Waspadai Kosmetika kadaluwarsa

bla_bla_bla

New member
Ya, seperti makanan kosmetika pun memiliki batas waktunya. Sebab itu, jangan pernah mengabaikan tanggal kadaluwarsa yang tercantum dalam kemasan kosmetika. Jika produk kosmetika yang Anda beli tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, Anda dapat memperkirakan tanggal kadaluwarsa berdasarkan jenis kosmetiknya.

Umumnya usia lipstik, maskara, bedak, foundation, pelembab, perona mata bertahan hingga 6 sampai satu tahun, sebabnya jenis kosmetika semacam ini biasa digunakan sehari-hari. Dengan demikian, menyimpan kosmetika dalam waktu yang lama bukanlah langkah yang tepat.

Namun, jika Anda termasuk wanita yang gemar mengkoleksi produksi kosmetik, pastikan bahwa kosmetik tersebut tidak berganti warna sebelum Anda menggunakannya, atau tidak berubah dengan drastis. Misal, terjadi perubahan dari bentuk krim menjadi cair, atau warna muda berubah menjadi hitam pekat. Tetapi jika perubahannya tidak terlalu drastis, misal dari warna krem menjadi cokelat muda atau dari putih menjadi sedikit menguning, kosmetik ini masih aman untuk digunakan. Selain itu, aroma dari kosmetika kadaluwarsa biasanya memiliki bau yang menyengat dan berjamur.

Lipstik dikatakan kadaluwarsa apabila warnanya berubah dan muncul titik-titik air. Sedangkan alas bedak dan maskara tidak layak lagi digunakan apabila teksturnya berubah menjadi padat atau menggumpal. Khusus untuk maskara, jangan gunakan apabila Anda sudah memakainya selama 6 bulan. Pasalnya, tekstur maskara yang pekat mudah untuk mengikat bakteri maupun debu dari udara.

Perubahan pada kosmetik terjadi karena teroksidasi oleh udara, akibat kemasan atau tempat kosmetik yang tidak ditutup dengan baik. Selain itu, jangan biarkan kosmetik Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung atau berada di dalam ruangan yang bersuhu panas.

Apabila seseorang mengenakan perona mata yang sudah kadaluwarsa, maka matanya akan teriritasi, begitu pula pipinya akan terasa panas dan gatal apabila ia mengenakan perona pipi yang kadaluwarsa. Untuk memastikan bahwa kosmetik Anda tidak kaluwarsa, sapukan sedikit di belakang tangan dan biarkan selama beberapa jam. Jika Anda merasakan efek samping seperti muncul warna kemerahan, timbul bintik-bintik atau gatal-gatal, bahkan iritasi, ini berarti kosmetik tersebut sudah tidak aman untuk digunakan.

Berikut beberapa tips bagaimana menyimpan kosmetika dengan meminimalisir resiko kadaluwarsa:

1. Gunakan sistem pengarsipan pada kosmetik Anda. Misal, kelompokkan jenis lipstik yang biasa Anda gunakan sehari-hari, digunakan untuk waktu tertentu, dibeli hanya sebagai barang koleksi.

2. Cantumkan label masa kadaluwarsa pada tiap-tiap arsip untuk mencegah Anda menggunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa. Untuk kosmetik dengan kemasan terbuka, maka masa kadaluwarsanya enam bulan sejak digunakan. Sedangkan untuk kosmetik dengan kemasan tertutup, masa kadaluwarsanya hingga satu tahun.

3. Perhatikan bagaimana cara menyimpan produk kosmetik sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label. Sebab, penyimpanan yang salah akan mempercepat masa pakai kosmetik, dan mengakibatkan reaksi yang berbahaya






glministry.com
 
untung aq ga pernah pakek lipstik
Lah besok kalau nikah paling juga dipakein.....:D. Ga cuma lipstik malah, tapi juga bedak, pemerah pipi. dan kawan kawannya.....:p Besok kalau didandani kalau rasanya gatal, hati2 tuh, selain mungkin ga cocok, bisa aja sudah kadaluarsa. Biar amannya besok beli bedak ma lipstik sendiri aja:D:D

Iyah, buat cewek2 hati hati tuh sama kosmetik, kan sayang kalau niatnya mempercantik, eh karena kurang hati2 malah merusak kecantikan itu sendiri. Buat cowok juga hati2 kalau membelikan ceweknya... diliat kadaluarsanya juga...
 
bener tuh miss bla. biasanya aku suka tulis pake permanent ink di kemasannya, tanggal aku beli dan tanggal aku pake. berguna juga untuk mempelajari seberapa lama kita menggunakannya. bukan cuma kosmetik, alat2 tulis juga aku catetin.
 
wah miss parker teliti n telaten juga.......

aku klik ah.....

kalau aku kapok kalau beli kosmetik di toko biasa, pernah dulu sekali karena kepepet banget, aku nyari di toko biasa, nitip saudara gitu, wah langsung muka jadi bermasalah, padahal biasanya pakai produk yang biasa aku beli itu, baik2 saja. Mungkin di toko tuh kebersihannya ga terjaga dengan baik.... dan mungkin yang kadaluarsa juga banyak kali..... huhhh....
 
Back
Top