bantul yang menerima upah harian sebesar Rp20 ribu, kepal tangan mereka di atas rata-rata kepal tangan pada umumnya.

Kalau nasi kucing sekepal tangan buruh tani tersebut, jelas porsinya terlalu banyak. Iya, buruh tani yang mau bekerja sekeras apa pun, kalau sistem pengupahan tidak ada penanganan dari hulu ke hilir, akan terus terjebak dalam angka Rp20 ribu. Sehari dapat upah Rp20 ribu, itu artinya bisa beli 2 bungkus nasi, gorengan, es teh.

w1200

Yang menjadi menarik, nasi kucing kini banyak dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang baru saja singgah ke Jogja. Itu adalah ide luar biasa untuk memberitahu ke seluruh orang di luar Jogja melalui satire-satire terselubung dari sebungkus nasi kucing.

Mungkin, sembari memberi sanak saudara buah tangan nasi kucing, sesekali bisa berkata begini, “Nih, oleh-oleh khas Jogja. Makanan yang menggambarkan upah rendah.”

Terima kasih dan segala dan puji untuk semua bakul nasi kucing di Jogja yang mempertahankan harga rendah, lauk mantap, dan rasa yang nikmat. Para bakul angkringan, bahkan lebih perhatian kepada kelas pekerja dari pada pemerintah daerah itu sendiri.

Penulis: Gusti Aditya
Editor: Audian Laili

~mojok.co

.
 
Back
Top