Zakat

Kan ada tuh yang 2,5 persen dari harta kita. Kalau selama ini 2,5 persen dari gaji kita dikasih kepada panti asuhan gimana? Udah benar belum? Atau semisal nie kita sedang dalam perjalanan, melihat kakek2 tua renta dengan barang dagangan yang berat di pikulnya berjalan jauh untuk mencari nafkah. Nah kalau kita memberikan kepada kakek itu, udah benar apa belum yah pnyalurannya?

Jazakillah...
 
2,5 persen itu namanya zakat maal yg dihitung kumulatif selama setahun dg nisab (batas minimal harta masuk wajib zakat) 85 gram dan perak 595 gram berlaku kelipatan, dg asumsi penghasilan kita dlm setahun sudah senilai dg nisab tsb maka sdh masuk wajib zakat, kalau kurang dari nisab berarti kita ber-shadaqah.
Mengenai penyalurannya itu terserah kita yg pnting kita ikhlas dan percaya peruntukannya akan digunakan sebaik2nya, klo bisa sih usahakan dikasihkan ke sanak saudara terdekat atau tetangga dahulu yg memang sangat membutuhkan. Bisa juga disalurkan melalui organisasi/yayasan tapi tinggal kita percaya kpd mereka apa tidak.

Jadi inget kata seorang ulama yg saya kagumi, "Kalau kita mau jujur pada diri kita sendiri, kapankah kita merasa bahagia? Jawabnya adalah disaat kita memberikan sesuatu yang berharga dari diri kita kpd orang lain yang sangat membutuhkan."

Wah indahnya berbagi..
 
Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 60 menyebutkan ada delapan golongan yang berhak menerima zakat. Mereka adalah fakir, miskin, amil, muallaf, riqab, gharim, sabilillah, dan ibnu sabil.



انما الصدقات للفقراء و المساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفى الرقاب والغارمين وفى سبيل الله و ابن السبيل, فريضة من الله والله عليم ?*كيم.



“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para amil zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.


Dari: http://bazkabmalang.org/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=23
 
Back
Top