Instagram Tidak Bisa Dibuka atau Error di Android

spirit

Mod
091703500_1582693083-ben-kolde-_zqJaEyo6I4-unsplash.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu media sosial yang paling populer dan paling banyak dipakai di dunia, platform berbagai foto dan video Instagram tidak lepas dari masalah.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna Instagram adalah aplikasi yang tiba-tiba keluar atau force close, tidak bisa dibuka, serta tidak berfungsi dengan seharusnya.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pengguna, apabila berada dalam kondisi Instagram error. Catatan, tips ini ditujukan untuk pengguna Android.

Cara Mengatasi Instagram Error

Dilansir Android Authority, dikutip Sabtu (20/5/2023), ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna saat Instagram tidak bisa dibuka atau error.

Cek apakah Instagram down atau tidak
Kamu mungkin bukan satu-satunya pengguna yang mengalami Instagram error. Maka dari itu, lihatlah apakah orang lain ikut terdampak gangguan yang sama atau tidak, misalnya dengan melihat ke situs Down Detector atau media sosial lain.

Tutup dan buka ulang Instagram
Jika masalahnya bukan dari Instagram, mungkin gangguan berasal dari perbedaan software. Cobalah untuk menutup aplikasi Instagram, lalu masuklah kembali.

Tidak ada salahnya untuk melakukan uninstall aplikasi, lalu memasangnya ulang dari Google Play Store, agar semuanya kembali ke setelan awal.

Cek Update
Saat ada perubahan tertentu dalam sebuah pembaruan, bukan tidak mungkin aplikasi versi lama yang ada di perangkatmu jadi terganggu. Karena itu, rajin-rajinlah dalam memantau soal update aplikasi Instagram di Play Store.

Cara Lain Atasi Instagram Error

Restart HP
Cara lainnya adalah dengan mencoba melakukan restart pada smartphone yang digunakan.

Cek internet
Masalah gangguan Instagram mungkin berasal dari jaringan internet. Untuk ini, cobalah membuka aplikasi lain atau browser. Jika sama-sama tidak berfungsi, mungkin masalahnya ada di jaringan.

Jika memakai jaringan seluler, cobalah beralih ke WiFi, atau sebaliknya. Selain itu, coba matikan VPN apabila masalah terjadi ketika sedang memakainya.

Nyalakan izin aplikasi
Seringkali ada aplikasi yang tidak bekerja dengan baik saat izin aksesnya tidak diberikan. Lihatlah izin aplikasi untuk melihat apakah ini terjadi pada Instagram di perangkatmu.

Bersihkan cache
Cache menyimpan data yang biasa digunakan di ponsel dan menariknya secara lokal, kapan pun diperlukan, bukan mengunduhnya setiap saat.

Ini membuat pengalaman penggunaan jadi lebih cepat, tetapi juga bisa menimbulkan masalah. Untuk itu, disarankan untuk sesekali membersihkan cache di perangkat.

Apabila Instagram di perangkatmu masih bermasalah, pengguna juga bisa meminta bantuan dari platform melalui Help Center Instagram dengan cara:

Klik bagian Profil, pilih menu tiga titik
Pilih Settings
Klik Help lalu Report a Problem.
 
Back
Top