Doa tidaklah penting..

nizhami

New member
Doa tidaklah penting, yang penting adalah berdoa. Sebenarnya tanpa kita meminta ini itu Allah sudah tahu, bukankah Dia Maha Mengetahui segala isi hati? Namun berdoa adalah sebuah protokoler yang harus dijalani, ibaratnya seorang pemimpin upacara melapor pada inspektur upacara bahwa upacara siap dilaksanakan, tanpa melapor pun inspektur upacara juga sudah tahu. Namun itulah protokoler upacara, sama seperti berdoa.



Kadang kita berdoa minta ini itu, seakan doa adalah upah dari segala amal yang kita lakukan, kita menuntut 'Allah memenuhi keinginan dunia kita hanya karena kita menjalankan shalat malam dll. Tidak salah tapi takutnya ibadah tidak ikhlas, tanpa keikhlasan adalah nol.



Inti dari doa adalah mendekatkan diri hanya kepada-Nya bukan meminta-minta. Pernah salah seorang ahli ma'rifat berdoa bahwa dia menginginkan dunia dalam genggamannya, sebenarnya bukan itu intinya tapi penghambaan diri karena memang Allah-lah pemilik alam semesta, ini adalah sebuah basa basi cinta.



Ya, hanya basa basi cinta. Misalnya pada waktu jaman sekolah dulu, seorang pemuda berulang kali meminjam buku kepada seorang gadis yang disukainya, meminjam buku hanyalah suatu sarana untuk mendekatkan diri kepada sang gadis supaya mendapatkan hatinya. Yang penting adalah hati sang gadis bukan bukunya.



Lemah dan butuh adalah sifat kita, dan itu tak akan pernah berakhir. Kebutuhan dan permohonan kita kepada Allah agar memenuhinya adalah kunci untuk mengingat-Nya, dan akhirnya tidaklah penting lagi apakah Allah mengabulkannya atau tidak. Yang penting adalah kita sudah berdoa dan berusaha.

sumber : my own
 
Do'a berasal dari bahasa arab yang artinya menyeru atau menjerit. dan menjarit lazimnya dilakukan orang ketika kesakitan, terdesak, terhimpit kesulitan. Begitupun do'a, lazimnya do'a dilakukan apabila kita sudah berusaha maksimal, kepepet, terdesak baru menjerit, menyeru pada Tuhan.

Kalau ada orang yang dikit-dikit menjerit, padahal tidak terkena suatu apa yang menyakitkan, atau menghimpit itu namanya genit, kecentilan. kita biasanya tidak suka dengan orang seperti ini. Tuhanpun pasti tidak suka pada orang yang dikit-dikit berdo'a, padahal masih belum berusaha.

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. Qs. 2:214
 
doa ngga penting???

doa itu jelas penting klo kita ngga ber do'a gmana nasib kita??

klo do'a ngga di kabulin pasti do'a itu bakalan di ganti dengan yang lain>..

misal loe berdo'a pengen bikin komputer ngga pake listrik (misal)
tapi ngga di kabulin, pasti do'a nya di ganti sama yang laen,
misal diganti sama pertolongan ..... selamat dari bahaya..
gitu
 
Thanks kang subhanluffy, sebenarnya esensi dari tulisan saya diatas adalah bukan meremehkan doa. Maaf tntang judulnya.

Seperti pada awal kalimat,
"Doa tidaklah penting yang penting adalah berdoa."
Maksudnya adalah supaya doa seiring dg ikhtiar.

*ambil mutiara dari cangkangnya*
 
Thanks kang subhanluffy, sebenarnya esensi dari tulisan saya diatas adalah bukan meremehkan doa. Maaf tntang judulnya.

Seperti pada awal kalimat,
"Doa tidaklah penting yang penting adalah berdoa."
Maksudnya adalah supaya doa seiring dg ikhtiar.

ohhh....gw juga kaga baca tulisan loe...





NB : jangan panggil gw "KANG" gw masih MTs tau
 
sepakat...
apalah artinya doa kalau tidak ada pelakunya (orang yang berdoa)

Seperti halnya ilmu, tidak akan bisa berguna apabila tidak ada orang yang mengamalkannya
 
Back
Top