Alquran/Tasbih tidak boleh dilangkahi, Mitos atau Beneran?

aderai

New member
Waktu kecil aku beberapa kali dbilangin kalau tidak boleh melangkahi Alquran,apa ini beneran atau cuma mitos,mohon pencerahannya ustad sekalian
 
BENERAN,DAH ADA KOK yg kena azab gara2 gituin.

Jangan coba2 kalo mw selamat....
Wong kata2 ALLAH kok dilangkahin,cari mati tuh,=_=
 
beneran.. gak boleh dilangkahin..tapi bukan berarti fisik alqur'annya yang nggak boleh dilangkahin.

jangan ikuti pandangan orang yang mereduksi nilai dari alqur'an menjadi hanya sekedar buku bertuliskan ayat ayat yang diyakini merupakan kalam Allah.
Alqur'an adalah pegangan tertinggi. dasar bagi seluruh umat manusia untuk menentukan langkahnya.
tapi sekarang maknanya mengalami pendangkalan yang sangat parah.
berapa banyak orang yang mengutamakan untuk membaca Al'quran saat ini. tapi yang dilakukannya hanyalah melagukan ayat ayat Al'Qur'an belaka.
sampai pertanyaan aderai saja sudah menggambarkan betapa rendahnya derajat Al Qur'an saat ini, yang hanya dipandang sebagai sebuah buku. padahal bukan seperti itu yang dimaksud dengan Al Qur'an.
ingat.. bukan fisiknya yang berupa buku yang harus kita perhatikan, hormati..tapi ajaran didalamnya. perintah didalamnya, anjuran dan ajakan didalamnya yang tidak boleh dilangkahi.. kalo bukunya.. langkahi aja.. nggak ngaruh. jangan jadiin jimat, yang kalo mau nyentuh aja harus wudhu dulu..
 
Maaf bang popoi, menurut habib saya, adab dlm membaca al-Quran memang harus wudhu terlebih dahulu dan dibaca seindah mungkin. Banyak ayat dan hadits yg menyatakan hal itu. Ini bukanlah pendistorsian nilai al-Quran namun penghargaan dan kepatuhan kita thd kitabullah. Saya yakin umat lain pun melakukannya thd kitabnya masing2 dg caranya sendiri2.

Bagi anda mungkin biasa melangkahi atau bahkan menginjak2 al-Quran sekalipun, tp disini kita belajar bersama2. Saya paham bagaimana jalan pikiran anda tentang makna yg terkandung, saya sangat setuju, namun itu adl masalah personal dg tingkat pemahaman yg berbeda2 yg bhkan anda sndiri tdk berhak menjustifikasi. Sykrn..
 
adab membaca alqur'an disunahkan berwudlu terlebih dahulu.

dan Alquran memang tidak boleh dijadikan jimat. tapi harus dibaca (dibaca= dipahami dan diamalkan isinya)
 
Sedikit saya ingin bertanya kepada mas popoi, apakah ketika anda menghormati seseorang dan anda sangat menyanjungnya dan menjadikan orang itu sebagai imam yang anda meyakininya apa anda tega menghina atau merendahkannya?

Alqur'an adalah tuntunan dan imam bagi umat muslim, dan alqur'an adalah kitab suci dan sumber kebaikan dan sangat dianjurkan ketika kita akan melakukan suatu kebaikan awalilah dengan sebuah kebaikan, dan juga gak ada salahnya Alqur'an dijadikan jimat bagi kita umat muslim jimat untuk keselamatan dan kebahagian dunia akhirat. Menginjak-nginjak alqur'an spt yang anda kemukakan sama saja menghina yang mpu Nya Alqur'an. Jadi hati-hati ketika beropini maslah agama apalagi mempelajarinya hanya dengan logika. Inget loh adab dan tata cara kita memperlakukan Mushaf itu ada, jadi gak sembarangan.
 
he..he.. sorry berat nih brother semua, bro nizhami, bro kazuhirou, bro gupy, and bro ak4037. thanks a lot for the kind reply..
kan gue udah bilang diatas.. jangan direduksi nilai dari Al qur'an nya menjadi hanya buku..
Al qur'an tuh mulia banget.. kalo kita ngerti kemuliaan Al qur'an, bener bener menghayatinya, dan bener bener memuliakannya.. nggak perlu kita jadiin jimat segala.. pasti kita sayang sama Al Qur'an.. iya kan.. kalo kita sayang sama Al Qur'an, apa mungkin Al qur'an bisa ada di tempat yang bisa kita langkahi..? kayaknya nggak mungkin ya....
dan jangan lupa.. Al Qur'an belum tentu berbentuk buku... bisa terlukis di lukisan.. bisa tertera di sajadah.. apa anda semua akan berwudhu dulu ketika akan menyentuh benda benda tersebut..??
sekali lagi saya katakan Jangan di reduksi Nilai Al Qur'an menjadi hanya nilai benda benda tersebut.. Al Qur'annya yang tinggi.. bukan buku yang bertuliskan ayat ayat wahyu tersebut..
pernah liat kaset, yang isinya full Al qur'an sebanyak 30 juzz..?
apa anda akan berwudhu dulu sebelum memutar kaset tersebut..??
jawab dengan sejujur hati anda....
brother nizhami.. saya setuju sekali dengan habib anda.. memang mungkin adab membaca Al Qur'an adalah seperti yang disebutkan diatas.. tapi yang menyedihkan hati kita semua adalah kita hanya berhenti disitu.. hanya mengambil wudhu, kemudian melagukan ayat ayat Al Qur'an se indah indahnya.. padahal Al Qur'an tidak diturunkan sebagai alat berkesenian..
tapi sebagai tuntunan.. harusnya kita mempelajarinya.. menerapkannya dalam seluruh sendi kehidupan kita.. dan tidak HANYA.. sekali lagi..HANYA kita lagukan...
dan buat brother ak4037.. seperti sudah saya bilang di post saya yang diatas..jangan dijadikan jimat, kenapa..? karena kalo kita udah bener bener mengikuti, menjalankan, dan menghormati al Qur'an, maka pribadi dan akhlak kita sudah akan terjaga dengan sendirinya.. nggak perlu jimat lagi.. bahkan rindu untuk segera meninggalkan dunia yang dijelaskan seperti berjalan di atas padang yang penuh dengan duri.. kalaupun kita sampai terbunuh pada saat membela ajaran di dalam Al qur'an, kita akan menjadi syuhada.. kenapa harus jimat jimatan lagi..?
dan untuk brother semua.. kalo masih ragu..perhatikan dengan baik bahwa, jika kita sudah menjalankan semua yang diajarkan di dalam Al Qur'an dengan benar, Insya Allah, kita adalah mukmin yang sesungguhnya.. dan mukmin yang sesungguhnya Insya Allah selalu dalam keadaan wudhu... jadi.. mungkin bebas bebas aja nyentuh Al Qur'an tanpa wudhu lagi...
insya Allah..ini yang saya mengerti sebatas kemampuan saya yang sangat rendah.. saya tidak bermaksud mempengaruhi siapapun. hanya sekedar menjalankan apa yang diperintahkan di dalam Al Qur'an, yaitu sampaikan.. walaupun hanya 1 ayat.. insya Allah ini juga termasuk dalam dakwah....
 
HArfiahnya pun juga sebaiknya jangan, kalo orang tau kita sebagai umat islam sendiri seenaknya ma kitab suci kita sendiri, gimana umat yang non muslim??hakikatnya apalagi, jangan sampe deh. Isi al quran udah final, ga bisa ditawar lagi..
============================================================
Windows server, application hosting, ASP.NET, coldfusion hosting, murah, dengan berbagai paket layanan yang mendukung bisnis anda, hubungi (021) 54350335 atau email ke sales@virtualindo.com, atau add ym ke virtual.indonesia, atau link ke www.virtualindo.com
 
Back
Top