bahasa tegal

aliv_tegal

New member
bahasa tegal...pada inti nya sama dengan bahasa jawa...tapi bahasa jawa ngoko(kasar)....mau tau tentang bahasa tegal....???
 
Kalau dulu pas aku sama temen2 kos ngumpul nonton TV bareng, kebanyakan kan orang jawa, tapi ada juga sih yang dari luar pulau jawa, trus ada satu tuh temen cewek yang dari tegal, ga bisa bahasa halus, tiba2 nyeletuk, "cutangmu ojo ngene to...." dan temen aku yang digituin geserin kakinya perlahan lahan walau dengan wajah yang agak syok , maklum dia orang jawa, terbisa bahasa halus dan umur jauh lebih tua dari dia, di cutang2in :D.... . Tapi dia maklum juga kok kalau temenku itu emang ga bisa bahasa halus, jadi ga marah. :)) lucu kalau keinget wajah syoknya....

lah emang kepriwek ben abdi saged bahasa tegal cak?
 
Bls: bahasa tegal

Halo Tegal...Kepriben kie ganing laka kabare...?aliv aliv koen nang endi ganing ka laka suarane .lagi molor apa ya...tangi...tangi...kie ana Denok
 
Bls: bahasa tegal

Bahasa Tegal dan Banyumas itu sama. Dasarnya adalah bahasa jawa dengan logat dan pengucapan vokal yang agak beda. Bahasa Tegal dan Banyumas tidak hanya mengenal bahasa kasar (ngoko), tapi juga mengenal bahasa halus (kromo), bahkan yang lebih halus (kromo inggil). Contohnya begini:

Ngoko:
Inyong mangan disit, bar mangan nembe turu, ora teyeng turu ya ora papa. Ben, kon turu disit.

Kromo:
Kula neda riyin, bar neda nembe tilem, boten saged tilem nggih boten napa-napa. Kersane, sampeyan tilem riyin.

Kromo Inggil:
Kawula neda rumiyin, sa'sampunipun neda nembe tilem, boten sageta tilem inggih boten kenapanapa. Kersanipun, panjenengan sareh rumiyin.

Sepintas bahasa halus (kromo dan kromo inggil) bahasa Tegal/Banyumas tidak berbeda dengan bahasa halus jawa pada umumnya. Dalam penulisan memang sama saja. Berbedanya adalah pada logat, dan pengucapan vokal "a" tetap berbunyi "a". Sedangkan di bahasa jawa selain Tegal/Banyumas vokal "a" biasa diucap agak "o".

Pengguna bahasa jawa Tegal dan Banyumasan ini adalah etnis jawa yang tinggal mulai dari sekitar Cirebon di barat hingga Pekalongan di timur, ke selatan meliputi karesidenan banyumas, hingga Wonosobo di sebelah timur.
 
Bls: bahasa tegal

kaya kue basa tegal aka ngapak² yah,
klo saia sndiri denger org bicara basa tegal terdengar unik mungkin karna logatnya kali yah heee.
1 lgi da kata, tak timplik aja ngepir..maksudnya paan yah?
newbie bru blajar basa banyumasan biar bsa ikut nimbrung
 
Back
Top