5 Cara Berpikir Positif

d-net

Mod
11-cara-berpikir-positif-yang-sebaiknya-mulai-anda-lakukan-1580376340.jpg

Dalam hidup, kejadian tidak menyenangkan selalu bisa terjadi. Pikiran-pikiran negatif datang menghampiri dan menggoda setiap orang yang sedang dilanda kemalangan, terlebih di masa-masa penuh ujian seperti saat ini. Dalam kondisi pandemi, sangat mudah untuk berputus asa dan berhenti berusaha. Namun dengan berpikir positif, hidup akan terasa jauh lebih tenang. Pikiran yang positif tidak hanya membawa ketenangan bagi orang yang selalu menjaganya. Dari pikiran yang tenang, tubuh akan merespons dengan cara yang sama. Sistem imun menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Untuk alasan itulah, penting untuk memahami bagaimana cara berpikir positif.


Selalu Bersyukur

Saat melihat portal berita atau media sosial, tidak sedikit berita-berita negatif yang bertebaran. Tanpa sadar, semua itu masuk ke pikiran bawah sadar dan mempengaruhi emosi pembacanya. Kebahagiaan adalah hal yang personal dan subjektif. Meski demikian, informasi yang diterima juga memiliki pengaruh dalam membentuk konklusi dan emosi. Selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Ingat kembali bahwa ada banyak kebahagiaan yang sebenarnya masih bisa dirasakan hingga saat ini.


Lebih Sering Tersenyum

Orang yang tersenyum saat mengerjakan tugas yang berat dan penuh tekanan cenderung merasa lebih positif selama prosesnya. Hal ini berbeda dengan orang yang tanpa ekspresi, apalagi cemberut dalam menyikapi. Senyuman mampu menipu pikiran dan mendorongnya untuk ke arah yang lebih positif. Jika pikiran negatif datang menghampiri, cobalah untuk menepisnya dengan senyuman. Tips berpikir positif yang satu ini telah terbukti ampuh mengusir pikiran negatif sebelum berkembang menjadi lebih besar.


Berpikiran Terbuka

Mereka yang berpikiran terbuka cenderung lebih jarang memiliki pikiran negatif. Ada keyakinan bahwa selalu ada hal positif dalam setiap kejadian. Saat dihadapkan pada hal buruk, cara berpikir seperti ini juga sangat membantu. Alih-alih merasa terpuruk, orang yang berpikiran terbuka akan memilih untuk melihatnya dari perspektif yang lebih positif. Inilah tips berpikir positif berikutnya yang bisa kamu coba. Jadi meski kondisi tidak sedang baik-baik saja, usahakan untuk melihatnya dari beberapa perspektif yang berbeda dan fokuskan pada perspektif yang lebih positif.


Selalu Optimis

Pikiran negatif terlahir dari pikiran yang pesimistis. Entah itu pengalaman buruk atau pengalaman yang sebenarnya baik, mereka yang pesimistis cenderung memandang hal dari sisi negatif. Saat dihadapkan pada kejadian yang tidak menyenangkan, cobalah untuk lebih optimis. Berusaha meyakini bahwa selalu ada hal baik dibalik setiap kemalangan akan membantu untuk berpikir positif. Di samping itu, optimistis juga memiliki energi besar yang sangat bermanfaat untuk menjalani hari.


Hindari Drama

Berpikir positif memang terasa sulit saat dihadapkan pada kejadian-kejadian tidak menyenangkan. Dalam kondisi seperti ini, sangat manusiawi jika orang merasa terpuruk dan diliputi pikiran-pikiran negatif. Apapun situasinya, playing victim bukanlah hal yang sehat. Menempatkan diri sebagai orang paling malang di dunia justru akan memperparah keadaan. Karena itulah, hindari drama. Cara berpikir positif yang satu ini akan mengubah hidupmu jadi lebih baik dan bahagia.

sumber: rexona.com
 
Back
Top