Asian Games

Mardyah

New member
ASIAN GAMES​


Pesta olahraga se-Asia yang berlangsung setiap 4 tahun; pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951 di New Delhi, India. Asian Games XI berlangsung di Beijing, Cina, 22 September hingga 7 Oktober 1990. Pesta olahraga ini diikuti 36 negara dengan mempertandingkan 27 cabang olalraga dan memperebutkan 308 medali emas.

Asian Games kali ini ditandai dengan ditolaknya Irak ikut sebagai peserta. Dalam keputusannya. Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia - OCA) mengatakan bahwa penolakan itu dilakukan sebagai sanksi atas invasi Irak ke Kuwait 2 bulan sebelum Asian games dilaksanakan. Selain itu, Yordania juga tidak ikut serta karena masalah ekonomi negara tersebut. Sampai dengan pelaksanaan Asian Games, Yordania masih disibukkan oleh masalah pengungsi dani

Irak dan Kuwait.

Dalam cabang olahraga yang dipertandingkan,asian Games XI ini menambahkan empat olahraga baru, yakni wushu, sepak takraw,softball, dankabaddi. Sedangkan boling dan taekwondo, yang termasuk dalam Asian Games X di Seoul, Korea Selatan, tidak dipertandingkan lagi.

Prestasi kontingen Indonesia dalam Asian Games kali ini lebih baik dan Asian Games 4 tahun sebelumnya. Secara keseluruhan Indonesia berada di sisi ke-7 dengan meraih 3 medali emas. 6 perak, dan21 perunggu (dalam Asian Games X, Indonesia berada di urutan ke-9 dengan meraih 1 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu). Medali pertama untuk Indonesia dipersembahkan oleh Imbarwati dan cabang angkat besi.

Atlet asal Lampung yang diturunkan dalam kelas 48 kg ini berhasil merebut medali perunggu dengan total angkatan 135 kg (snatch 62,5 kg dan clean and jerk 72,5 kg).
 
Back
Top