Mulai 1 Januari, Sekolah Masuk Pukul 06.30

chickenfighter

New member
Jam masuk sekolah di Jakarta akan dimajukan 30 menit menjadi pukul 06.30 dari selama ini pukul 07.00 mulai 1 Januari 2009. Perubahan jam masuk itu untuk mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas antara 6 persen dan maksimal 14 persen. Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menyampaikan di Balaikota.

Pada hari Jumat (21/11) seusai mengadakan rapat pimpinan dengan sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemprov DKI.

Namun, hasil rapat tersebut masih akan dilaporkan ke Gubernur DKI Fauzi Bowo yang saat ini sedang berada di luar negeri. "Kalau nanti gubernur menyatakan ya (setuju), perubahan ini akan berlaku mulai 1 Januari 2009," kata Prijanto.

Sementara itu, jam masuk kantor pegawai negeri sipil tidak mengalami perubahan, yaitu pukul 07.30, sedangkan untuk kantor-kantor swasta, pemprov hanya akan menyampaikan imbauan tentang jam buka yang akan berbeda-beda di setiap wilayah.

Untuk kantor swasta di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat diimbau agar mulai beroperasi pukul 07.30. Jakarta Barat dan Jakarta Timur mulai beroperasi pukul 08.00, dan Jakarta Selatan pada pukul 09.00.

Perbedaan jam buka untuk kantor-kantor swasta itu, kata Prijanto berdasarkan fakta bahwa sebaran kantor-kantor swasta di Jakarta tidak merata. "Kantor swasta paling banyak adanya di Jakarta Selatan. Di Jakarta Pusat tidak terlalu banyak. Jadi, kalau jam bukanya bersamaan dengan kantor pemerintah tidak ada masalah," katanya.

Pemprov mengusulkan, skenario perubahan jam sekolah dan jam masuk kantor ini, kata Prijanto, setelah mendapat hasil survei dari PT Pamintori Cipta, lembaga yang memang disewa oleh pemprov.

Berdasar hasil surveynya, pada tahun 2008 ini di Jakarta setiap hari terjadi 20,7 juta perjalanan. Dari angka itu, 3 persen perjalanan menggunakan kereta, 57 persen menggunakan kendaraan bermotor, 40 persen adalah perjalanan nonmotorized.

Sementara itu, dari sisi tujuan, perjalanan ke tempat kerja sebanyak 5,6 juta perjalanan (32 persen), ke sekolah 5,3 juta (30 persen), berbelanja 2,1 juta (12 persen), tujuan bisnis 1,4 juta (8 persen), serta lain-lain 3,1 juta (18 persen).

Data dari Pamintori juga mengungkapkan, perjalanan dengan kendaraan ke tempat kerja tercatat sebanyak 48 persen, ke sekolah 14 persen, tempat belanja 12 persen, bisnis 8 persen, lain-lain 18 persen.

Angka jumlah perjalanan dari hasil survey ini berbeda dengan angka yang dikeluarkan Polda Metro Jaya. Berdasar data Polda Metro Jaya, total perjalanan per hari warga Jakarta hanya 17,1 juta perjalanan.(kompas)
 
nggak kepagian tuh boss? anak saya sendiri pelajaran sekolah mulai jam 8 pulang jam 5 sore, termasuk makan siang dan ekstra kurikuler.. kecuali Jumat sampai jam 3 sore
 
lagian pembagian waktu Jakarta (pulau jawa) sudahs emetinya berubah di tambah satu jam sama dengan WITA, karena posisi matahari
 
ah gw dah biasa masuk jam 6.30
waktu smp g w pergi k skull jam 6 pagi solany masuk jam 6.45
apa lagi qlo ad upacara jam 6.30 pas
 
sekolah jam 1/2 7 pagi mah udah dari dulu ada dikota gw, gak nyangka skarang malah jadi aturan pemerintah. salut dah biar murid" sekolahan pada gak males"an bergibernasi diatas kasur kelamaan :D
 
mmm........ sekolah qu masuknya jam setengan 8,,,,,,

walaupun jam segtu,

aqu tetep bgn jam setengan 5!

bwt solat Subuh dan nyiapin sarapan :D

anak rajin niiih
 
hmm...kalo gw sih sebenernya sih bukan masalah dengan anak skulnya.
masuk semakin pagi semakin bagus...karena otak masih fresh.

permasalahannya adalah pemkot jakarta ga bisa mengatasi kemacetan di jakarta, dan anak skul yang dijadikan tumbal. dan ini yang gw ga suka.

ibaratnya : cari jarum ditumpukan jerami ga ketemu-ketemu, jeraminya dibakar...
 
kak chiken w mw nanya itu khusus di jakarta atau di bogor juga kena ?

soalnya di sklhku paling lambat msk jam 07.00
 
emmmm bogor itu jakarta bukan ? trus gubernurnya pakde Fauzi bukan? klo bukan ya bisa aja...........mungkin akan dicontoh daerah sekitar
 
peraturan di Indonesia terutama di jakarta makin aneh-aneh saja... cermin ketidak mampuan pemimpin, yang menjadi korban malah anak-anak usai sekolah! yang perlu di benahi itu sarana dan prasarana transportasi serta tata pengaturan transportasi..
 
mana gua tau...


klo msk jem stengah 7 berarti gua berangkat dari rumah jem 5 dong ??

tidaaaaaaaaak..
 
tapi gue biasa aja sichmo masuk jam setengah tujuh juga
orang rumah gue sama sekolah jarkanya cuma 10 meter jadi nggk akan telat
 
Last edited:
Back
Top