Kerajaan Pajajaran

langit_byru

New member
Kerajaan Pajajaran atau yang sering disebut dalam naskah Nusantara Negeri Sunda terletak di Bogor, Jawa Barat. Beberapa catatan menyebutkan bahya kerajaan ini didirikan tahun 923 oleh Sri Jayabhupati seperti yang disebutkan dalam prasasti Sanghyang Tapak. Kerajaan Pajajaran adalah sebuah kerajaan Hindu.

Urutan raja-rajanya berbeda-beda antara Babad Pajajaran, Carita Parahiangan, dan juga Carita Warunggu Guru. Runtuh tahun 1579 akibat serangan kesultanan Banten. Peninggalan Kerajaan Pajajaran :

1. Prasasti Batu Tulis, Bogor
2. Prasasti Sanghyang Tapak, Sukabumi
3. Prasasti Kawali, Ciamis
4. Tugu Perjanjian Portugis, Jakarta

Untuk menelusuri keberadaan kerajaan ini dapat kita awali dari catatan-catatan sejarah mengenai ibukota kerajaan Pajajaran yakni Pakuan, Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh yang dilanjutkan pada era Kawali dan Pajajaran. Catatan sejarah Nusantara pada pasa lalu menyebutkan Kerajaan ini dengan Sunda atau Negri Sunda. Dengan demikian, membicarakan sejarah Kerajaan Pajajaran atau Kerajaan Sunda tidak terlepas dari Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sunda dan Galuh, Kawali dan Pajajaran.
 
Back
Top