Cara Termudah Install Windows ke Netbook

Megha

New member
Setelah kapan hari memposting tentang cara menginstall windows ke netbook anda, ternyata masih banyak yang mengalami kegagalan selama proses ini. Entah itu minta password, gak tahu prosedurnya, dan problem lainnya.
Nah, kali ini saya akan membagikan tips termudah untuk menginstall OS pada netbook. Bukan dengan flashdisk, tapi dengan CD/DVD.

Oke, ada dua benda yang harus anda siapkan. Pertama: sebuah drive CD atau DVD (kalau tidak punya saya sarankan untuk pinjam ke teman saja). Kedua: kabel dengan slot IDE to USB.

Seperti apakah slot IDE to USB itu?? bisa dilihat pada gambar dibawah ini.




Caranya sangat mudah:

1. Beli kabel IDE to USB. Saya beli di THR (high tech mall) surabaya dengan harga hanya 70 ribu. Dalam pembelian ini anda akan mendapatkan sebuat kabel dengan dua ujung, ujung pertama adalah USB dan ujung kedua adalah IDE. Anda juga akan mendapatkan sebuah adaptor untuk power suply.

2. Pasang bagian slot IDE ke drive CD/DVD anda (drive untuk PC, bukan untuk laptop). Dan pasang pula adaptop ke drive ini.

3. Hubungkan power supply dengan jala-jala listrik (colokan PLN itu loh bos..) dan slot USB ke netbook anda.

4. Buka drive CD atau DVD itu tadi dengan memencet tombolnya (halah gak penting). masukkan CD atau DVD installer OS yang anda inginkan.

5. Nyalakan netbook anda, atur agar dia boot ke CD (biasanya secara default setting ini tidak diperlukan, tapi ada juga yang harus menyeting arah boot terlebih dahulu)

6. Install OS..

7. Tunggu sampai selesai sambil tiduran atau apa gitu kek ;)

Nah,, gimana triknya?? yang ini jauh lebih mudah dari pada harus pakai flashdisk kan?? kalau gak punya kabel USB to IDE tadi gimana?? yang beli donk.. atau pinjem ke teman. Shirogadget



Semoga bermanfaat. Yang udah master jangan protes.. ini tips buat newbie kayak saya..
 
Bls: Cara Termudah Install Windows ke Netbook

bagus juga ni artikelnya na ini yang kumau tapikan sudah ada cd/dvd/rw yang portable/external .oya mba saya mau nanya nih mana yang bagus(awet/tahan lama(yg sering dipakia)) kalau kita pakai yang mba bilang atau pakai cd...portable?
 
Last edited:
Bls: Cara Termudah Install Windows ke Netbook

thanx berats neh! ngbantu bgt artklny [<:), but gw dah nyoba hbs install sls ko ga bs boot'n lsg k windows ya d situ ada dua opsi:
1. windows xp home edition (os yg gw install)
2. usb repair not to start windows xp
so klo mo msk windows musti tkn enter dl, knp ya??? n gmn crny spy bs lsg boot,n k windows??? mhn jwbny...maklum newbie
 
Back
Top