Pemeriksaan Wajib bagi Tiap Wanita (2)

gwhitevava

New member
Pemeriksaan Wajib bagi Tiap Wanita (2)

Bagaimana mau cantik kalau badan penuh dengan penyakit? Nah, supaya kecantikan Anda juga memancar dari dalam, ada berbagai macam pemeriksaan yang harus kita lakukan secara rutin. Apa sajakah itu?

* Tes Pelvis
Meski karena kondisi tertentu pap smear tidak diperlukan lagi, ada baiknya untuk melakukan tes pelvis secara rutin. Pada pemeriksaan ini, dokter akan memeriksa bagian dalam alat kelamin untuk memastikan apakah semuanya dalam keadaan normal dan juga mencek perubahan warna, pembengkakan, atau luka.

Untuk melihat dinding di dalam ###### dan leher rahim, dokter akan memasukan sebuah alat yang disebut spekulum ke dalam ###### dan menahan ###### agar terpisah dari dindingnya sehingga terlihat apakah ada luka, benjolan, radang, atau tanda-tanda lainnya yang tidak normal.

Setelah menarik kembali spekulum, dokter akan memasukkan dua jari-jarinya ke dalam ###### dan pada saat yang bersamaan akan menekan perut Anda untuk melakukan pemeriksaan klinis pada rahim dan indung telur.

Pemeriksaan ini untuk mendeteksi segala kemungkinan gejala ketidaknormalan, seperti adanya kista, tumor, infeksi, dan masalah lainnya seperti melemahnya otot yang dapat menyebabkan rahim atau kandung kemih turun. Jika kedapatan sesuatu yang tidak normal, dokter dapat melakukan tindakan lanjutan sedini mungkin.

Sangat bijaksana memulai tes pelvis bersamaan pada waktu tes untuk pertama kali melakukan pap smear. Dokter akan menganjurkan lebih sering melalukan tes ini jika Anda bercenderungan mempunyai risiko tinggi terhadap kanker rahim, seperti kanker leher rahim atau kandung indung telur.

* Ukur Kepadatan Tulang
Rontgen untuk mengukur kepadatan tulang ini dilakukan di tulang belakang yang terasa nyeri, daerah pinggul, pergelangan tangan, tumit, dan lainnya. Gunanya untuk mendeteksi osteoporosis, penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan tulang sehingga mengakibatkan tulang menjadi ringkih seperti akan patah.

Osteoporosis berisiko antara patah tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Faktor yang menambah cepatnya penyakit ini adalah berat badan, faktor keturunan, menopause, atau berhenti melakukan pengobatan hormon estrogen.

* Mata
Selain untuk mengetahui apakah Anda sudah memerluka kacamata/lensa kontak, juga untuk menelisik adanya masalah penglihatan lainnya. Masalah penglihatan yang umum karena bertambahnya usia seperti glukoma dan katarak. Lakukan pemeriksaan mata sekurang-kurangnya sekali antara umur 20 - 39 tahun, setiap 2 hingga 4 tahun sekali ketika sudah berusia 40 tahun ke atas. Namun jangan pernah malas memeriksakan mata ke ahlinya begitu Anda merasakan ada masalah.

* Gula Darah
Tes ini untuk mengukur tingkatan gula di dalam darah sesudah 8 jam berpuasa. Gula darah yang tinggi dapat merupakan pertanda Anda terkena diabetes mellitus. Umumnya tes ini tidak diperlukan jika tak menunjukkan gejala. Tapi bagaimanapun juga, jika berusia 45 tahun atau lebih, dianjurkan untuk setiap 3 tahun sekali melakukan tes gula darah.

Jika berkecenderungan mempunyai penyakit diabetes (apalagi sejarah keluarga menunjukkan ada anggota keluarga yang mengidapnya), dokter akan menganjurkan untuk lebih sering memeriksakannya, dan dianjurkan sudah dilakukan pada usia yang lebih muda. Jika sering mempunyai gejala seperti semutan, sering buang air kecil, berat badan turun, cepat lelah, luka sukar sembuh, coba lakukan tes ini.

* Tes Kulit
Dokter akan memeriksa kulit Anda mulai dari kepala sampai ujung kaki, melihat tahi lalat (warnanya atau tumbuh lebih besar atau tidak), perubahan warna kulit, dan sebagainya. Masalahnya, hal yang mencurigakan pada kulit dapat mengindikasikan kanker kulit. Walaupun tidak pernah direkomendasikan dengan jelas kapan tes kulit harus dilakukan, tapi sebaiknya mulai umur 20 tahun tes kulit harus merupakan bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin.
 
Last edited by a moderator:
tes laborat hanya membantu menegakkan diagnosa.

gaya hidup sehat, kunci kesehatan yang lebih baik.
 
sumbernya dunk......

yup, menjaga gaya hidup sehat itu sebagai tindakan preventif.
Tapi kalau semisal ada kekhawatiran karena mungkin selama ini gaya hidup jauh dari sehat, dan untuk lebih memastikan kondisi tubuh kita, tidak ada salahnya juga sih melakukan tes.
 
Bls: Pemeriksaan Wajib bagi Tiap Wanita (2)

mesti ditinjau dari beberapa sudut, mungkin ada kebutuhan lain yg lebih penting..
 
Bls: Pemeriksaan Wajib bagi Tiap Wanita (2)

Weh, biaya itu mahal. Kalau mau tahu rahasia sehat: tetap tenang dan jaga agar kaki tetap hangat. Gw jamin itu bisa buat dokter terkaya di dunia jadi jatuh miskin:)
 
Bls: Pemeriksaan Wajib bagi Tiap Wanita (2)

tetep tenang tuh maksudnya yang gimana? yang ga stress apa ga boleh gerak ato gimana?? hahaha..
 
Bls: Pemeriksaan Wajib bagi Tiap Wanita (2)

Gag stress kayaknya. Kalo tulisan lengkapnya bisa dtanya mbah gugel dengan sajen "buku termahal dunia". Soalnya itu info saia dapet dri buku, dan buku itu bersumber pada blog neng bla bla :)
 
Back
Top