Pernahkah Anda Munafik?

Megha

New member

Menurut Wikipedia, Kemunafikan (Hypocrisy) adalah perilaku mengakui/menganggap memiliki keyakinan, perasaan, moral atau nilai-nilai yang sebenarnya tidak dimiliki atau dipraktekkan. Menurut kamus Webster, Hypocrite adalah seseorang yang mengaku memiliki nilai-nilai, moral atau keyakinan, tetapi sebenarnya tidak punya dan tindakannya bertolak belakang dengan apa yang dinyatakan di publik dalam kehidupan prbadi, opini dan pernyataannya. Jadi ada perbedaan antara teori dan prakteknya. Membenarkan tindakan/perilaku seseorang sementara menyalahkan orang lain yang memiliki hak dan kedudukan yang sama juga termasuk dalam definisi Kemunafikan, namun ada istilah lain yang cocok untuk hal ini yaitu Standar Ganda (double standard).

Banyak sekali contoh tindakan munafik dalam kehidupan kita sehari-hari. Paling banyak adalah bentuk kemunafikan yang standar ganda. Contoh perbedaan antara munafik dan turunannya yaitu standar ganda kira-kira gini: Seorang pemuka di masyarakat, yang sering berkhotbah tentang moral, ngomong keadilan (minjem syair "Bento" nih), tapi korupsi atau jadi pembalak liar misalnya, dan berperilaku kayak nggak ada-apa dari mimik wajahnya, adalah munafik sejati. Sulitnya jika hasil korupsinya itu diamalkan untuk fakir miskin layaknya Robin Hood. Apapun embel-embel penilaiannya, ini sudah termasuk standar ganda.

Diperbolehkannya lelaki untuk memiliki banyak istri sedangkan wanita tidak boleh punya banyak suami juga termasuk standar ganda. Counter argumen hal ini adalah bila persamaan derajat gender itu murni 100% dilakukan, tentu poligami dan poliandri duduk sejajar yang artinya kalau poligami boleh, poliandri juga harus boleh, dan begitu juga sebaliknya. Adakalanya wanita "boleh" menampar pria yang kurang ajar terhadapnya sementara pria jika mendapat perlakuan yang sama tidak pernah menampar wanita yang genit terhadapnya, pun termasuk standar ganda mengingat prinsip diatas dengan segenap penjelasan feminismenya.

Seorang lelaki yang memiliki banyak pacar akan mendapat cap "Playboy", tapi jika hal yang sama terjadi pada perempuan jenis kata-kata predikat negatif lebih banyak dikenakan seperti "perek", atau "kegatelan" atau yang paling anyar "jablay", daripada dicap "Playgirl" misalnya. Ini termasuk standar ganda.

Profesi politikus dan pengacara adalah profesi yang menuntut kemunafikan dan kepintaran memilih kata-kata untuk menyatakan pendapatnya. Disatu saat mereka harus bilang A disaat lain harus bisa bilang B demi tujuan masing-masing walaupun tahu mana yang benar-baik.

Yang paling sulit jika kemunafikan dilakukan secara beramai-ramai. Kelompok Dodol Duren misalnya bilang kalo dodol Duren itu yang paling enak, kelompok Dodol Garut bilang dodol Garut yang paling enak. Dua-duanya punya argumen bahkan ayat-ayat dari primbon Perdodolan untuk mendukung pendapatnya. Ini adalah hal sulit mengingat banyak orang yang berpendapat bahwa makin banyak orang berpendapat sama maka semakin mendekati kebenaran. Bagi mereka yang sadar akan kontradiksi ini akibat proses pembodohan massal yang sedang terjadi, tentu cuma bisa nyengir-nyengir dan apabila diam saja, maka dapat disebut munafik karena mengetahui kebenaran tapi mengabaikan nilai kejujuran dan membiarkan hal itu terus berlangsung.

Munafikisme Setiap orang (termasuk saya :p) pasti pernah bertindak munafik. Mungkin sama banyaknya dengan berbohong. Antara bohong dengan munafik apa bedanya? Munafik lebih banyak menyoroti tindakan daripada perkataan.




Tipe-Tipe Munafik

Menurut www.hardcoretruth.com, ada 4 Tipe kemunafikan:
1. Munafik Jujur Keluar : Tindakan bertolak belakang dengan pendapat/pernyataannya. Walaupun, apa yang dilakukan itu konsisten dengan pendapatnya, ini tetap menjadikan mereka munafik karena tidak benar-benar diyakini. Mereka memiliki keyakinan kuat akan pendapat mereka sendiri namun tidak selalu mengikutinya.

2. Munafik Tidak Jujur Keluar : Tindakan bertolak belakang dengan pendapat/pernyataannya yang tidak konsisten dengan apa yang diyakini. Mereka sering lemah dalam apa yang diyakini dan memungkinkan mereka menjadi jujur buat diri sendiri dalam hatinya.

3. Munafik Jujur Kedalam : Tindakan bertolak belakang dengan pendapat/pernyataannya. Keyakinan mereka konstan walaupun tindakannya berbeda. Mereka jujur pada diri sendiri dan berusaha untuk menyesuaikan keyakinannya dengan keinginan pribadi, tindakan atau kekurangan mereka.

4. Munafik Tidak Jujur Kedalam : Tindakan sejalan dengan yang dinyatakan, walaupun tidak diyakininya. Mereka sering berperilaku "menjilat" dengan keyakinan diri rendah.

Contoh jeleknya mungkin, misalnya seorang Perokok. Dia sudah tahu efek buruk dari merokok dan menyetujui bahkan menyuruh orang berhenti merokok, tetapi masih merokok hal ini sudah menjadikannya munafik. Jika ia tidak yakin dengan larangan pemerintah yang tertera dan berpendapat "aah gak apa-apa, makan permenpun bisa bikin kanker" misalnya, tapi kadang-kadang ragu juga hal ini termasuk tipe yang pertama. Yang tipe kedua mungkin lebih "lembek" dan berpendapat "ada benarnya saya berhenti". Yang tipe ketiga boleh jadi setuju/tidak dengan efek buruk merokok, dan berusaha mengurangi misalnya, yang tipe keempat menyakini efek buruk merokok tapi tetap merokok untuk menyenangkan temannya misalnya. Untuk persoalan lain tinggal ganti variabel "rokok" berserta alasannya dengan masalah lain.

Apapun tipe-tipe munafik dari terjemahannya yang kacau diatas ada satu hal yang perlu digarisbawahi : Adalah baik untuk tidak menjadi munafik dan harus berusaha mencapainya sebaik mungkin, tapi jika iya, saya lebih baik menjadi munafik yang jujur, daripada berbohong mengenai ketidaksempurnaan diri saya.

Sumber
 
Last edited:
ha..ha... artikel nya menarik..saya salah satu orang yang hypocrite tergantung keadaan...

pernah saya merasa takut kehilangan pasangan (pacar) tetapi karena terlalu jujur malah jadi kacau...:))
 
klo aq sering munafik ga taw deh jenisnya apa
klo sebel ama orang ga pernah bilang2(dulu sih gitu). truz tetep baik di depan orangnya.
tapi akhir2 ini klo ga suka ama orang tetep gw perlihatkan padahal itu merusak hubungan. emang ga bisa kontrol diri sih. seenaknya menunjukkan perasaan ke orang.

kadang2 gw pikir munafik itu perlu untuk menghindari konflik.
gw ini orang yg ga suka konflik. soalnya klo udah sekali sebel banget ama orang, susah hilangnya.
 
>>>>kadang2 gw pikir munafik itu perlu untuk menghindari konflik.
gw ini orang yg ga suka konflik. soalnya klo udah sekali sebel banget ama orang, susah hilangnya.

hal seperti itu ga termasuk munafik kok tapi mungkin tepatnya kamu BIJAKSANA dalam bersikap
 
Bls: Pernahkah Anda Munafik?

Yup gw pernah munafik waktu diajakin ML (Making Love) ma pacar gw.. hehehe.. munafik yang menyelamatkan keperjakaan gw..
 
Bls: Pernahkah Anda Munafik?

Pernah,tapi semoga aja skrg udah enggak.
Munafik kan identik dgn membohongi diri sendiri & org lain(bener gak,ya...?).
Kalau terus menerus dilakukan bisa membentuk karakter kita jadi jelek dan gak dipercaya org lain.
 
Bls: Pernahkah Anda Munafik?

Yup gw pernah munafik waktu diajakin ML (Making Love) ma pacar gw.. hehehe.. munafik yang menyelamatkan keperjakaan gw..
ah, masak diajakin? yakin bukan kanda yang ngajakin? Bukan kanda yang drudak sruduk? :)):)) lah trus alasan ga maunya gimana tuh?

kalau aku munafik pernah pastinya, yah, diriku ga sempurna, pastinya tempat salah dan dosa.
 
Bls: Pernahkah Anda Munafik?

Munafik pasti pernah, terutama soal selingkuh berselingkuh hehe :p Terkadang kemunafikan memberikan efek nyaman ttapi nggak berlangsung lama. Abis susah sih, kalau jujur malah mencelakakan diri :))
 
Bls: Pernahkah Anda Munafik?

saya tipe orang yang akan mengatakan apa yang ada didalam pikiran saya langsung.....biarpun itu salah ataupun bakalan menyakiti orang... yang penting bagi saya, tidak ada yang ditutup tutupi....

tapi tak bisa dipungkiri munafik itu pun pernah.....dan biasanya disaat saat emergency..
 
Bls: Pernahkah Anda Munafik?

Ternyata sampai saat ini pun aq msh munafik dalam beberapa hal. :(
 
Back
Top