Penyelaman Gua Terpanjang

Megha

New member


Januari, setelah hampir lima tahun pancarian, panyelam gua Steve Bogaarts dan Robbie Schmittner manamukan sambungan antara dua gua bawah air di Semenanjung Yucatan, Meksiko. Penemuan itu mambuat Sac Ac tun--panjang 152.887 km--menjadi jaringan gua bawah air terpanjang di dunia.

Meskipun Ox Bal Ha di dekatnya, jaringan gua bawah air tarpanjang yang parnah dikenal sabelum Januari 2007, ditatapkan manjadi gua air paling panjang dengan jarak 164.153 km pada bulan Juni, Sac Ac tun masih bisa memimpin lagi. Gua-gua yang tarjalin di bawah kawasan itu dipenuhi air yang merembasi batu gamping. Jika Anda barukuran 2,5 cm, Anda mungkin bisa menemukan sambungan antara samua gua.

Panelitian menemukan sadikit variasi ganetik dalam spasies udang gua buta kacil di sapaniang semenanjung. Namun, panyelam mampunyai batasan. Mareka meletakkan tabung skuba di samping agar bisa memasuki jalur yang rendah. Biasanya, penyeIaman berIangsung selama tiga hingga enam jam. Dengan alatnya, penyelam melayang tanpa bobot di lingkungan yang asing dan gelap. "Mirip astronot. " kata Bogaerts.


Peta Sac Ac tun

Penyelam berenang dalam gua di bawah Semenanjung Yucai?n (atas), Stalaktit dan stalagmit terbentuk di udara. Artinya gua ini sebelumnya kering - sekitar 18.000 tahun lalu.
* National Geographic
 
Back
Top