Mengapa Laut Mati di Israel disebut sebagai Laut Mati ?

Megha

New member

Mengapa Laut Mati yang ada di Israel disebut sebagai Laut Mati ? Dan, mengapa kadar garamnya tinggi sekali?

Laut Mati adalah daratan terendah di muka Bumi, oleh karenanya, air Laut Mati tidak bisa mengalir kemana-mana. Ingat sifat air kan, yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.

Nah, karena posisinya tersebut, setiap harinya sekitar tujuh juta ton air di Laut Mati menguap, menyebabkan tiap hari air laut ini bertambah asin.

Kadar garam air Laut Mati sekitar 30 % lebih tinggi daripada kadar garam air laut biasanya yang sekitar 3,5 %. Artinya, di Laut Mati sekitar sembilan kali lebih asin dibandingkan dengan air laut biasa. Sedangkan kadar garam tubuh kita hanya 1 - 2 %. Tidak heran, kita akan terapung ketika berenang di Laut Mati. (pernik ilmu)
 
sebenarnya bukan hanya di Israel saja koq laut mati, karena laut mati (dead sea) juga berada di wilayah Jordan. Saya sendiri pernah menyetuh air nya..wah pekat banget, kemudian iseng saya cicipi..kayak terbakar rasanya. Lucunya orang berenang nggak bisa tenggelam paling ngapung doang.
 
Namanya aja laut, mungkin karena besar tapi sebetulnya itu merupakan danau. Walaupun laut mati merupakan dataran terendah di dunia, tapi bukan merukan danau yg paling asin sedunia. Danau asal di djiboti salinitinya lebih tinggi.
 
Namanya aja laut, mungkin karena besar tapi sebetulnya itu merupakan danau. Walaupun laut mati merupakan dataran terendah di dunia, tapi bukan merukan danau yg paling asin sedunia. Danau asal di djiboti salinitinya lebih tinggi.

benar.... dead sea hanyalah nama... sebenarnya adalah danau saja. Kapan ya main ke Djiboti? sis... mau gabung nih? kan si soul mate nya bisa jadi guide kita...:))

BTW..congrats sudah jadi Mod.. keep up the good work!
 
mungkin di sebut laut mati karena tidak adanya (atau sedikit) kehidupan yang terjadi yang disebabkan oleh tingginya kadar mineral (garam) yang di kandung airya
 
Klo u/ umat muslim, sebetulnya laut mati adalah tempat bersejarah. Dulu tempat yg dinamakan laut mati merupakan tempat tinggal kaum Luth. Nabi Luth diutus sebagai Rasul kepada satu kaum yang mendiami sepanjang timur laut (Dari Israel-Jordan). Hampir keseluruhan kaum ini mengamalkan gaya hidup songsang (homoseksual), iaitu melakukan hubungan kelamin sesama sejenis iaitu lelaki dengan lelaki. Nabi Luth telah menyeru mereka untuk menghentikan perbuatan tersebut disamping menyampaikan seruan-seruan Allah, tetapi mereka mengabaikannya dan malah mereka mengingkari kenabiannya. Akhirnya, kaum Nabi Luth dimusnahkan dengan bencana yang sangat mengerikan dan dahsyat. Kejadian ini berlaku pada kira-kira tahun 1800sebelum Masehi. (http://ms.wikipedia.org/wiki/Nabi_Luth_a.s.)
Tanah yg ditinggali oleh kaum luth akhirnya diangkat dan dibalikkan oleh Allah sehingga berubah wujud menjadi seperti danau besar yang sekarang disebut laut mati.
 
Back
Top