Jeruk Bali Kurangi Kolesterol

Status
Not open for further replies.

Megha

New member


HAMPIR semua orang kenal jeruk bali. Tak hanya bentuknya yang khas, rasanya pun juga sadikit asam dan segar, Daging buahnya banyak mengandung air, bisa langsung dimakan setalah dikupas atau sebagai campuran salad maupun rujak.

Kadang, buahnya yang berwarna putih dapat dijadikan manisan setelah dibuang bagian kulit luarnya yang banyak mengandung kalenjar minyak Bunganya yang harum digunakan sebagai bahan pambuatan wewangian tubuh, Kayu pohonnya saring dimanfaatkan untuk gagang parkakas peralatan rumah tangga.

Dibandingkan dengan jeruk yang biasa dikonsumsi, jeruk bali memiliki Iebih banyak kandungan paktin yang Iabih banyak. Pektin inilah yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol sekaligus mangurangi risiko sakit jantung. Kandungan likopen jaruk bali juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu jaruk bali juga baik untuk kesahatan gusi karena kadar vitamin C?nya tinggi.

Manfaat Iainnya adalah dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua didalam tubuh dan manormalkan hematokrit (parsentasa sal darah per volume darah). Sakaligus sebagai sumbar antioksidan penangkal kanker. Itu sebabnya, para perokok dianjurkan untuk mengkonsumsi jaruk bali dua "siung" (halai dalam buah) setiap hari, Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memparbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.
 
dulunya yg banyak jawa timur.
warok2 ponorogo era belanda tu jeruk dipakai bal2an. kadang dibungkus goni dikasih minyak patra disulit api buat main reog bal2an.
dibilang jeruk-bal. ga tau napa lama2 lidah lebih suka nyebut jeruk bali daripada jeruk bola.
 
dulunya yg banyak jawa timur.
warok2 ponorogo era belanda tu jeruk dipakai bal2an. kadang dibungkus goni dikasih minyak patra disulit api buat main reog bal2an.
dibilang jeruk-bal. ga tau napa lama2 lidah lebih suka nyebut jeruk bali daripada jeruk bola.

sama tuh d sulawesi jeruk bali yg masih muda d buat bola sama anak2. Hingga tahun 2000 saat ak berkunjung kedaerah Lasusua, kolaka utara masih ada yang pk buat main bola
 
Gk akh,menurut saya jeruk yang bisa menyembuh kan sakit tenggorokan adalah jeruk mipis,bahkan bisa menyembuh kan batuk2,,,,,
Ohhh iya,di depan rumah saya ada pohon nya,buah nya banyak banget sampe2 tetangga saya juga pada minta buat obat
Terima kasih
 
makan jeruk bali cuma kalo ada yang bikin rujak .. hehhe

bisa juga buat manisan kulit jeruk bali

kalua_jeruk.jpg
 
Diet, Cara Efektif Turunkan Kolesterol

Didera oleh kolesterol tinggi memang menyakitkan. Lebih berat daripada gangguan darah tinggi. Saya pernah mengalami. Hampir satu bulan saya tak bisa ke mana-mana. Sangat repot.
Oleh karena itu, Anda yang berpotensi kena kolesterol, harus selalu cek. Jika mendekati angka 200, lakukan diet ketat. Saya merasakan, diet ketat adalah cara efektif untuk menurunkan atau mencegah kolesterol.
Hindari makan makanan yang bisa memicu kolesterol tinggi. Misalnya, makanan berlemak, makanan goreng-gorengan, daging, jeroan apa saja (ayam, kambing apalagi, dsb). Lakukan olahraga rutin untuk membantu.
Tetapi, diet adalah cara efektif yang harus dijalankan. Ya, saya dalam satu bulan bisa turun dari 253 ke 191. Menjadi normal.
 
Last edited:
buah yang paling saya tunggu-tunggu kalo dirumah nenek lagi berbuah.
tapi kadang - kadang kalo saya lagi makan jeruk bali pasti kegigit bagian yang pahit nya
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top