Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua PSSI

d-net

Mod
kongres-luar-biasa-pssi-2023-11_169.jpeg

Erick Thohir (kanan) jadi Ketua Umum PSSI terpilih periode 2023-2027. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)​

Jakarta, CNN Indonesia --Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Kamis (16/2). Berikut kronologi dari awal Erick Thohir mendaftar hingga terpilih jadi Ketua PSSI.

Menteri BUMN tersebut mendapat 64 suara atau unggul jauh dari La Nyalla Mattalitti yang mendapat 22 suara. Berikut kronologi Erick akhirnya bisa menjadi orang nomor satu PSSI.

Pada Minggu, 15 Januari 2022 Erick mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI. Saat itu Erick menyerahkan langsung berkas ke kantor PSSI di GBK Arena meski belum ada komite pemilihan.

Dua hari sebelumnya, Jumat (13/1), Ketua DPD RI La Nyalla mendaftarkan diri di kantor PSSI.

Setelah Komite Pemilihan (KP) PSSI terpilih dalam kongres biasa pada 15 Januari, proses pendaftaran ditutup pada 16 Januari. Pada hari itu diumumkan ada lima calon ketua, 17 wakil, dan 78 anggota.

Sehari setelahnya KP membuat rilis. Ini sebagai revisi daftar calon yang sehari sebelumnya telah diumumkan. Ini dilakukan karena ada beberapa berkas yang terlewat.

Dari perkembangan baru itu, diumumkan ada lima calon ketua, 20 calon wakil, dan 83 calon anggota komite eksekutif (Exco). Semua calon ini lantas diverifikasi berkasnya.

Tepat pada 31 Januari di Stadion Utama Gelora Bung Karno, KP bersama Komite Banding Pemilihan (KBP) mengumumkan daftar sementara calon ketua, wakil ketua, dan anggota Exco PSSI.

Enam hari berselang, yakni pada 6 Februari, KBP bersama KP mengumumkan daftar tetap orang-orang yang punya hak dipilih dalam KLB PSSI untuk pengurus periode 2023-2027.

Total ada 76 calon Exco PSSI, terdiri dari lima calon ketua [yang kemudian jadi empat calon ketua karena Fary Djemy Francis mundur], 16 calon wakil ketua, dan 55 calon anggota. Dari 76 orang tersebut Erick dan La Nyalla dinyatakan lolos verifikasi.

Setelah pengumuman itu semua calon bersama tim suksesnya diperkenankan melakukan kampanye. Dalam hal ini para kandidat diminta menjalin komunikasi dengan para voters.

Jumlah voters untuk KLB PSSI adalah 87 yang terdiri dari 34 Asprov, 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, dan tiga asosiasi (termasuk federasi futsal Indonesia).

Dalam KLB di Jakarta pada 16 Februari itulah Erick terpilih sebagai ketua umum setelah meraih suara mayoritas. Karena Erick Thohir memenuhi syarat mendapat suara 50 persen plus satu dari jumlah voters, maka pemungutan suara cukup dilakukan dalam satu putaran.
 
[ame="https://www.youtube.com/watch?v=fc0aVnn-9W0"]Setir Baru PSSI di Tangan Erick Thohir - YouTube[/ame]

Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yang baru, lewat Kongres Luar Biasa yang berlangsung pada Kamis, 16 Februari 2023. Erick Thohir sukses mengalahkan Mantan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti. Sementara Menpora Zainudin Amali dan Yunus Nusi, menjadi Wakil Ketua Umum.
 
Back
Top