Indonesia Disebut Negara Konoha

spirit

Mod
944665_720.jpg


TEMPO.CO, Jakarta - Mungkin Anda sering mendengar istilah Konoha di media sosial atau televisi. Istilah itu pun sering kali menjadi trending di Twitter. Dalam hal lain, banyak yang menggunakan kata Konoha untuk menyebutkan Negara Indonesia atau mengomentari kelakukan aneh warga kita sampai sekarang. Lantas, apa kaitannya Konoha dengan Indonesia?

Konoha merupakan sebuah desa fiksi di serial anime Naruto Shippuden yang disebut mirip dengan Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya kemiripan yang dimiliki oleh dua negara ini. Mulai dari masyarakatnya yang beragam hingga kesamaan jumlah pemimpinnya. Inilah yang kemudian membuat banyak warganet setuju menyebut Indonesia sebagai Negara Konoha.

Kesamaan Indonesia dengan Konoha

Salah satu alasan kenapa Indonesia disebut Negara Konoha adalah karena kesamaan dalam sisi pemimpin negaranya. Dalam serial Naruto, Konoha memiliki 7 orang pemimpin yang disebut Hokage (pemimpin Konoha). Hal itu pun kemudian dikaitkan dengan beberapa presiden yang memimpin Indonesia.

Pemimpin Negara Konoha dan Indonesia

Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, disebut mirip dengan Hokage pertama Konoha yaitu Hashirama. Kedua sama-sama pendiri negara dan memiliki sifat yang tegas. Kemudian Soeharto, sebagai presiden kedua, dinilai memiliki kemiripan dengan Tobirama Senju, Hokage kedua Konoha. Hal ini karena keduanya telah membantu pemimpin pertama dalam membentuk negara.

Selain itu, Indonesia dan Konoha sama-sama pernah dipimpin oleh orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Mereka adalah B.J Habibie dan Hiruzen Sarutobi. Sementara itu, K.H Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memiliki kesamaan dengan Minato Namikaze karena melepaskan jabatannya demi menjaga perdamaian negara masing-masing.

Kemiripan Indonesia dan Konoha selanjutnya ada pada presiden kelima. Seperti diketahui, Megawati Soekarnoputri merupakan cucu dari presiden pertama Indonesia, Soekarno. Sedangkan, Hokage kelima Konoha adalah Tsunade yang merupakan cucu Hokage pertama, Hashirama Senju. Selain itu, keduanya juga sama-sama presiden pertama di wilayahnya sendiri.

Tak hanya itu, Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki kemiripan dengan Kakashi Hatake sebagai pemimpin keenam Konoha. Pasalnya, keduanya sama-sama berasal dari lingkungan militer. Sedangkan, untuk Presiden Joko Widodo dianggap memiliki kesamaan dengan Naruto Uzumaki karena memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan kedamaian di negara lain.

Berdamai dengan Lawan

Selain jumlah pemimpin dan beberapa latar belakang yang sama, cara mereka mengelola dan mempertahankan negara pun memiliki sedikit kesamaan. Terutama pada pemerintahan pemimpin ketujuh.

Hal ini terlihat dari para pemimpin yang berdamai dengan lawannya. Mereka bahkan mempercayakan bidang keamanan negara untuk dipimpin oleh orang yang pernah menjadi lawannya.

Di Indonesia Presiden Joko Widodo mengangkat Prabowo Subianto, yang sebelumnya rival di Pemilu, sebagai Menteri Pertahanan. Sedangkan di negara Konoha, Naruto mempercayakan Sasuke, rivalnya saat menjadi ninja, sebagai kepala keamanan di Konoha.

Memiliki Kelompok Besar yang Berpengaruh

Indonesia memiliki beragam suku daerah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari suku Batak, Sunda, Jawa, Betawi, Minang, Bugis, dan lain sebagainya. Hal ini juga mirip dengan Konoha yang memiliki banyak Klan Ninja yang bersatu, seperti Hyuga, Senju, Uchiha, Yamanaka, Akimichi, Nara, dan Klan yang lainnya.

Tak hanya itu, ternyata Indonesia dan Konoha juga memiliki kelompok besar yang berpengaruh dalam negaranya. Indonesia dulu memiliki kelompok PKI yang memiliki pengaruh besar sekaligus menjadi ancaman bagi negara. Saat itu, kelompok tersebut tidak disukai oleh Soeharto sebagai presiden kedua Indonesia.

Di negara Konoha, ada kelompok yang disebut Klan Uchiha memiliki kekuatan dan pengaruh di Konoha. Kelompok ini pun dibenci oleh Hokage kedua Konoha, Tobirama Senju.

Jokowi, Hokage dan Desa Konoha

Dalam catatan Tempo, pada 2017, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pernah menyampaikan pujiannya atas penjelasan seorang santri bernama Yadian tentang Hokage atau pemimpin desa Konoha. Yadian merupakan santri Pondok Pesantren Al-Khoirot di Malang, Jawa Timur.

"Terima kasih Yadian yang ganteng atas video kirimannya untuk #JokowiMenjawab. Sekarang saya jadi paham apa itu Hokage dan Konoha," tulis Jokowi lewat akun resmi YouTube miliknya bernama Presiden Joko Widodo, Minggu, 7 Mei 2017.

Jokowi juga menanggapi harapan Yadian itu dengan menulis, "Apakah saya mampu menjadikan negara kita seperti Konoha dalam kepemimpinan Uzumaki Naruto yang tenteram, damai, alim, dan disiplin? Saya jawab insya Allah. Dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, pasti bisa."

Di sisi lain, Jepang sebagai negara pembuat anime Naruto pun ternyata memiliki tempat wisata yang bernama Desa Konoha. Desa ini berada di Nijigen no Mori Theme Park, Prefektur Hyogo.

Taman seluas 8.000 meter persegi ini dibuka sejak 20 April 2019 lalu. Berjarak 4 jam lebih dengan kereta dan 7 jam dengan mobil dari Tokyo.

Untuk masuk area Naruto & Boruto Shinoi Zato, Anda harus membayar tiket. Untuk dewasa 3.300 Yen (Rp 416 ribu) ,remaja 1.800 Yen (Rp 227 ribu), anak-anak 5-10 tahun 500 Yen (Rp 63 ribu) dan gratis untuk anak-anak di bawah 4 tahun. Anak-anak di bawah umur 2 tahun tidak diperkenankan masuk ke dalam sini. Wahana buka dari jam 10.00-22.00 waktu setempat.

VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI
 
Back
Top