Poligami/Poliandri (Merged)

Re: Poligami (Merged)

mau poligami????????kalo dah benar-benar bisa beri kelimpahan harta pada istri 1 termasuk anak2nya, kalo dah bisa membagi waktu yang selama 7 hari dan masing-masing cuma ada 24 jam secara adil, kalo sudah bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan bathin istri 1 nya, boleh lah.........tapi kalo belum, jangan bergaya ikut-ikutan Nabi, dengan alasan apapun, karena kita tidak bisa sebijak beliau
 
Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

masih inget istilah poligami? yaiyalah, pastinya kita akan ingat kalau sistem ini hanya berlaku untuk kaum adam saja, tapi siapa sangka toh poliandri juga diakui oleh masyarakat dunia.

Jika anda punya seorang suami aja nggak cukup, ada baiknya anda mulai merencanakan untuk membangun camp di Himalaya. "Praktek poliandri (memiliki suami lebih dari satu) masih terjadi di Nepal, Tibet, Bhutan, Mongolia, dan China." tutur Dr.Hidegard Diemberger, antropolog sosial dari Universitas Cambrige.

"Namun jangan dikira prosesnya mudah lho. Selain itu, urusannya tak hanya sebatas tidur. Dalam budaya yang melegalkan poliandri, kebanyakan masyarakat mengandalkan hidup dari hasil ladang. Ya, hidup memang keras. Ini adalah persoalan kebutuhan, sehingga bisa saja terjadi beberapa pria bersaudara hanya menikahi seorang perempuan. jadi, mereka langsung bisa bekerja sama. Dengan sistem ini mereka bisa mempertahankan ladang yang mereka miliki agar tidak berpindah tangan," papar Diemerger. (eve)

jadi, prinsip ekonomilah yang berbicara dalam kasus ini... andai kata ini terjadi di indonesia?
 
Re: Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

Setuju, gak cowok aja yang melakukan poligami, tetapi rata-rata udah banyak cewek yang melakukan poliandry, tapi aku harap jangan sampai terjadi di Indonesia, kalau sampai Indonesia bener-bener seperti ini apa kata dunia?
Yang tersisa (nama baik) Indonesia hanyalah budaya Indonesia yang mengagumkan, kalau sampai budaya poliandry/poligami dijalankan, wah...hancur spertinya Indonesia. Lagian, apa mau temen-temen mempunyai pasangan seperti itu? :tongue:
Aku harap tidak! :p
 
Last edited:
Re: Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

Selama hukum masih dipegang oleh kaum cowok, maka poliandri tidak akan menjadi legal, tapi poligami masih bisa legal. Demikian juga sebaliknya kalau hukum dikuasai pihak cewek. Karena budaya Timur yang kental agama dan norma masyarakat ini banyak ditentukan oleh cowok, maka jangan heran kalau Poligami masih menjadi sesuatu yang sah walaupun tetap pro dan kontra.
 
Re: Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

wah saya sih nggak ngaruh, mau poliandri ataupun poligami. lagian keterpurukan mental tidak terletak dari dua sudut pandang tersebut. kalaupun indoensia di sebut negara agamis sampai sekarangpun tindakannya nggak mencerminkan hal tsb.. jadi bodo amat lah!
 
Re: Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

Betul, tapi poligami diakui sah di negara ini walaupun kalau kita bicara mental jauh dari layak untuk 'adil'. Jadi saya paling tidak setuju pada judul : Poligami hanya terdaftar dalam dunia pria. Memang begitu.. :)
 
Re: Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

Betul itu, tidak hanya poligami saja yang ada di dunia ini tapi poliandri termasuk juga didalamnya. Tapi yang lebih banyak diekspos di Indonesia kan hanya Poligami saja.
Tapi kalo dilihat dari judul topiknya Poligami hanya terdaftar pada dunia pria itu memang benar karena Poligami hanya dilakukan oleh pria, tidak oleh wanita....
 
Re: Poligami Hanya Terdaftar dalam dunia Pria? Ah itu teori

sudah ada thread untuk poligami. gw merged. di thread khusus poligami, kalian bisa mendebatkan poligami, dengan sumber mana pun. agama, dan logika juga boleh.


ctt:
gw sendiri capek ngomongin poligami.. hahaha..

gw merged..
 
memang laki-laki tidak mesti di salahkan dalam masalah poligami.....memang perempuan itu juga yang mau di jadikan orang ke tiga ko......
tapi apakah lelaki yang poligami izin terlebih dahulu kepada istri pertamanya?
kebanyakan secara diam-diam bukan?
menurut aku seh..,.izin dulu deh...jelaskan kenapa mau melakukan poligami?
pastikan ada alasannya?

Saya pikir dalam agama Islam TIDAK WAJIB poligami.. banyak pihak secara individu mengatasnamakan Sunnah Rasul melakukan poligami (karena Rasulullah jg berpoligami) .. menurut saya berpoligami itu tidak perlu (tentu hal ini statement kontroversi) pelaku poligami punya alasan KLASIK untuk melakukannya, misal: istri mandul, diizinin istri, Dll... jika seorang suami MENGASIHI sepenuh hati istrinya maka poligami tidak akan terjadi.. karena nilai dari kebahagiaan rumah tangga tidak terletak pada SEX semata...
 
memang laki-laki tidak mesti di salahkan dalam masalah poligami.....memang perempuan itu juga yang mau di jadikan orang ke tiga ko......
tapi apakah lelaki yang poligami izin terlebih dahulu kepada istri pertamanya?
kebanyakan secara diam-diam bukan?
menurut aku seh..,.izin dulu deh...jelaskan kenapa mau melakukan poligami?
pastikan ada alasannya?


kalo udah minta izin sama istrinya, trus istrinya ga mengizinkan, gimana ?? ...siapa sih yang mau dimadu?...
salah ga istrinya kalo gitu?...
 
ya istrinya ga salah, secara psikologi tidak semua wanita bisa menerima polygami (ini kata tanteku yg belajar psikologi Islam). Gimana klo istri pertamanya jadi gila gara2 depresi, sapa yg harus disalahkan ??
 
jelas klo tidak ada wanita yg mau dimadu dan wajar sebagian wanita mau menjadi madu. DAri fenomena2 yg saya temui di sekitar tempat kerja menunjukkan sebagian wanita tidak mau berhubungan dengan lelaki yg single dan kurang mapan......maksudnya masih dlam taraf berkembang. Mereka lebih memilih lelaki beristri yg jelas2 sudah mengawali karir lebih dari 15 tahun lalu dan gajinya berlimpah-limpah dibandingkan lelaki single yg masih meningkatkan taraf hidupnya. Sebetulnya klo dipikir2 kasihan istri pertamanya, dari mereka hidup pas2an selalu mendampingi sang suami dan setelah hidup berkecukupan malah sang suami mau kawin lagi dan sang madu benar2 hanya menikmati madu dalam hidup sang suami.
 
Thread ini juga bagus, namun mohon maaf, saya juga akan tutup ini. Silakan temen2 untuk membuat Thread yang sama dengan Judul Thread ini ---- jika berminat. Terimakasih partisipasinya...




Banting saja gelasmu kawan !!!!!












CLOSED
 
gw open back nih thread..

poligami..
gw setuju..
asal, dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. karena gw Islam, so gw mengacu pada ajaran Nabi Muhammad SAW.
poligami boleh.. asal..
1. Istri pertama ridho alias rela alias mengizinkan
2. Suami harus bisa bersikap adil lahir dan batin
3. Maximal istrinya 4

Poliandri..
gue amat tidak setuju. kalian perempuan jangan berpikir ini tidak adil. sebab poligami boleh.. poliandri tidak boleh.
ya, memang di zaman begini ada sih, test DNA. tapi, kodrat perempuan.. mesti dipikir lagi..
seandainya seorang perempuan memiliki suami 4. keempatnya juga sudah berhubungan intim, layaknya pasangan suami istri pada umumnya. trus si perempuan punya anak. kalo bisa tau langsung, bapaknya yg mana sih, enak.. kalo masih mesti test DNA? duhhh kelamaan kan??

kalo terlalu banyak mobil yg masuk ke garasi, meski gantian, garasinya jg bisa jebol, atuh.. kalo garasinya banyak, tp mobilnya satu? masih mendingan...
 
Aduuh pd ngmngin poligami niq? Tp sory ya gw ga bs nmpiln foto..alny gw br bljr intrntan &ga tau cara psng ftnya.gw stj al poligami tp yg pntng ada kejujuran sama si istri jngan smpe dah kwn br blng. Ayoo siapa yg bs ky gitu? Alnya kynya smua cw tuh pd ga mau dimadu tp bingung dracun palagi ga mau bngt. Gimana donk,
 
(Hampir) Tidak ada wanita yang mau di madu, tapi tidak sedikit wanita yang mau menjadi madu (ini pengalaman pribadi saya) jadi jangan selalu salahkan pria donk !!! setuju ???!!!

setuju!

poligami itu bukan kewajiban hidup tapi pilihan hidup
 
Back
Top