Sampah Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta Capai 74 Ton

spirit

Mod
079978700_1672540899-Sambut_malam_pergantian_tahun_Ribuan_warga_tumpah_ruah_di_HI-ANGGA_3.jpg

Ribuan pengunjung padati kawasan Bundaran HI, Jakarta, untuk merayakan pergantian tahun 2023, Sabtu (31/12/2022). Kemeriahan begitu terasa dalam momen perayaan tahun baru 2023 di car free night yang digelar di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sampah Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta Capai 74 Ton

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan malam pergantian tahun di DKI Jakarta menghasilkan puluhan tol sampah. Pemerintah mencatat, total ada 74 ton sampah yang dikumpulkan dari lokasi keramaian perayaan malam tahun baru 2023 di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan jumlah sampah tersebut lebih kecil ketumbang saat perayaan tahun baru 2020.

“Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun ini di Jakarta sebanyak 74 ton. Jumlah ini lebih kecil daripada dua tahun tahun lalu sebelum pandemi yang mencapai 125 ton," kata Asep dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

"Ini mungkin karena perayaan pertama setelah pandemi, massa belum seramai seperti biasanya dan relatif lebih tertib,” sambungnya.

Asep menjelaskan, Petugas Penyedia Jasa Lainnya (PJLP) atau yang dikenal dengan #PasukanOrangeDLH melakukan penanganan sampah tepat setelah perayaan tahun baru berakhir hingga tuntas pada pukul 05.00 WIB.

“Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB. Alhamdulillah kita sudah selesai membersihkan Jakarta pada pukul 05.00 WIB tadi. Sesuai target,” ungkap Asep.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengerahkan ribuan petugas kebersihan untuk menangani sampah di 5 wilayah Kota Administrasi.

“3.180 petugas kebersihan untuk menangani sampah setelah selebrasi pergantian tahun di seluruh titik keramaian di DKI,” pungkasnya

Perayaan Tahun Baru di Jakarta Aman

Sementara itu, aparat kepolisian menyatakan, seluruh gelaran acara malam tahun baru 2023 di Ibu Kota, seperti di Jalan Sudirman-Thamrin hingga Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berjalan dengan aman dan terkendali.

"Acara pergantian malam Tahun Baru di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin maupun acara yang dipuncakkan di TMII semuanya berlangsung dengan aman dan terkendali, masyarakat dapat merayakannya dengan penuh suka cita," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endar Zulpan kepada wartawan, Minggu (1/1/2023).

Secara umum, lanjutnya, masyarakat terpantau banyak yang turun ke jalan memenuhi berbagai tempat stand hiburan yang disiapkan Pemprov DKI dan pihak swasta.

"Namun semuanya berjalan dengan tertib dan penuh dengan penjagaan oleh Polri dibantu oleh TNI maupun Satpol PP serta unsur-unsur pemerintah lainnya," jelasnya.

.
 
tapi dibalik sampah itu banyak rejeki di hasilkan

betul. perputaran ekonomi rakyat jadi tumbuh

kalau di negara lain sampah itu sangat dibutuhkan bahkan mengimpor sampah, salahsatunya negara swedia. Sampah mereka jadikan bahan baku pembangkit listrik dan barang daur ulang
 
Back
Top