Planet Kerdil Baru Dinamai Makemake

Megha

New member


Sebuah planet kerdil yang mengorbit bersebelahan dengan Planet Neptunus, karena keberadaannya itu dia kerap dianggap plutoid ketiga dalam sistem tata surya dan diberi nama Makemake (diucapkan Mah-keh mah-keh) oleh Uni Astronomi Internasional (IAU). Planet kerdil atau kurcaci yang ditutupi metan merah tersebut Sebelumnya dikenal dengan nama 2005FY9 atau Easternbunny yang kemudian diberi nama Makemake, yaitu dewa pencipta manusia dan dewa kesuburuan dalam masyarakat Polinesia.

Bulan lalu, IAU telah memberi nama pada beberapa planet yang ditujukan untuk membuat kelompok subplanet yang disebut plutoid. Pluto diturunkan dari status planet, karena ada nama dua plutoid lainnya yang disebut Eris dan ceres. Eris ini sendiri adalah nama plutoid kedua. Planet kerdil yang keempat diberi nama Ceres yang nggak termasuk kelompok plutoid karena orbitnya di garis asteroid antara Mars dan Yupiter. Nah yang terakhir nih, namanya Makemake. Makemake adalah planet yang lebih kecil dan sinarnya lebih buram daripada Pluto dan ditemukan pada 2005. ?Orbitnya gak begitu aneh, tetapi objeknya besar atau sekitar dua pertiga dari ukuran Pluto,? jelas pakar astronomi dari California Institute of Technology Mike Brown yang menemukan planet kerdil Makemake dan memberinya nama demikian.


Penemuan objek yang berada di trans-Neptunus itu telah mendorong Uni Astronomi Internasional (IAU) kembali merancang apakah objek tersebut merupakan planet atau tidak.

Pada Sabtu (19/7) di Washington, Amerika Serikat, Brown mengatakan bahwa nama Make- make muncul saat ia mencari nama dewa mitologis dan berpikir tentang Pulau Easter di Pasifik Selatan. Makemake adalah dewa pemimpin dan manusia yang mengatur dan memelihara alam di kalangan masyarakat Polinesia.


Kapan-kapan kalo nemu Planet baru, coba deh pake nama Megha :D kayaknya lebih keren <3D (Reuters/MI)
 
kaya gak ada nama lain aja :D


kata "make" kan juga termasuk dalam kata bahasa inggris ya. yang artinya memakai (sama aja dong kaya bahasa indonesia)
 
Back
Top