Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Status
Not open for further replies.
dok dok
saya mau tanya bentar dok
dok aq punya adek, dia pernah jatuh dr motor trus patah tulang gitu, nah yang paling parah ntu, tulang mata kakinya pecah...
trus di operasi, udah sembuh sih sekarang, dulu ga ada apapa, tp sekarang sering dia ngeluh kakinya ngilu ampek sakit buat jalan, ntu kenapa ya dok ?
apa perlu di periksakan. ?
oh ya ngilunya pas malem aja, kalo siang normal ga ada apa apa
 


Berdasarkan sumber dan ilmu yang ku pelajari, kemungkinan adeknya kena PERONEAL NEUROPATHY.

Neuropati sendiri adalah suatu keadaan yang berhubungan dengan gangguan fungsi dan struktur dari saraf tepi. Etiologi dari neuropati abtara lain: trauma, radang gangguan metabolik, kelainan struktur sekitar saraf dan lain-lain sebab.

Banyak saraf tepi yang mudah terkena cedera mekanikal karena panjangnya saraf tersebut dan perjalanannya yang berada di superfisial. Oleh karena itu kompresi neuropati khas ditandai oleh terkenanya 1 saraf tepi pada tempat dimana secara anatomi paling mudah terkena tekanan. Dengan demikian tingkat kerusakan ditentukan oleh berbagai faktor, tetapi yang paling penting adalah besar dan lamanya tenaga cedera dan komposisi serta hubungan anatomi dari bagian saraf.

Lokalisasi lesi sebagian besar ditemukan pada collum fibula tempat saraf tersebut bercabang menjadi N.Peroneal superficial dan profunda. Pada daerah initampaknya saraf tersebut paling mudah mengalami kompresi atau stretching.

beberapa pekerjaan yang memerlukan berjongkok atau bersujud, seperti bertani, penambang akan meningkatkan tekanan pada saraf terhadap collum fibula.

terapi : konservatif (minum obat pengurang rasa sakit), kompres dingin, istirahat. ada baiknya jika dikonsulkan ulang ke orthopaedi.

semoga membantu
 
orthopaedi itu apa ya dok
ahli saraf ya dok ?

gini dok kalo di kompres dingin apa ga tambah sakit dok, soale biasanya sama ibu aku disuruh masukin ke air anget, di ember gitu.

soale mikirnya, karena kambuhnya malem, ada kemungkinan karena dingin gitu, apa memang di paksa aja dikasih air dingin aja dok ?
 
Jika terjadi trauma akut (awal/baru terjadi) akan menyebabkan radang pada daerah yang terkena. pemilihan terapi pada awal trauma akut sebaiknya menggunakan "TERAPI DINGIN", sehingga diharapkan akan mencegah pembengkakan, mengurangi rasa sakit, mencegah kaku otot.
Adapun prinsip yang dilakukan adalah "RICE:
1). R : Rest (Istirahat)
2). I : Icing (Pemberian Es)
3). C : Compression (Kompres)
4). E : Elevation (membentuk sudut saat istirahat), elevation bisa juga diartikan menaikan anggota tubuh yang cidera agar dapat membantu pengembalian darah ke jantung. selama masa pemulihan, dalam keadaan istirahat kaki dinaikkan lebih tinggi dari pada posisi badan.
Teknik pemberian bisa dengan pemijatan, umumnya cukup 5 menit. lalu dilakukan kompres es selama 20 menit terbatas pada tempatnya. kedua hal tersebut bisa dilakukan 3 x sehari.

Kalau traumanya sudah lama tidak apa - apa menggunakan terapi panas, yaitu rendam air hangat selama 20 - 30 menit, 2 - 3 x/hari.

----------------------------------------

benar yang sudah di bilang mbak miz, orthopaedi = spesialis Bedah Tulang.
 
dok, kalo tinggi & postur seseorang itu apakah pengaruh dari keturunan, ato dari makanan yang dimakan.. ato semuanya..??

apakah bisa, seseorang yang pendek, dengan mengkonsumsi obat2 yang bisa mempertinggi badan dapat merubah tubuhnya yang awalnya kurang tinggi menjadi lebih tinggi..?
apakah ada cara yang alami..??
apakah usia mempengaruhi...?? misal gw, umur 20 tahun.. tinggi 165, apa bisa dipertinggi lagi..? gw kan udah ga masa pertumbuhan lagi..

thx dok.. tagihannya dikirim ke rumahnya ayam aja..
 
Zzzz... masa pendek sih 165.. gw udah jarang renang.. dulu waktu sma kelas 1 sering.. tapi skrg jarang.. males...

sering sh di ajakin bebek, tapi gw males.. kayak waktu tu, gw bukannya berenang malah ngajarin dia berenang.. cape deh..

mang tinggi lo brp yam..?
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top